Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

45 Soal (Essay) Benua dan Samudera Beserta Jawaban

Kumpulan Soal (Uraian) Materi Benua dan Samudera


1. Sebutkan 5 benua apa saja?

Jawaban:
Beberapa benua yang ada di bumi yaitu, Benua Asia, Afrika, Amerika Utara, Amerika Selatan, Antartika, Eropa, dan Australia.


2. Apa yg dimaksud dengan samudra?

Jawaban:
Samudra adalah lautan yang terbentuk dari massa air asin yang membentang luas. Setidaknya, ada 5 samudra yang ada di dunia. Samudra terbesar mencapai sepertiga permukaan bumi


3. Siapa nama penemu benua Asia?

Jawaban:
Penemu Benua Asia belum dapat dipastikan. Namun beberapa orang percaya bahwa seorang berkebangsaan Italia bernama Kristofer Olimpic yang menemukan Benua Asia.


4. Samudera Indonesia ada berapa?

Jawaban:
Ada dua samudra yang mengelilingi wilayah Indonesia yakni samudra Hindia dan Samudra Pasifik.


5. Apa nama benua terkecil di dunia?

Jawaban:
Benua Australia merupakan benua terkecil di dunia yang terletak di sisi selatan Negara Indonesia. Luas Benua Australia adalah 8.945.000 kilometer persegi.


6. Apa karakteristik samudra?

Jawaban:
Samudera-samudera mempunyai karakteristik tersendiri. Berbagai fenomena di samudera seperti luas, kedalaman, arus, gelombang, suhu permukaan , palung, salinitas , fungsi dan peran terhadap iklimserta kehidupan manusia 


7. Apa sebutan untuk benua Asia?

Jawaban:
Benua Kuning adalah sebutan untuk Benua Asia. Sebutan ini ada disebabkan terdapat masyarakat mayoritas yaitu ras mongoloid yang mempunyai kulit kuning. Sebutan itu dahulu digunakan masyarakat Eropa untuk menunjuk Benua Asia.


8. Samudera Apa yg terbesar?

Jawaban:
Samudra Pasifik menjadi samudra terluas di dunia. Samudra yang meliputi sepertiga dari permukaan bumi ini memiliki luas 166,27 juta km 2. Samudra ini juga membentang di antara Asia, Australia, belahan bumi bagian barat, dan Samudra Selatan


9. Berapa luas benua?

Jawaban:
Benua dengan luas sekitar 44,58 juta km² atau sekitar 29,5 persen dari total luas daratan bumi.


10. Samudera Apa yang paling terbesar?

Jawaban:
Samudra Pasifik adalah lautan terbesar di dunia yang membentuk 28% dari luas permukaan bumi


11. Apa perbedaan antara benua dan pulau?

Jawaban:
Pulau sering digambarkan sebagai daratan kecil yang dikelilingi oleh air pada semua sisi-sisinya. Di sisi lain, benua digambarkan sebagai daratan besar yang sambung-menyambung dan dipisahkan oleh badan air.


12. Samudra apa saja di dunia?

Jawaban:
Nama 5 Samudra di Dunia:
1. Samudra Pasifik
2. Samudra Atlantik
3. Samudra Hindia
4. Samudra Selatan
5. Samudra Arktik.


13. Gunung tertinggi di benua apa?

Jawaban:
Gunung Everest merupakan puncak tertinggi di Asia dan dunia. Mount Everest memiliki ketinggian 8.850 meter di atas permukaan laut.


14. Apa nama samudra terkecil di dunia?

Jawaban:
Samudra Arktik, berlokasi di belahan utara bumi dan kebanyakan berada di wilayah Arktik Kutub Utara, adalah samudra terkecil dan terdangkal di antara lima samudra di dunia.


15. Manakah benua terbesar kedua?

Jawaban:
Afrika adalah benua terluas di permukaan bumi kedua di dunia dan kedua terbanyak penduduknya setelah Asia. Dengan luas wilayah 30.224.050 km² termasuk pulau-pulau yang berdekatan, Afrika meliputi 20,3% dari seluruh total daratan bumi.