Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

25 Soal (Essay) Biosfer Beserta Jawaban

Kumpulan Soal (Uraian) Materi Biosfer


1. Apa yg dimaksud dengan biosfer?

Jawaban:
Dalam pengertian luas menurut geofisiologi, biosfer adalah sistem ekologis global yang menyatukan seluruh makhluk hidup dan hubungan antarmereka, termasuk interaksinya dengan unsur litosfer (batuan), hidrosfer (air), dan atmosfer (udara) Bumi.


2. Apa saja contoh biosfer?

Jawaban:
Contoh habitat pada biosfer adalah hutan hujan tropis, tundra, taiga, padang pasir, padang rumput, sabana, dan lain-lain


3. Apa fungsi dari biosfer?

Jawaban:
Selain sebagai sumber makanan, penelitian dan pendidikan. Biosfer juga bermanfaat sebagai sarana rekreasi. Contohnya adalah suaka margasatwa yang melindungi dan melestarikan berbagai jenis binatang tertentu yang dikhawatirkan akan mengalami kepunahan, seperti badak bercula satu dan komodo


4. Dimana letak biosfer?

Jawaban:
Wilayah biosfer merupakan lapisan tipis yang menyelebungi bumi. Lapisan tipis tersebut membentang sekitar 10.000 meter di bawah permukaan laut hingga 15.000 meter di atas permukaan laut. Artinya, semua bagian bumi yang terdapat makhluk hidup merupakan wilayah dari biosfer.


5. Apa saja gejala biosfer?

Jawaban:
Fenomena biosfer adalah peristiwa atau terjadinya sesuatu hal di muka bumi yang berkaitan dengan makhluk hidup (yang meliputi tumbuh- tumbuhan, binatang, dan mikroorganisme). Contoh fenomena biosfer : Kerusakan Flora dan Fauna, berkurangnya luas lahan


6. Fenomena apa yang terjadi di biosfer?

Jawaban:
Contoh fenomena geosfer pada biosfer adalah beragamnya flora dan fauna yang tersebar di seluruh belahan bumi. Secara alami, adanya persebaran flora dan fauna disebabkan oleh penyesuaian dengan kebutuhan dan habitat yang mendukung.


7. Siapa Penemu biosfer?

Jawaban:
Eduard Suess adalah seorang ahli geologi dari Austria dan merupakan seorang ahli geografi yang meneliti Pegunungan Alpen. Ia adalah seorang ahli yang pertama kali mengemukakan mengenai definisi biosfer yang berpendapat bahwa Biosfer berasal dari kata “bio” yang berarti kehidupan dan “sphere” yang berarti lapisan.


8. Faktor faktor apa saja yang mempengaruhi biosfer?

Jawaban:
Faktor-faktor yang Mempengaruhi Biosfer
1. Iklim
2. Kondisi Geologi
3. Ketinggian Tempat
4. Faktor Biotik


9. Apakah manusia termasuk biosfer?

Jawaban:
Pertama, biosfer adalah bagian atmosfer yang paling bawah di dekat permukaan bumi, tempat tinggal makhluk hidup. Arti kedua, biosfer adalah lingkungan yang berupa segala sesuatu yang hidup (manusia, hewan, tumbuhan).