Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

50 Soal (Essay) Cuaca dan Iklim Beserta Jawaban

Kumpulan Soal (Uraian) Materi Cuaca dan Iklim

1. Apa yang dimaksud dengan cuaca?

Jawaban:
Cuaca adalah keadaan atmosfer di suatu tempat pada waktu tertentu yang berkaitan dengan suhu udara, sinar matahari, angin, hujan dan kondisi udara lainnya.


2. Apa yg dimaksud dengan iklim?

Jawaban:
Iklim didefinisikan sebagai ukuran rata-rata dan variabilitas kuantitas yang relevan dari variabel tertentu (seperti temperatur, curah hujan atau angin), pada periode waktu tertentu, yang merentang dari bulanan hingga tahunan atau jutaan tahun.


3. Apa saja jenis jenis cuaca?

Jawaban:
Jenis-jenis Cuaca:
1. Cuaca Cerah
2. Cuaca Panas
3. Cuaca Berawan
4. Cuaca Sejuk
5. Cuaca Hujan
6. Cuaca Berangin


4. Apa saja contoh perubahan iklim?

Jawaban:
1. Curah hujan tinggi.
2. Musim kemarau yang berkepanjangan.
3. Peningkatan volume air akibat mencairnya es di kutub.
4. Terjadinya bencana alam angina putting beliung.
5. Berkurangnya sumber air


5. Apa sifat dari cuaca?

Jawaban:
Cuaca mempunyai sifat yang cepat berubah dan tidak stabil,


6. Apa saja contoh iklim?

Jawaban:
Berdasarkan garis lintangnya, iklim di permukaan Bumi dapat dibedakan menjadi iklim kutub, iklim sedang, iklim subtropis, iklim tropis, dan iklim khatulistiwa. Iklim juga dapat dibedakan berdasarkan kondisi kawasan, yaitu iklim benua, iklim bahari, iklim tundra, dan iklim gunung.


7. Dimana terjadinya cuaca?

Jawaban:
Lapisan troposfer merupakan lapisan yang berkaitan langsung dengan permukaan bumi serta dipakai sebagai tempat tinggal untuk berbagai jenis makhluk hidup. Tempat berlangsungnya peristiwa cuaca serta iklim, seperti hujan, angin, petir, dan juga awan.


8. Iklim dapat menyebabkan apa?

Jawaban:
Pemanasan suhu bumi, kenaikan batasan air laut, terjadinya banjir dan juga badai karena perubahan iklim akan membawa perubahan besar pada habitat sebagai rumah alami bagi berbagai spesies binatang, tanaman, dan berbagai organisme lain.


9. Apa yang membuat cuaca?

Jawaban:
Unsur-unsur pembentuk cuaca yaitu suhu udara, tekanan udara, kelembapan udara, laju uap air, awan, hujan dan angin.


10. Apa Penyebab Krisis iklim?

Jawaban:
Perubahan iklim terjadi karena meningkatnya konsentrasi gas karbon dioksida dan gas-gas lainnya di atmosfer yang menyebabkan efek gas rumah kaca.


11. Apa ciri ciri cuaca cerah?

Jawaban:
Cuaca cerah adalah keadaan ketika matahari memancarkan sinarnya. Ciri cirinya langit terang, matahari bersinar terang tetapi tidak terlalu panas, awan yang terlihat di langit hanya sedikit, dan udara terasa hangat.


12. Dimana iklim tropis?

Jawaban:
Iklim tropis adalah suatu daerah yang terletak di antara garis isoterm pada bumi bagian utara dan bagian selatan. Iklim tropis ini terdapat pada posisi 23,5 derajat lintang utara dan 23,5 derajat lintang selatan. Iklim tropis ini juga terletak pada garis khatulistiwa.


13. Apa perbedaan antara iklim dan cuaca?

Jawaban:
Cuaca adalah keadaan suhu udara, tekanan udara, curah hujan, angin, sinar matahari pada waktu dan tempat tertentu. Iklim adalah keadaan rata-rata cuaca pada suatu wilayah dalam jangka waktu yang relatif lama


14. Apa manfaat informasi cuaca?

Jawaban:
Manfaat prakiraan cuaca adalah untuk mengetahui atau menunjukan keadaan cuaca pada suatu waktu atau hari yang digambarkan dengan keadaan awan, curah hujan, suhu, kelembaban, kondisi angin, penyinaran matahari secara akurat dan tepat.


15. Iklim sedang di mana?

Jawaban:
Iklim sedang atau iklim siklon berada di bumi belahan utara atau utara garis khatulistiwa. Negara iklim sedang terletak pada garis lintang antara 40 derajat sampai 66,5 derajat LU dan LS. Di kawasan ini, kutub yang dingin bertemu dengan udara yang hangat.


16. Apa ciri ciri cuaca hujan?

Jawaban:
Tanda keadaan hujan akan turun biasanya dapat dilihat dengan munculnya awan mendung yang berwarna gelap. Selain itu, ciri-ciri hujan akan segera turun juga bisa dirasakan melalui suhu udara. Umumnya, suhu akan lebih dingin atau lembap beberapa waktu menjelang hujan.


17. Apa tanda terjadinya perubahan iklim?

Jawaban:
Berikut adalah tanda lainnya yang menunjukkan perubahan iklim: Kekeringan terjadi lebih lama dan lebih ekstrem. Suhu air laut lebih hangat. Glasier es mencair lebih cepat.


18. Apa ciri cuaca mendung?

Jawaban:
cuaca mendung adalah keadaan ketika matahari tidak bisa memancarkan sinarnya karena tertutup oleh awan gelap yang membawa hujan.cuaca mendung merupakan pertanda akan Turun human. ciri ciri cuaca mendung , Antara main langit berubah menjadi gelap ,terdapat awan Hiram ,Dan udara mulai terasa dingin.