Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

19 Soal (Essay) Cytomegalo Virus (Cmv) Beserta Jawaban

Kumpulan Soal (Uraian) Materi Cytomegalo Virus (CMV)

1. Apa penyebab Cytomegalovirus?

Jawaban:
Penularan virus CMV dapat terjadi melalui kontak langsung dengan cairan tubuh, hubungan s3ks, transplantasi organ, atau donor darah. Virus CMV juga bisa menular dari ibu ke bayi saat persalinan atau menyusui.


2. Apa yang dimaksud dengan cytomegalovirus?

Jawaban:
Cytomegalovirus atau CMV adalah kelompok virus herpes yang dapat menginfeksi dan bertahan di tubuh manusia untuk waktu yang lama. Virus ini dapat menular melalui cairan tubuh, seperti air ludah, darah, urine, air m4ni, dan air susu ibu.


3. Apakah virus CMV berbahaya?

Jawaban:
Cytomegalovirus memang umum menginfeksi setiap orang, tapi dampaknya bisa berbahaya bagi orang dengan sistem kekebalan yang lemah, termasuk ibu hamil dan bayinya.


4. Apakah virus CMV bisa di sembuhkan?

Jawaban:
Penyakit CMV dapat disembuhkan, maka dari itu jika telah melakukan pemeriksaan serologi CMV, maka sebaiknya segera berkonsultasi ke dokter agar dapat diberikan terapi yang tepat.


5. Bagaimana jika IgG CMV positif?

Jawaban:
Pada hasil Ig G positif hal ini dapat menandakan penderita pernah terinfeksi virus ini atau saat ini sedang terinfeksi dan fase penyembuhan.


6. Apakah ada vaksin CMV?

Jawaban:
Selain itu untuk tenaga kesehatan atau caregiver penderita CMV upayakan untuk menggunakan alat perlindungan diri. Sedangkan pencegahan melalui vaksin untuk CMV belum ada dan sedang dikembangkan.


7. Pemeriksaan CMV IgG untuk apa?

Jawaban:
Manfaat Pemeriksaan:
Uji saring infeksi CMV, mendeteksi adanya infeksi CMV masa lampau (IgG stabil), mendiagnosis infeksi aktif atau reinfeksi (IgG meningkat), dan mengidentifikasi carrier CMV sebelum menjadi donor darah maupun organ.