Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

30 Soal (Essay) Geomorfologi Beserta Jawaban

Kumpulan Soal (Uraian) Materi Geomorfologi


1. Apakah yang dimaksudkan dengan geomorfologi?

Jawaban:
Obyek kajian geomorfologi adalah bentuklahan yang tersusun pada permukaan bumi di daratan maupun penyusun muka bumi di dasar laut, yang dipelajari dengan menekankan pada proses pembentukan dan perkembangan pada masa yang akan datang, serta konteksnya dengan lingkungan 


2. Geomorfologi mencakup apa saja?

Jawaban:
Pada dasarnya ruang lingkup kajian dari geomorfologi adalah bentuk permukaan Bumi. Dalam pembahasan ilmiah, bentuk permukaan Bumi ini meliputi penemuan dan pengenalan bentuk lahan dan faktor-faktor pembentuknya. Geomorfologi juga membahas tentang sejarah dan asal-usul bentuk lahan.


3. Apakah yang dikaji oleh ilmu geomorfologi?

Jawaban:
Geomorfologi mengkaji bentuklahan (landform) penyusun permukaan bumi, baik di atas maupun di bawah paras laut, proses dan perubahan jangka pendek yang terjadi pada bentuklahan, perkembangan bentuklahan dalam jangka panjang, dan konteksnya dengan lingkungan dalam ruang dan waktu.


4. Apa manfaat dari geomorfologi?

Jawaban:
Bertujuan untuk penelitian bagi suatu pembangunan bahwa setiap proses geomorfologi akan meninggalkan jejak yang karakteristiknya terletak pada bentuk lahan, sehingga memungkinkan untuk menelusuri proses apa yang telah menyebabkannya.


5. Dimana letak geomorfologis?

Jawaban:
Letak geomorfologis adalah letak suatu wilayah yang dilihat berdasarkan morfologinya (bentuk muka bumi), yang dipengaruhi oleh letak geologis wilayah itu sendiri. Letak geomorfologis Indonesia berdasarkan bentuk permukaan bumi membagi Indonesia seperti dataran rendah, dataran tinggi, pegunungan, dan lain-lain.


6. Bagaimana proses terbentuknya geomorfologi?

Jawaban:
Proses geomorfologi dibedakan menjadi dua yaitu proses eksogen (tenaga asal luar bumi) yang umumnya sebagai perusak dan proses endogen (tenaga yang berasal dari dalam bumi) sebagai pembentuk, keduanya bekerja bersama-sama dalam merubah permukaan bumi.


7. Bagaimanakah letak geomorfologi Indonesia?

Jawaban:
Geomorfologis Indonesia meliputi wilayah dataran rendah, dataran tinggi, pantai dan pesisir serta wilayah pegunungan serta perbukitan.


8. Apa pengaruh letak geomorfologis bagi Indonesia?

Jawaban:
Pengaruh letak geomorfologis Indonesia adalah : 
1. adanya suhu yang berbeda-beda mempunyai pengaruh terhadap jenis tanaman. 
2. adanya pengaruh terhadap kondisi sosial, ekonomi dan budaya masyarakat 
3. Berpengaruh pada kondisi intensitas angin dan sinar matahari yang diterima oleh wilayah


9. Apa beda geomorfologi dan geologi?

Jawaban:
Geologi mempunyai objek studi yang lebih luas dari geomorfologi, karena mencangkup studi tentang seluruh kerak bumi, sedangkan geomorfologi hanya terbatas pada studi permukaan dari pada kerak bumi.


10. Apa akibat dari geomorfologi?

Jawaban:
Dampak letak Geomorfologis Indonesia yaitu:
- Adanya perbedaan suhu. 
- Menghasilkan mineral-mineral dan barang tambang. 
- Menentukan kepadatan penduduk. 
- Menentukan peruntukkan lahan sebagai lokasi fasilitas publik.