Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

25 Soal (Essay) Gunung Berapi Beserta Jawaban

Kumpulan Soal (Uraian) Materi Gunung Berapi


1. Apa gunung berapi aktif terbesar di dunia?

Jawaban:
Mauna Loa, yang berarti "gunung panjang" dalam bahasa Hawaii, adalah gunung berapi aktif terbesar di dunia. Luasnya mencakup 5.271 kilometer persegi dan merupakan salah satu dari rangkaian lima gunung berapi yang membentuk Pulau Besar Hawaii.


2. Apa yang menyebabkan gunung berapi?

Jawaban:
Gunung meletus merupakan peristiwa yang terjadi akibat endapan magma di dalam perut bumi yang didorong keluar oleh gas yang bertekanan tinggi. Magma adalah cairan pijar yang terdapat di dalam lapisan bumi dengan suhu yang sangat tinggi, yakni diperkirakan lebih dari 1.000 °C.


3. Apa saja gunung di Indonesia yang berapi?

Jawaban:
6 Gunung berapi paling aktif di Indonesia:
1. Gunung Merapi
2. Gunung Kelud
3. Gunung Sinabung
4. Gunung Bromo
5. Gunung Soputan
6. Gunung Anak Krakatau


4. Berapa macam gunung berapi?

Jawaban:
Gunung api dibagi menjadi 3 jenis, yaitu:
1. Gunung barah Maar
2. Gunung barah Perisai
3. Gunung api Kerucut atau Strato


5. Mengapa gunung berapi tidak aktif lagi?

Jawaban:
Penyebab gunung berapi tidak lagi aktif ini disebabkan karena gunung berapi itu sudah tidak lagi mendapatkan pasokan magma dari perut Bumi.


6. Apakah Indonesia mempunyai banyak gunung berapi?

Jawaban:
Indonesia punya banyak gunung api yang tersebar di berbagai wilayah, rangkaiannya dari Sumatra hingga ujung Maluku.


7. Apa bahayanya gunung berapi?

Jawaban:
Lahar panas menyebabkan kebakaran hutan, sehingga ekosistem hutan terancam. Termasuk satwa yang tinggal pada dalamnya. Bahaya eksklusif saat gunung meletus mirip awan panas, guguran material letusan gunung, bebatuan, abu vulkanik, lava serta erosi tanah


8. Apa dampak negatif dari gunung meletus?

Jawaban:
Ketika gunung meletus, dampak yg mampu dirasakan hingga ke kota atau negara lain artinya pencemaran udara. Gas yang ikut disemburkan asal pada perut bumi mengandung zat berbahaya, seperti sulfur dioksida (SO2), hidrogen sulfida (H2S), nitrogen dioksida (NO2) dan material debu lain yg umumnya mengandung racun.


9. Gunung berapi terbuat dari apa?

Jawaban:
Gunung api terbentuk hasil daripada batu-batan cair yang terkumpul di bawah kerak bumi. Keadaan suhu yang sangat panas di bawah kerak bumi menyebabkan batu-batan menjadi cair. Batu-batuan cair ini dikenali sebagai magma.


10. Apa saja ciri ciri gunung berapi?

Jawaban:
Keberadaan gunung api ditandai dengan adanya aktivitas vulkanik, munculnya sumber air panas, bau belerang, dan keberadaan kerucut atau kubah di puncaknya.


11. Ada apa didalam gunung berapi?

Jawaban:
Di dalam gunung berapi yang aktif, terdapat ruang yang berisi batuan cair yang disebut magma. Tekanan menumpuk di dalam ruang magma, menyebabkan magma bergerak melalui saluran di batu dan keluar ke permukaan planet. Setelah mengalir ke permukaan magma dikenal sebagai lava.


12. Dari mana asal lava gunung berapi?

Jawaban:
Lava adalah lelehan batu (magma) pijar yang mengalir keluar dari dalam bumi melalui kawah gunung berapi atau melalui celah (patahan) yang kemudian membeku menjadi batuan beku yang bentuknya bermacam-macam.


13. Negara apa yang memiliki gunung berapi terbanyak?

Jawaban:
Indonesia adalah negara dengan gunung berapi aktif terbanyak di dunia, menurut laporan Smithsonian Institution Global Volcanism Program.


14. Apakah di Korea ada gunung aktif?

Jawaban:
Gunung Paektu yang terletak di Korea Utara adalah gunung berapi aktif dan tertinggi yang ada di perbatasan Korea Utara dan China.