Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

48 Soal (Essay) Hidrosfer Beserta Jawaban

Kumpulan Soal (Uraian) Materi Hidrosfer



1. Apa yang dimaksud dengan hidrosfer?

Jawaban:
Hidrosfer adalah jumlah total air yang ada di sebuah planet. Hidrosfer meliputi air yang terdapat di permukaan planet, di bawah tanah, dan di udara. Hidrosfer sebuah planet bisa berupa cairan, uap, atau es, Di Bumi, air cair berada di permukaan dalam bentuk lautan, danau, dan sungai


2. Sebutkan apa saja yg termasuk hidrosfer?

Jawaban:
Hidrosfer itu sendiri merupakan lapisan air yang ada di permukaan bumi. Contohnya seperti laut, sungai, air tanah, dan uap air yang ada di udara.


3. Bagaimana proses hidrosfer?

Jawaban:
Saat uap air mencapai ketinggian tertentu, temperatur uap air akan semakin mengalami penurunan dan mengalami kondensasi. Setelah mengalami proses kondensasi maka uap air akan menjadi titik-titik air yang berada di atas permukaan dan saat titik-titik air tersebut jatuh akan menjadi hujan.


4. Bagaimana Siklus hidrosfer?


Jawaban:
Siklus tersebut terjadi diakibatkan pengaruh sinar matahari. Matahari tersebut memancarkan suatu energi panas ke seluruh permukaan bumi sehingga terjadilah suatu penguapan air dari sungai, danau, rawa, laut, serta juga samudra.


5. Apa fungsi dari hidrosfer?

Jawaban:
Hidrosfer menyediakan tempat bagi banyak tumbuhan dan hewan untuk hidup. Banyak gas seperti oksigen (O2), karbon dioksida (CO2), nutrisi seperti amonium dan nitrit (NO2) serta ion lainnya larut dalam air. Kehadiran zat-zat ini sangat penting agar kehidupan ada di air.


6. Dimana letak hidrosfer?

Jawaban:
Hidrosfer merupakan lapisan air yang menyelimuti bumi Hidrosfer di permukaan bumi meliputi danau, sungai, laut, osean, salju atau gletser, air tanah dan uap air yang terdapat di lapisan udara.


7. Dimana tempat hidrosfer berada?

Jawaban:
Air bisa ditemukan di lautan, danau, sungai bahkan di bawah tanah sekalipun. Semua air yang terdapat di muka bumi dikenal sebagai hidrosfer.


8. Apa perbedaan antara atmosfer dan hidrosfer?

Jawaban:
Atmosfer merupakan lapisan udara yang menyelimuti bumi yang melingkupi sebuah planet , termasuk bumi, atmosfer pula mempelajari gejala di lapisan udara seperti angin,cuaca dan iklim sedangkan Hidrosfer merupakan g ejala air yang tersebar di permukaan bumi yang menutupi atau berada dalam bumi kita.


9. Apa itu fenomena dan gejala hidrosfer?


Jawaban:
Seluruh air di permukaan bumi adalah bagian dari hidrosfer seperti air sungai, laut, danau, rawa-rawa, mata air, dan jenis lainnya. Fenomena hidrosfer adalah kejadian alam yang terjadi di bumi yang berkaitan dengan air yang dapat ditemui pada kehidupan sehari-hari.


10. Apa dampak negatif dari hidrosfer?


Jawaban:
mengakibatkan terjadinya banjir sehingga bangunan rusak, banyak tumbuh-tumbuhan mati, menimbulkan wabah penyakit dan aktifitas terganggu.


11. Apa perbedaan hidrologi dan hidrosfer?


Jawaban:
Hidrosfer merupakan lapisan air yang ada di permukaan bumi,sedangkan hidrologi merupakan suatu proses peredaran atau daur ulang air secara berurutan dan terjadi terus-menerus.


12. Apa saja dampak dari hidrosfer bagi kehidupan?


Jawaban:
Hidrosfer menyediakan habitat bagi makhluk hidup seperti tumbuhan, hewan, manusia, bahkan mikroorganisme.


13. Mengapa hidrosfer menempati sebagian besar muka bumi?

Jawaban:
Karena 75% muka bumi tertutup oleh air. Air di bumi bersirkulasi dalam lingkaran hidrologi, dimana air jatuh sebagai hujan dan mengalir ke samudra-samudra sebagai sungai dan menguap kembali ke atmosfer.


14. Apakah banjir termasuk fenomena hidrosfer?

Jawaban:
Meluasnya banjir adalah contoh fenomena hidrosfer


15. Apa ilmu penunjang hidrosfer?

Jawaban:
Untuk mempelajari keberadaan air di kulit bumi dapat dilakukan melalui cabang ilmu hidrologi. Di antaranya, limnologi, hidrometeorologi, hidrologi fluvial, hidrologi air tanah, dan oseanografi untuk mempelajari air laut atau lautan.


16. Apakah hujan termasuk hidrosfer?

Jawaban:
Hidrosfer, lapisan bumi berupa air yang ada di permukaan bumi. Lapisan ini meliputi seperti laut, sungai dan danau. Pada lapisan hidrosfer terjadi Daur Air, di mana air berubah dari air permukaan, uap air, hujan dan air tanam dalam siklus yang berkaitan.


Selanjutnya: