Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

34 Soal (Essay) Kajian Dasar Geografi Beserta Jawaban

Kumpulan Soal (Uraian) Materi Kajian Dasar Geografi

1. Apa saja yang termasuk kajian geografi?

Jawaban:
Objek Kajian Geografi
1. Geografi Fisik
2. Geografi Manusia
3. Geografi Teknik.


2. Apa saja dasar dasar geografi?

Jawaban:
Konsep-konsep dasar geografi ada 10 jenis, yaitu konsep lokasi, jarak, morfologi, keterjangkauan, pola, aglomerasi, nilai kegunaan, interaksi dan interdependensi, diferensiasi area, serta keterkaitan ruangan.


3. Apa pengertian dasar geografi?

Jawaban:
Secara umum ilmu Geografi merupakan ilmu yang mempelajari tentang lokasi serta persamaan, dan perbedaan keruangan atas fenomena fisik, dan manusia di atas permukaan bumi


4. Apa itu prinsip dasar geografi?

Jawaban:
Prinsip Geografi adalah dasar untuk mengkaji, menjelaskan, menguraikan, dan menganalisis berbagai fenomena-fenomena geosfer seperti atmosfer, litosfer, biosfer, hidrosfer, dan antroposfer yang ada di dalam suatu wilayah


5. Apa yang dimaksud dengan lokasi dan berikan contohnya?

Jawaban:
Lokasi (location) adalah posisi pasti dalam ruang. Dalam Geografi lokasi mempunyai dua makna, yaitu lokasi absolut dan lokasi relatif. ... Contoh: Lokasi desa Ajauh dari kota dan jauh dari jalan raya dibanding lokasi desa B yang terletak dekat kota dan di pinggir jalan raya.


6. Apa fungsinya konsep lokasi?

Jawaban:
Konsep lokasi digunakan untuk mengkaji dimana posisi letak suatu objek geografi yang ada di permukaan bumi


7. Mengapa konsep lokasi menjadi penting dalam geografi?

Jawaban:
Lokasi merupakan elemen penting dalam studi geografi, sebab elemen ini yang digunakan geografi sebagai orientasi dalam mengkaji fenomena geosfer.


8. Apa perbedaan antara lokasi absolut dan lokasi relatif?

Jawaban:
Lokasi absolut: lokasi tetap suatu tempat berdasarkan koordinat garis lintang dan bujurnya. Lokasi relatif: lokasi suatu tempat terhadap tempat lain di bumi. 


9. Apa yang dimaksud dengan lokasi dan jarak?

Jawaban:
Konsep Jarak adalah berkaitan dengan lokasi dan dinyatakan dengan ukuran jarak lurus di udara yang mudah diukur pada peta.


10. Apa saja contoh konsep jarak?

Jawaban:
Konsep jarak dibagi menjadi dua, yaitu jarak mutlak dan jarak relatif.


11. Apa konsep keterjangkauan dan contohnya ?

Jawaban:
Konsep keterjangkauan ini merupakan interaksi antar tempat, sehingga dapat dicapai baik dengan sarana transportasi umum, tradisional, atau jalan kaki. Contoh Konsep Keterjangkauan: Keterjangkauan Jakarta-Semarang bisa menggunakan pesawat, sedangkan Jakarta-Bandung dengan kereta api.


12. Apa yang dimaksud dengan prinsip keterjangkauan?

Jawaban:
Prinsip keterjangkauan dalam penelitian geografi adalah prinsip yang berhubungan dengan kemampuan peneliti dalam melakukan penelitian geografi. Beberapa hal yang mempengaruhi prinsip ini diantaranya: sarana transportasi dan komunikasi, tingkat kemampuan peneliti, dan waktu yang tersedia untuk melakukan penelitian.