Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

41 Soal (Essay) Kenampakan Alam dan Buatan Beserta Jawaban

Kumpulan Soal (Uraian) Materi Kenampakan Alam dan Buatan

1. Apa saja yang dimaksud kenampakan alam?

Jawaban:
Kenampakan alam alami ini menjadi bentuk permukaan bumi yang terbentuk karena aktivitas bumi secara alamiah, seperti gunung, pantai, laut, dataran rendah, dataran tinggi, selat, teluk, sungai, danau, dan lain-lain.


2. Apa yang dimaksud dengan kenampakan buatan ?

Jawaban:
Kenampakan alam buatan adalah semua lingkungan yang dengan sengaja dibuat oleh manusia dengan tujuan untuk memudahkan dan membantu manusia dalam menjalankan aktivitas dan memenuhi kebutuhan hidupnya


3. Apa saja contoh kenampakan alam?

Jawaban:
Kenampakan alam alami adalah bentuk permukaan bumi yang terbentuk akibat aktivitas bumi secara alamiah. Contohnya gunung, pantai, laut, dataran rendah, dataran tinggi, selat, teluk, sungai, danau, dan lain-lain.


4. Apa saja yang termasuk kenampakan buatan?

Jawaban:
Ada banyak jenis kenampakan alam buatan, yaitu: Sawah Waduk atau bendungan Perkebunan Perumahan Pelabuhan Kawasan Industri Obyek wisata Bandar Udara Pelabuhan


5. Apa saja contoh kenampakan alam daratan?

Jawaban:
Wilayah permukaan bumi terdiri dari daratan dan perairan. Daratan merupakan suatu daerah di permukaan bumi yang wujudnya berupa hamparan tanah yang luas. Ketampakan alam wilayah daratan terdiri dari dua jenis, yaitu dataran tinggi dan dataran rendah.


6. Apakah Sawah termasuk kenampakan alam buatan?

Jawaban:
Sawah masuk dalam kelompok kenampakan alam buatan karena sawah dibuat dan diolah oleh manusia dan tidak terbentuk secara alami.


7. Apa ciri ciri kenampakan alam?

Jawaban:
Berikut adalah ciri-cirinya:
1. Memiliki ketinggian yang kurang dari 200 meter di atas permukaan laut.
2. Bersuhu normal atau enggak terlalu panas atau dingin.
3. Memiliki banyak aliran sungai.
4. Digunakan sebagai tempat tinggal penduduk. ...
5. Sering dijadikan sebagai lahan pertanian.


8. Apakah sungai adalah kenampakan buatan?

Jawaban:
Kenampakan alam tidak dibuat oleh manusia. Contohnya seperti laut, pantai, dataran rendah, muara, sungai, danau, rawa, padang rumput, bukit, dataran tinggi, lembah, hutan, gunung, dan pegunungan.


9. Hutan termasuk kenampakan alam apa?

Jawaban:
Kenampakan alam yang dimiliki Indonesia adalah gunung, pegunungan, sungai, danau, selat, teluk, tanjung, pulau, kepulauan, hutan, dasar laut, dan palung.


10. Apakah Selat kenampakan buatan?

Jawaban:
Selat adalah kenampakan alam yang berupa laut sempit. Selat dapat menghubungkan pulau satu dengan pulau lainnya.


11. Apakah bukit termasuk kenampakan alam?

Jawaban:
Salah satu kenampakan alam wilayah daratan adalah bukit. Bukit memiliki ciri-ciri berada di ketinggian di atas 300 meter. Nah, bukit termasuk bagian dari sebuah gunung yang lebih rendah


12. Apakah waduk itu buatan manusia?

Jawaban:
Waduk sering dianggap sebagai danau buatan manusia karena berbentuk cekungan besar yang berisi air.


13. Apa kenampakan alam bukit?

Jawaban:
Bukit adalah suatu bentuk wujud alam wilayah bentang alam yang memiliki permukaan tanah yang lebih tinggi dari permukaan tanah di sekelilingnya namun dengan ketinggian relatif rendah dibandingkan dengan gunung. Perbukitan adalah rangkaian bukit yang berjajar di suatu daerah yang cukup luas.


14. Apakah perkebunan termasuk buatan?

Jawaban:
Perkebunan termasuk kenampakan buatan. Perkebunan sengaja dibuat manusia. Perkebunan berupa tanah yang luas. Perkebunan ditanami jenis tanaman yang menguntungkan manusia.