Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

65 Soal (Essay) Lingkungan Hidup Beserta Jawaban

Kumpulan Soal (Uraian) Materi Lingkungan Hidup


1. Apa yang dimaksud dengan lingkungan hidup?

Jawaban:
Lingkungan hidup adalah kesatuan ruang dengan semua benda, daya, keadaan, dan makhluk hidup, termasuk manusia dan perilakunya, yang mempengaruhi kelangsungan perikehidupan dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lain.


2. Lingkungan hidup itu mencakup apa saja?

Jawaban:
Lingkungan hidup terbagi menjadi dua macam, yaitu lingkungan hidup alami dan lingkungan hidup buatan. 


3. Apa tujuan dari lingkungan hidup?

Jawaban:
Tujuan pengelolaan lingkungan hidup yang pertama yaitu mencapai kelestarian hubungan antar manusia dengan lingkungan hidup sebagai tujuan membangun manusia seutuhnya. Adapun tujuan selanjutnya ialah mewujudkan manusia sebagai pembina lingkungan hidup


4. Apa faktor yang merusak lingkungan hidup?

Jawaban:
Penyebab kerusakan lingkungan hidup secara umum bisa dikategorikan dalam dua faktor yaitu akibat peristiwa alam dan akibat ulah manusia. Letusan gunung berapi, banjir, abrasi, tanah longsor, angin puting beliung, gempa bumi, dan tsunami merupakan beberapa contoh bencana alam


5. Apa fungsi dari lingkungan bagi manusia?

Jawaban:
Sebagai Tempat Hidup, Lingkungan menjadi tempat bagi makhluk hidup, baik manusia, hewan, maupun tumbuhan untuk berpijak. Selain itu, lingkungan juga menjadi tempat untuk beraktivitas dan berinteraksi.


6. Kenapa lingkungan hidup itu perlu dilestarikan?

Jawaban:
Lingkungan hidup merupakan anugerah Tuhan Yang Maha Esa yang wajib dilestarikan dan dikembangkan kemampuannya agar tetap dapat menjadi sumber penunjang hidup bagi manusia dan makhluk hidup lainnya, demi kelangsungan dan peningkatan kualitas hidup itu sendiri.


7. Bagaimana pengelolaan lingkungan hidup?

Jawaban:
Pengelolaan lingkungan hidup adalah upaya terpadu untuk melestarikan fungsi lingkungan hidup yang meliputi : 
1. kebijaksanaan penataan 
2. pemanfaatan 
3. Pengembangan 
4. Pemeliharaan 
5. Pemulihan 
6. Pengawasan 
7. pengendalian lingkungan hidup.


8. Mengapa manusia memiliki pengaruh besar pada lingkungan hidup?

Jawaban:
Karena manusia adalah makhluk sosial. Sejatinya manusia pasti akan bergantung pada lingkungan hidupnya. Dan sifat serta perilaku manusia dipengaruhi oleh lingkungan tempat ia berada di samping warisan sifat.


9. Apa sajakah unsur unsur lingkungan hidup yang perlu dilestarikan?

Jawaban:
Lingkungan hidup terdiri dari tiga unsur yakni: Biotik (hayati) Abiotik (fisik) Sosial budaya.


10. Apa tujuan dari pendidikan lingkungan hidup?

Jawaban:
Pendidikan lingkungan hidup merupakan pembelajaran yang dilakukan untuk membantu peserta didik dalam memahami lingkungan hidup dan melestarikan lingkungan dengan bertujuan untuk meningkatkan perlindungan dan sikap tanggu jawab serta peduli terhadap lingkungan hidup.


11. Apa manfaat dari menjaga lingkungan hidup?

Jawaban:
Dengan melakukan pencegahan-pencegahan seperti memelihara kebersihan lingkungan sekitar dengan tidak membuang sampah sembarangan, BAB sembarangan, dan lain sebagianya, kita mampu untuk menghindari penyakit-penyakit tersebut. Lingkungan yang bersih akan membuat kita hidup aman, nyaman, dan tetram.