Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

33 Soal (Essay) Pembagian Daerah Waktu Beserta Jawaban

Kumpulan Soal (Uraian) Materi Pembagian Daerah Waktu

1. Bagaimana pembagian daerah waktu di Indonesia?

Jawaban:
Indonesia memiliki 3 zona waktu mulai dari Waktu Indonesia Barat (WIB), Waktu Indonesia Tengah (WITA), dan Waktu Indonesia Timur (WIT).


2. Mengapa di Indonesia dibagi menjadi 3 daerah waktu?

Jawaban:
Wilayah Indonesia dibagi menjadi tiga zona waktu karena memiliki panjang garis bujur 44°. Lalu, total panjang garis bujur tersebut (44°) dibagi dengan konversi satu jam ke dalam satuan derajat (15°).


3. Apa perbedaan WIB WITA dan WIT?

Jawaban:
WIB memiliki perbedaan waktu satu jam dengan WITA dan dua jam dengan WIT. Misalnya di Solo pukul 13.00 WIB, maka di Gorontalo pukul 14.00 WITA, dan di Maluku 15.00 WIT.


4. Zona waktu WIT apa saja?

Jawaban:
Wilayah mencangkup Maluku, Maluku Utara, Papua, Papua Barat, Papua Selatan, Papua Tengah, dan Papua Pegunungan.


5. Kenapa terjadi pembagian waktu?

Jawaban:
Perbedaan waktu tersebut terjadi karena adanya rotasi pada Bumi. Bumi memiliki garis bujur dan garis lintang. Garis lintang sebagai pedoman dalam pembagian iklim di seluruh dunia. Sedangkan garis bujur sebagai pedoman pembagian waktu.


6. Berapa jam perbedaan WIB dan WITA?

Jawaban:
WITA mempunyai selisih satu jam lebih akhir dibanding WIB. Contohnya, jika saat ini di Bali sedang pukul 09.00 WITA, maka di Surabaya sedang pukul 08.00 WIB.


7. WIB kota apa saja?

Jawaban:
Adapun provinsi yang masuk ke dalam WIB, di antaranya DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Banten, Yogyakarta, Aceh, Sumatera Barat, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Kepulauan Riau, Jambi, Riau, Bangka Belitung, Lampung, Bengkulu, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Tengah.


8. Berapa banyak zona waktu?

Jawaban:
Bumi atau dunia dibagi menjadi 24 zona waktu yang berbeda-beda, sesuai letak daerah tersebut. Waktu universal yang menjadi pautan adalah waktu GMT (Greenwich Mean Time), waktu yang ada di Greenwich, Inggris.


9. Siapa yang menemukan pembagian waktu dunia?

Jawaban:
Ketepatan penghitungan al-Battani (850-932 M) dalam bidang astronomi, membuatnya berhasil menemukan perhitungan waktu dalam satu tahun yang terdiri dari 365 hari, 5 jam, 46 menit dan 24 detik.


10. Apa dampak perbedaan waktu bagi masyarakat Indonesia?

Jawaban:
Dampak perbedaan waktu bagi masyarakat Indonesia yaitu adanya terbatasnya atau berbedanya waktu efektif antara satu daerah dengan daerah lain yang berbeda zona waktunya. Serta menyebabkan perbedaan pada panjang pendeknya hari pada ke empat musim di Indonesia.


11. Artinya GMT apa?

Jawaban:
GMT adalah singkatan dari Greenwich Mean Time, bujur geografis 0 derajat yang menjadi waktu matahari, terletak di garis meridian Greenwich, Inggris dan menjadi patokan pembagian waktu di Bumi.