42 Soal (Essay) Rubella Beserta Jawaban

Kumpulan Soal (Uraian) Materi Rubella

1. Virus rubella dapat menyebabkan apa?

Jawaban:
Rubella adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus. Ia dikenal juga sebagai campak Jerman, yang biasanya menyerang anak-anak dan remaja. Rubella sendiri merupakan penyakit yang berbeda dari campak, tetapi mereka memiliki kesamaan gejala, yakni munculnya ruam kemerahan pada kulit.


2. Rubella menyerang organ apa?

Jawaban:
Sindrom rubella kongenital yang menyerang bayi sejak dalam kandungan juga bisa menyebabkan bayi lahir dengan sejumlah cacat bawaan, seperti katarak, tuli, penyakit jantung bawaan, kerusakan otak, organ hati, dan paru-paru.


3. Apakah virus rubella mematikan?

Jawaban:
Rubella merupakan virus yang lebih ringan, tetapi dapat menyebabkan kompikasi yang serius dan fatal pada anak-anak, remaja dan wanita di awal kehamilannya. Infeksi virus rubella pada wanita yang sedang hamil dapat menyebabkan keguguran atau cacat bawaan pada janin.


4. Berapa lama virus rubella sembuh?

Jawaban:
Rubella adalah kondisi yang biasanya tidak membutuhkan pengobatan khusus. Biasanya, infeksi akan hilang dengan sendirinya dalam 5 hingga 10 hari apabila tidak terjadi komplikasi.


5. Apa itu rubella dan cirinya?

Jawaban:
Rubella adalah penyakit akibat infeksi virus, yang menimbulkan gejala ruam merah pada kulit. Meski sama-sama menyebabkan ruam kemerahan di kulit, rubella berbeda dengan campak. Selain disebabkan oleh virus yang berbeda, gejala rubella lebih ringan dibanding campak.


6. Suntik rubella usia berapa?

Jawaban:
Vaksin yang diberikan adalah vaksin campak rubella yang menyasar usia 9 sampai 59 bulan, dan imunisasi kejar pada anak usia 12 sampai 59 bulan yang tidak lengkap imunisasi OPV, IPV, dan DPT-HB-Hib.


7. Rubella ke dokter apa?

Jawaban:
Diagnosis dan pengobatan rubella dapat dilakukan oleh dokter spesialis penyakit dalam bagi pasien dewasa, serta dokter spesialis anak bagi pasien bayi dan anak. Tidak ada pengobatan spesifik yang dapat memperpendek perjalanan infeksi rubella, dan gejalanya biasanya tidak perlu diobati karena sering kali ringan


8. Apakah ruam rubella gatal?

Jawaban:
Gejala Campak Jerman atau Rubella:
Gejala yang sering dialami oleh penderita campak Jerman antara lain: Munculnya ruam di kulit yang berawal dari wajah, kemudian menyebar ke badan. Ruam tidak menimbulkan rasa nyeri atau gatal dan dapat bertahan selama 1-3 hari


9. Ruam rubella seperti apa?

Jawaban:
Gejala utama dari rubella adalah ruam yang warna merah muda khas. Dimulai dengan bintik-bintik, yang bisa gatal, sebelum menyebar dari belakang telinga ke kepala dan leher dan kemudian bagian lain dari tubuh bagian atas. Ruam biasanya berlangsung sampai seminggu.


10. Bagaimana cara menghindari penyakit rubella?

Jawaban:
Pencegahan Rubella. Rubella dapat dicegah dengan vaksin MMR atau MR. Selain mencegah rubella, vaksin MMR juga bisa mencegah gondongan dan campak. Diperkirakan, satu dosis vaksin MMR memiliki efektivitas yang tinggi untuk mencegah rubella, yakni sekitar 97%.


11. Vaksin Rubella itu untuk apa?

Jawaban:
Terdapat dua jenis vaksin yang digunakan untuk mencegah campak, yaitu vaksin MR dan vaksin MMR. Vaksin MR mencegah penyakit campak dan rubella, sedangkan vaksin MMR mencegah penyakit campak, rubella, dan gondongan.


12. Apa efek samping vaksin rubella?

Jawaban:
Efek samping vaksin rubella yang umum terjadi adalah reaksi lokal seperti nyeri pada lokasi injeksi, indurasi dan kemerahan. Namun, jarang sekali menimbulkan gejala sistemik seperti demam, malaise, sakit kepala, nyeri otot, rasa lelah, rasa kantuk dan kehilangan nafsu makan.


13. Apakah vaksin MR wajib atau tidak?

Jawaban:
Vaksin MR (measles dan rubella) wajib diberikan kepada anak mulai dari usia 9 bulan hingga kurang dari 15 tahun. Selain untuk mencegah measles (campak) dan rubella (campak Jerman), MR dibutuhkan karena komplikasi penyakit yang ditimbulkan campak sangat berbahaya


14. Rubella apakah halal?

Jawaban:
Fatwa tersebut menyatakan bahwa vaksin Measles Rubella (MR) produk dari Serum Institute of India untuk imunisasi telah memanfaatkan unsur babi dan turunannya, jadi bersifat haram