Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Soal (Essay) Toxoplasma Beserta Jawaban

Kumpulan Soal (Uraian) Materi Toxoplasma

1. Toxoplasma menyebabkan apa?

Jawaban:
Jika pengidap toksoplasmosis memiliki sistem kekebalan yang lemah (terutama karena HIV atau AIDS), kondisi ini dapat menjadi serius dan menyebabkan kejang atau ensefalitis. Orang yang mengidap AIDS atau ensefalitis yang tidak diobati dapat mengalami kematian akibat toksoplasmosis.


2. Apakah Toxoplasma berbahaya?

Jawaban:
Ini karena parasit tersebut bisa menembus plasenta dan menyerang janin di dalamnya. Jika tidak diobati, infeksi toxoplasma bisa membuat janin mengalami kelainan kongenital atau penyakit bawaan lahir, lahir prematur, atau bahkan meninggal di dalam kandungan.


3. Apa penyebab Toxoplasma pada ibu hamil?

Jawaban:
Penyebab Toksoplasma pada Ibu Hamil:
1. Mengonsumsi daging mentah atau setengah matang. 
2. Mengonsumsi sayuran dan buah yang tidak dicuci bersih. 
3. Mengonsumsi susu sapi atau kambing secara langsung atau produk olahan susu yang belum atau tanpa dipasteurisasi terlebih dahulu. 
4. Mengonsumsi air yang terkontaminasi Toxoplasma.


4. Toxoplasma terdapat dimana?

Jawaban:
Penyebab toxoplasma adalah parasit. Toxoplasma gondii merupakan parasit sel tunggal (protozoa) yang bisa menyebarkan infeksi pada hewan ( hewan liar ataupun hewan peliharaan yang kotor) dan juga manusia. Parasit ini bisa tumbuh dalam jaringan beberapa hewan, namun yang paling banyak terdapat dalam tubuh kucing.


5. Apakah setiap kucing memiliki parasit toxoplasma? 

Jawaban:
Tidak. Parasit ini masuk ke tubuh kucing melalui apa yang dimakannya


6. Apakah janin yang terinfeksi tokso bisa terlihat dari USG?

Jawaban:
Perlu diketahui bahwa kemampuan USG untuk mendeteksi kelainan akibat toksoplasmosis hanya sekitar 5%. Karena ada bayi dengan toksoplasmosis yang hingga dewasa tidak mengalami kelainan. Pemeriksan USG terutama difokuskan pada otak.


7. Apakah positif tokso bisa hamil?

Jawaban:
Anda dapat tetap hamil sekalipun pernah terinfeksi toksoplasma. Namun, jika Anda terinfeksi toksoplasma pada trimester pertama atau kedua kehamilan maka akan menyebabkan kelainan berat pada janin, seperti: Kelainan sistemik, perdarahan, kuning, pembesaran hati dan limpa.


8. Bagaimana cara mengobati tokso?

Jawaban:
Satu-satunya cara untuk sembuh dari toksoplasmosis adalah dengan memulihkan kekebalan tubuh dengan mengonsumsi obat antiretroviral. Obat ini dapat mencegah kemampuan penyakit HIV pada tubuh untuk menggandakan diri.


9. Apakah virus tokso bisa hilang sendiri?

Jawaban:
Toksoplasmosis perlu ditangani dengan beberapa jenis pengobatan, termasuk seperti yang dokter Anda berikan. Seringnya, dengan penanganan yang tepat, penyakit ini bisa sembuh dalam 1 hingga 3 bulan


10. Apakah Toxoplasma bisa menyebabkan mandul?

Jawaban:
Toksoplasmosis tidak menyebabkan infertilitas (kemandulan). Namun, toksoplasmosis merupakan infeksi peyakit yang dapat menyebabkan: Ibu hamil:demam, nyeri otot, kelahan, keguguran berupa ancaman (abortus iminens), tidak dapat dihindari (abortus insipiens) atau komplit (abortus komplit).