Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

48 Pertanyaan Tentang Patologi Beserta Jawaban

Kumpulan Soal (Esai) Materi Keperawatan Gerontik

17. Apa ciri-ciri ada kanker di tubuh kita?

Jawaban:
“Waspada berbagai gangguan kesehatan yang menjadi ciri-ciri penyakit kanker, seperti kelelahan, penurunan berat badan secara tiba-tiba, demam, sakit kepala, muncul benjolan, hingga perubahan pada kulit. Segera periksakan ke rumah sakit jika kamu mengalami beberapa gejala tersebut.


18. Apakah biopsi sudah pasti kanker?

Jawaban:
Sehingga biopsi yang dilakukan akan memberikan kesimpulan ada tidaknya sel kanker pada sample jaringan biopsi hampir sekitar 90% sensitivitasnya. Bila tidak ditemukan sel kanker, maka benjolan atau tumor yang di biopsi merupakan tumor jinak, sehingga tidak mengarah ke kanker.


19. Makanan apa yang menyebabkan tumor?

Jawaban:
Makanan berlemak seperti gorengan, makanan olahan, makanan kemasan dan makanan yang diawetkan, bisa meningkatkan risiko terkena tumor ganas. Karena lemak jenuh yang terdapat di dalam makanan tersebut, bisa memproduksi sel kanker lebih banyak di dalam tubuh.


20. Apakah tumor harus diangkat?

Jawaban:
Tumor jinak di dekat atau di otak dapat diangkat karena lokasinya atau efek berbahayanya pada jaringan otak normal di sekitarnya. Namun, jika tumor yang tumbuh bersifat ganas (akibat kanker), perawatan yang dapat dilakukan mungkin termasuk: Kemoterapi. Merupakan terapi dengan obat-obatan untuk mengatasi kanker.


21. Apa itu infeksi patogen?

Jawaban:
Patogen adalah istilah medis dari kuman, yaitu organisme kecil penyebab infeksi. Jenis patogen pun bermacam-macam, mulai dari virus, bakteri, hingga jamur, dan setiap jenisnya bisa menimbulkan penyakit yang berbeda pada manusia. 


22. Apa itu patologi forensik?

Jawaban:
Patologi forensik adalah cabang ilmu kedokteran yang menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi kedokteran pada pemeriksaan jenazah dan segala hal yang berhubungan dengan kematian guna kepentingan peradilan.


23. Bisakah Kanker Sembuh dengan Sendirinya? 

Jawaban:
Kanker bisa sembuh dengan sendirinya. Fenomena ini disebut sebagai spontaneous regression atau spontaneous remission. Penyebabnya adalah aktivasi sistem imun tubuh penderita.


24. Kenapa bisa terkena kanker?

Jawaban:
Penyebab utama kanker adalah terjadinya perubahan (mutasi) pada gen dalam sel. Namun, prosesnya belum tentu selalu sempurna. Saat pembelahan diri pada sel, terdapat risiko sel baru dari pembelahan tersebut mengandung gen yang rusak atau terjadi penggandaan terlalu banyak.


25. Vitamin apa yang bisa mencegah kanker?

Jawaban:
Tubuh membutuhkan vitamin C untuk menjaga kesehatan dan mencegah berbagai macam penyakit. Tidak hanya itu, vitamin C juga berfungsi untuk meningkatkan imun tubuh, memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak, menjaga kesehatan kulit, meningkatkan fungsi otak, serta mencegah kanker, jantung,
dan stroke


26. Apakah semua orang bisa terkena kanker?

Jawaban:
Faktanya tidak semua orang memiliki sel kanker, hanya orang penderita kanker yang memiliki sel kanker dalam tubuhnya. Sel kanker akan muncul apabila terjadi kesalahan pada siklus sel, saat membelah diri salah satu sel mungkin tidak sempurna, karena hal tersebut sel berubah sifat menjadi berbahaya bagi tubuh.


27. Apa yang dirasakan penderita kanker stadium awal?

Jawaban:
Rasa lelah yang berlebihan merupakan salah satu gejala awal kanker yang paling umum. Ini bisa terjadi karena sel-sel kanker menggunakan nutrisi di tubuh untuk berkembang, sehingga nutrisi tidak dapat diubah menjadi energi. Hal inilah yang menyebabkan penderita kanker merasa sangat lelah.


28. Apa saja pemeriksaan patologi klinik?

Jawaban:
Untuk itu patologi klinik merupakan pemeriksaan morfologis, mikroskopis, kimia, mikrobiologis, serologis, hematologis, imunologis, parasitologis, dan pemeriksaan laboratorium lainnya.


29. Apa tujuan patologi?

Jawaban:
Selain untuk mendiagnosis penyakit, ilmu patologi juga diperlukan untuk menentukan penyebab dan tingkat keparahan suatu penyakit, memutuskan langkah pencegahan dan pengobatan yang tepat, serta memantau efektivitas pengobatan yang telah diberikan


30. Apa penyebab penyakit kelainan darah?

Jawaban:
Kelainan darah dapat diturunkan atau dialami dengan sendirinya seiring dengan pola hidup tidak sehat yang dijalani. Terkadang penyakit disebabkan oleh infeksi, paparan racun, efek samping obat, atau kekurangan nutrisi tertentu dalam makanan seperti zat besi, vitamin K, atau vitamin B12.


31. Bagaimana cara mengontrol kelainan darah?

Jawaban:
Bagaimana cara mengontrol Hipertensi?
1. Kontrol tekanan darah Anda secara teratur.
2. Ketahui tekanan darah Anda (tekanan darah normal 120/80 mmHg)
3. Berhati-hati menggunakan obat bebas.
4. Ketahui efek samping obat yang Anda minum.
5. Minum obat teratur dan sesuai anjuran dokter.


32. Darah terus berkurang sakit apa?

Jawaban:
Anemia disebabkan karena jumlah sel darah merah dalam tubuh rendah. Jika terkena anemia, tubuh Anda tidak mendapatkan suplai darah yang kaya oksigen. Akibatnya, Anda mungkin merasa lelah, lesu, dan tidak bertenaga. Anda juga mungkin memiliki gejala lain, seperti sesak napas, pusing, atau sakit kepala.