Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

55 Quiz Materi Cahaya Beserta Jawaban

Kumpulan Soal (Essay) Materi Cahaya

38. Apa yang bisa melebihi kecepatan cahaya?

Jawaban:
Kecepatan cahaya sejauh ini menjadi satuan universal untuk batas kecepatan benda yang memiliki massa. Belum ada benda bermassa yang bergerak melebihi kecepatan cahaya.


39. Mengapa cahaya mempengaruhi pertumbuhan?

Jawaban:
Dalam proses pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan, cahaya amat bermanfaat sebagai energi bagi tumbuham yang akan digunakan untuk proses fotosintesis. Selain itu, cahaya juga berperan dalam proses pembentukan klorofil serta menentukan kesuburan dan arah pertumbuhan tanaman.


40. Kenapa cahaya dapat menembus air gelas dan kaca?

Jawaban:
Cahaya dapat menembus benda bening. Hal ini karena benda bening mampu meneruskan cahaya. Jika cahaya mengenai objek gelap, cahaya tidak akan menembus tapi membentuk bayangan. Contoh dari sifat ini adalah kaca jendela yang terkena sinar matahari.


41. Apakah kertas tipis dapat tembus cahaya?

Jawaban:
Benda Gelap Tembus Cahaya:
Contohnya adalah kain, tisu, kertas tipis, plastik warna, dan lain sebagainya.


42. Apa itu teori cahaya?

Jawaban:
Pada tahun 1678, Huygens mengemukan teori gelombang cahaya yang menyatakan bahwa cahaya bergerak dalam bentuk gelombang ke semua arah dengan kecepatan cahaya. Ketika teori ini dikemukakan, teori ini menjelaskan gagasan umum bahwa gelombang membutuhkan medium untuk merambat.


43. Benda apa yang mengeluarkan cahaya?

Jawaban:
Semua benda yang dapat memancarkan cahaya disebut sumber cahaya. Matahari, api, lampu, dan kunang-kunang menjadi bagian dari sumber cahaya.


44. Apa bukti bahwa cahaya dipancarkan dalam bentuk radiasi?

Jawaban:
Radiasi adalah suatu energi yang dipancarkan dalam bentuk partikel ataupun gelombang. Cahaya juga memiliki sifat radiasi. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya cahaya matahari yang mengenai tubuh kita, maka tubuh akan terasa panas. Rasa panas itulah yang ditimbulkan oleh cahaya matahari.


45. Bagaimana arah rambatnya cahaya?

Jawaban:
Arah rambat cahaya yaitu merambat lurus, dapat menembus benda bening serta dapat dibiaskan. Cahaya sendiri merupakan gelombang elektromagnetik.


46. Apakah cahaya dapat bergerak?

Jawaban:
Cahaya adalah benda yang bergerak paling cepat di alam semesta. Dalam ruang hampa, kecepatan cahaya mencapai 300.000 kilometer per detik.


47. Berapa kecepatan cahaya di ruang hampa?

Jawaban:
Cahaya merambat dalam ruang hampa dengan kecepatan 3.108 m/detik, artinya: dalam waktu 1 detik, cahaya merambat sejauh 3.108 m


48. Apa cahaya biru?

Jawaban:
Blue light sama artinya dengan sinar biru. Dalam ilmu kesehatan mata, sinar biru adalah cahaya yang tampak dengan panjang gelombang pendek, sekitar 415 hingga 455 nm, dan tingkat energi yang tinggi. Sumber alami terbesar dari sinar jenis ini adalah matahari.


49. Apakah cahaya tampak berbahaya?

Jawaban:
Cahaya tampak dapat menyebabkan kerusakan DNA dengan melalui timbulnya oksigen reaktif dalam tubuh. Kerusakan DNA pada sel ini dapat menyebabkan sel menjadi berfungsi tidak normal, misalnya tumbuh secara liar. Pertumbuhan sel liar inilah yang menyebabkan terjadinya kanker.


50. Apa dampak positif dan negatif dari cahaya?

Jawaban:
Dampak positif cahaya adalah mempermudah aktivitas manusia secara umum. Namun, terdapat berbagai dampak negatif, diantaranya: Lebih boros energi Mengganggu aktivitas astronomi Perubahan pola hidup hewan maupun tumbuhan yang dapat memicu mutasi karena tidak dapat membedakan siang dan malam, khususnya hewan nokturnal.


51. Apa akibatnya jika tumbuhan diletakkan di tempat yang kurang cahaya?

Jawaban:
Etiolasi atau melemahnya tanaman terjadi ketika batangnya tumbuh lebih panjang dan lebih cepat dari biasanya karena kurangnya sinar matahari. Tanaman kurus yang mencari cahaya akan kehilangan kekuatan, memiliki ruas yang panjang, dan sedikit daun


52. Apakah kecepatan cahaya lebih cepat dalam gelas atau air?

Jawaban:
Cahaya memiliki kecepatan sekitar 300.000 kilometer per detik di sebuah vakum, dimana memiliki indeks refraksi 1.0, tetapi akan mengalami perlambatan hingga 225.000 kilometer per detik di dalam air (indeks refraksi 1.3) dan menjadi 200.000 kilometer per detik di dalam gelas (indeks refraksi 1.5).


53. Berapa frekuensi cahaya tampak?

Jawaban:
Radiasi elektromagnetik pada rentang panjang gelombang ini disebut cahaya tampak (visiblle light) atau biasa disebut “cahaya” saja. Panjang gelombang spektrum cahaya tampak adalah sekitar 380 sampai 700 nm. Frekuensi spektrum cahaya tampak adalah sekitar 430 sampai 770 THz.


54. Berapakah panjang gelombang cahaya yang dapat diterima oleh mata manusia?

Jawaban:
Secara umum pita gelombang cahaya matahari dibagi menjadi tiga bagian utama yaitu sinar ultraviolet (UV) dengan panjang gelombang 100 - 400 nm. Berikutnya cahaya tampak atau cahaya yang bisa terlihat oleh mata manusia pada 400 - 700 nm.


55. Cahaya warna apa yang paling bagus untuk fotosintesis?

Jawaban:
Cahaya-cahaya monokromatik inilah yang ditangkap oleh klorofil dan digunakan dalam proses fotosintesis. Dalam suatu percobaan diketahui bahwa gelombang cahaya biru dan cahaya merah adalah yang paling efektif dalam melakukan proses fotosintesis.