Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Soal (Essay) Animasi 3D Beserta Jawaban

Kumpulan Soal (Uraian) Materi Animasi 3D

1. animasi 3D itu apa jelaskan?

Jawaban:
Animasi 3D adalah seni untuk menciptakan gambar bergerak dalam ruang digital 3 dimensi.


2. Apa saja contoh animasi 3 dimensi?

Jawaban:
Beberapa contoh animasi 3D yang terkenal, seperti Toy Story, Up, dan Coco.


3. Mengapa disebut animasi 3D?

Jawaban:
Animasi 3D merupakan penciptaan gambar bergerak dalam ruang digital 3 dimensi. Hal ini dilakukan dengan membuat frame yang mensimulasikan masing-masing gambar, difilmkan dengan kamera virtual, dan output-nya berupa video yang sudah di-rendering atau Realtime, jika tujuannya untuk membuat game.


4. Aplikasi 3D apa saja?

Jawaban:
10 Rekomendasi Software Animasi 3D Terbaik di Tahun 2022
1. 3Ds Max
2. Blender
3. Autodesk Maya
4. Adobe® After Effects®
5. Cinema 4D
6. K-3D
8. Visme.
9. OpenToonz.
10. Daz 3D


5. Apakah kelebihan animasi 3D?

Jawaban:
Animasi 3D jauh lebih realistis dengan ide beragam yang dapat diwujudkan dengan mudah. Dengan bantuan animasi 3D, Anda bisa menciptakan animasi yang terlihat nyata yang sangat bermanfaat untuk tujuan usaha. Dengan demikian, penggunaan animasi 3D sangatlah penting untuk entitas usaha dalam dunia yang penuh kompetisi.


6. Apa saja konsep objek 3D?

Jawaban:
Konsep tiga dimensi atau 3D menunjukkan sebuah objek atau ruang memiliki tiga dimensi geometris yang terdiri dari: kedalaman, lebar dan tinggi. Contoh tiga dimensi suatu objek / benda adalah bola, piramida atau benda spasial seperti kotak sepatu.


7. Apa saja teknik pembuatan animasi 3D?

Jawaban:
Proses produksi dimana ada tahapan-tahapan dalam pembuatan animasi 3D, yaitu terdiri dari modeling, texturing, rigging, animating, lighting dan trendering. Pada tahap ini adalah pembuatan karakter dan environtmen yang akan di buat dalam bentuk 3 dimensi dari konsep desain karakter dan environtment yang telah buat.


8. Apa bedanya film 2D dan 3D?

Jawaban:
Animasi 2D cenderung lebih sederhana karena hanya memiliki dua dimensi (panjang dan lebar), sedangkan animasi 3D lebih terasa nyata karena mereka memiliki tiga dimensi (panjang, lebar, dan tinggi).


9. Apa saja contoh dari animasi 3D yang dikembangkan di Indonesia?

Jawaban:
Inilah Serial Animasi 3D Buatan Indonesia yang Sarat Muatan
1. Uwa and Friends
2. Petualangan Si Unyil
3. Nussa.


10. Apa tujuan 3D?

Jawaban:
3D Desain tentunya memiliki sebuah tujuan ketika dikembangkan yaitu menerangkan bagaimana cara untuk berkomunikasi dan berinteraksi melalui media visual yang menggunakan gambar sebagai fasilitas untuk menyampaikan sebuah informasi atau pesan sejelas-jelasnya.