Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

22 Soal (Essay) Komunikasi Persuasif Beserta Jawaban

Kumpulan Soal (Uraian) Materi Komunikasi Persuasif

1. Apa yg dimaksud dengan komunikasi persuasif?

Jawaban:
Komunikasi persuasif berarti menyampaikan pesan yang sifatnya membujuk orang lain, atau audiens sasaran. Tujuannya, agar orang tersebut berubah atau terpegaruh mengikuti keinginan komunikator secara kepercayaan maupun sikapnya


2. Apa contoh komunikasi persuasif?

Jawaban:
Contohnya, komunikasi persuasif dalam periklanan. Iklan digunakan pemasar atau perusahaan sebagai alat untuk mempersuasi atau membujuk khalayak agar membeli produk atau menggunakan layanan jasa yang ditawarkan.


3. Bagaimana cara berkomunikasi secara persuasif?

Jawaban:
Cara Meningkatkan Komunikasi Persuasif yang Baik
1. Fokus Jadi Orang yang Bermanfaat
2. Ketahui Tujuan Sebelum Mulai Berbicara
3. Pahami Audiens dan Kebutuhannya
4. Gunakan Bukti dan Pengalaman
5. Tarik Perhatian Audiens
6. Gunakan Bahasa Tubuh
7. Terus Berlatih


4. Apa tujuan dari komunikasi persuasif?

Jawaban:
Menurut Simons (1976) tujuan komunikasi persuasif adalah untuk mempengaruhi sikap, nilai-nilai, pendapat, dan perilaku seseorang. Dengan demikian, kunci utama dari komunikasi persuasif adalah mempengaruhi seseorang sesuai dengan tujuan dari komunikator atau persuader.


5. Apa saja komponen komunikasi persuasif?

Jawaban:
Komunikasi Persuasif adalah tipe komunikasi yang mendukung kompetensi kepemimpinan dimaksud. Untuk mempersuasi orang setidaknya ada tiga komponen penting bagi keberhasilannya. Yaitu logika (Logos), emosional (Pathos), dan kredibilitas (Ethos).


6. Kapan komunikasi dikategorikan persuasif?

Jawaban:
Dapat dikatakan berhasil komunikasi persuasifnya bila pesan yang disampaikan kepada persuader memiliki respon positif sesuai dengan sasaran persuasif, lalu persuader melayani respon yang dibuat sehingga khalayak akan aktif melalu interaksi tersebut.


7. Faktor apa saja yang mempengaruhi keberhasilan dari pesan persuasif?

Jawaban:
Menurut Suryanto (2017:358), banyak faktor yang menentukan keberhasilan pesan persuasi. Diantaranya: komunikator yang mempunyai kredibilitas tinggi, pesan, pengaruh lingkungan, serta pengertian dan kesinambungan suatu pesan. Faktor-faktor tersebut tidak berjalan secara bertahap.


8. Apa efek dari komunikasi persuasif?

Jawaban:
Efek komunikasi persuasif adalah perubahan yang terjadi pada diri persuadee sebagai akibat dan diterimanya pesan melalui proses komunikasi, efek yang terjadi dapat berbentuk perubahan sikap, pendapat, dan tingkah laku.