Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

29 Soal (Essay) Komunikasi Politik Beserta Jawaban

Kumpulan Soal (Uraian) Materi Komunikasi Politik

1. Negara Indonesia menganut sistem komunikasi politik yang seperti apa?

Jawaban:
Indonesia sebagai negara yang menganut sistem politik demokrasi, interaksi di antara Pemerintahan sebagai penguasa melalui pesan kebijakan dalam bentuk peraturan perundang-undangan, di antaranya tentang kepegawaian di Pemerintahan seharusnya berjalan baik.


2. Tuliskan pengertian komunikasi politik menurut Almond dan Powell !

Jawaban:
Menurut Almond dan Powell, komunikasi politik adalah fungsi politik yang bersama-sama memiliki fungsi lain yaitu agregasi, artikulasi, rekrutmen dan sosialisasi yang hadir dalam suatu sistem politik. Komunikasi politik hadir sebagai prasyarat atau prerequisite untuk memenuhi fungsi-fungsi politik yang lainnya.


3. Apa yang dimaksud strategi komunikasi politik?

Jawaban:
Strategi komunikasi politik merupakan tentang bagaimana proses yang terjadi di dalam pemenangan satu pertarungan politik oleh partai politik, atau secara langsung, oleh seorang calon Legislatif atau calon pimpinan daerah, yang menghendaki kekuasaan dan pengaruh sebesar-besarnya di tengah-tengah masyarakat


4. Tuliskan pengertian komunikasi politik menurut Dan Nimmo !

Jawaban:
Komunikasi politik memiliki fungsi untuk mengatur perbuatan manusia dalam kondisi konflik serta dalam konsekuensinya. Kegiatan dari komunikasi politik mencakup komunikator politik seperti aktivis, konsultan, politisi, marketing, profesional dan juru bicara, mancakup pula persuasi, pesan politik, media politik, khalayak ramai serta akibat apa yang ditimbulkan dalam proses dari komunikasi politik yang terjadi.


5. Apa saja unsur komunikasi politik?

Jawaban:
Komunikasi politik terdiri dari berbagai unsur, antara lain:
Misalnya pidato politik, pernyataan politik, buku, brosur dan berita surat kabar mengenai politik, dll. Saluran atau media politik ialah alat atau sarana yang digunakan oleh para komunikator dalam menyampaikan pesan-pesan politiknya.


6. Tuliskan pengertian komunikasi politik menurut Astrid S Soesanto !

Jawaban:
Komunikasi politik menurut Astrid ialah komunikasi yang diarahkan pada suatu pencapaian yang memiliki pengaruh sedemikian rupa, sehingga masalah-masalah yang dibahas oleh baragam jenis kegiatan komunikasi politik dapat mengikat seluruh warganya melalui sanksi yang telah ditentukan bersama oleh lembaga politik.


7. Apa fungsi komunikasi dalam politik internasional?

Jawaban:
Fungsi komunikasi internasional:
Membantu/menunjang upaya-upaya pencapaian tujuan hubungan internasioanl dengan meningkatkan kerjasama internasional serta menghindari terjadinya konflik atau kesalahpahaman baik antara pemerintah dengan pemerintah maupun antar penduduk.


8. Kenapa kita harus belajar komunikasi politik?

Jawaban:
Komunikasi politik sangat penting dan menentukan dalam demokratisasi. Dengan adanya persaingan kepentingan komunikator politik untuk memengaruhi, memperoleh, mempertahankan, dan memperluas kekuasaan.


9. Apa yang dimaksud dengan pesan politik?

Jawaban:
Pesan politik ialah pernyataan yang disampaikan, baik secara tertulis maupun tidak tertulis, baik secara verbal maupun nonverbal, tersembunyi maupun terang-terangan, baik yang disadari maupun tidak disadari yang isinya mengandung politik.


10. Mengapa komunikasi politik itu sangat penting?

Jawaban:
Komunikasi politik sangat penting dan menentukan dalam demokratisasi. Dengan adanya persaingan kepentingan komunikator politik untuk memengaruhi, memperoleh, mempertahankan, dan memperluas kekuasaan.