Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Soal (Essay) Manajemen Operasi Jasa Beserta Jawaban

Kumpulan Soal (Uraian) Materi Manajemen Operasi Jasa

1. Apa yang dimaksud dengan manajemen operasi jasa?

Jawaban:
Menurut Wright dan Race (2004:14), manajemen operasi jasa didefinisikan sebagai fungsi di dalam sebuah organisasi jasa yang beriteraksi dengan pelanggan dan memberikan pelayanan kepada pelanggan.


2. Mengapa strategi tata letak sangat penting bagi keberhasilan suatu perusahaan?

Jawaban:
Tata letak memiliki banyak implikasi strategis karena menentukan daya saing perusahaan dalam hal kapasitas, proses, fleksibilitas dan biaya, serta kualitas kerja, koneksi pelanggan, dan citra perusahaan. Tata letak yang efektif memfasilitasi strategi yang mempromosikan diferensiasi, biaya rendah, atau respon cepat.


3. Mengapa tata letak menjadi suatu keputusan penting bagi operasional perusahaan sampai ke program jangka panjang?

Jawaban:
Tata letak memiliki banyak dampak strategis karena tata letak menentukan daya saing perusahaan dalam kapasitas, proses, fleksibilitas, dan biaya, serta kualitas lingkungan kerja, kontak pelanggan, dan citra perusahaan.


4. Apakah berdasarkan prioritas persaingan perusahaan dalam menawarkan produk dan jasa yang dihasilkannya manajer operasi harus memilih?

Jawaban:
Berdasarkan prioritas persaingan perusahaan dalam menawarkan produk dan jasa yang dihasilkannya, manajer operasi harus memilih strategi aliran (flow strategy) yang menentukan bagaimana sistem operasi diorganisasi atau diatur untuk menangani jenis dan banyak produk atau jasa untuk segmen pasar tertentu.