Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

75 Soal (Essay) Manajemen Perubahan Beserta Jawaban

Kumpulan Soal (Uraian) Materi Manajemen Perubahan

1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan manajemen perubahan?

Jawaban:
Manajemen perubahan adalah alat, proses dan juga teknik untuk mengelola seluruh akibat yang dihasilkan karena adanya perubahan dalam sebuah organisasi. Perilaku Individu atau organisasi juga bisa menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi tingkat keberhasilan suatu manajemen perubahan.


2. 6 Langkah dalam manajemen perubahan?

Jawaban:
Terdapat enam langkah yang perlu dilakukan dalam mempraktekkan Manajemen Perubahan yaitu: envisioning, activating, supporting, installing, ensuring, dan recognizing.


3. Apa Saja Jenis Manajemen Perubahan? 

Jawaban:
Secara umum manajemen perubahan dapat dibagi menjadi dua jenis atau perspektif, yaitu perspektif individu (individual change management) dan perspektif organisasi (organizational change management).


4. Apa dampak manajemen perubahan?

Jawaban:
Hasil akhir dari manajemen perubahan ini, yaitu tiap karyawan mampu menerima perubahan lebih cepat dan efektif, dan organisasi dapat merespons dengan cepat terhadap perubahan pasar, menerapkan langkah yang strategis, dan dapat menerapkan sistem atau teknologi terbaru lebih cepat.


5. 3 langkah manajemen perubahan?

Jawaban:
Tiga Tahap Teori Lewin dalam Manajemen Perubahan Kurt Lewin memperkenalkan model perubahan terencana dalam 3 tahapan, yaitu Mencairkan (Unfreeze), Perubahan (Movement) dan Membekukan Kembali (Refreeze).


6. Apa tujuan dari manajemen perubahan?

Jawaban:
Tujuan dari manajemen perubahan adalah untuk memberi solusi yang diperlukan dalam mensukseskan melalui cara yang terorganisasi serta melalui metode pengelolaan dampak pada individu ataupun organisasi yang terlibat di dalamnya.


7. Apa manfaat dari manajemen perubahan?

Jawaban:
Manfaat Manajemen Perubahan
1. Menyelaraskan sumber daya dalam bisnis untuk mendukung perubahan. \
2. Mengelola beragam biaya perubahan. 
3. Mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk menerapkan perubahan. 
4. Membantu staf atau karyawan memahami proses perubahan.


8. Apa tujuan secara khusus manajemen perubahan?

Jawaban:
Hal paling penting tujuan dari manajemen perubahan di suatu perusahaan adalah memperbaiki efektivitas perusahaan agar dapat bersaing di pasar ekonomi modern. Upaya yang dilakukan ini termasuk perbaikan efektivitas tenaga kerja, perbaikan sistem dan struktur organisasi dan juga implementasi strategi perusahaan.


9. Faktor apa saja yang mempengaruhi manajemen perubahan?

Jawaban:
Berikut ini adalah faktor-faktor penyebab perubahan, yaitu:
1. Teknologi
2. Trend
3. Krisis
4. Perubahan Kebiasaan atau Gaya Hidup
5. Pendatang Baru.


10. 4 Langkah Pendekatan proses perubahan?

Jawaban:
Perusahaan bisa memilih salah satu dari empat pendekatan manajemen perubahan, yaitu pendekatan rasional-empiris, pendekatan normatif-reedukatif, pendekatan kekuasaan-koersif dan pendekatan lingkungan-adaptif.


11. Bagaimana caranya melakukan manajemen perubahan yang efektif?

Jawaban:
1. Identifikasi Tipe Perubahan.
2. Identifikasi Tujuan Perubahan.
3. Identifikasi Siapa Saja Yang Terlibat.
4. Tahap-Tahap Manajemen Perubahan.


12. Mengapa manajemen perubahan penting bagi perusahaan atau organisasi?

Jawaban:
Pentingnya manajemen perubahan adalah untuk mempengaruhi adanya perubahan dan perbedaan dalam bisnis. Kehadiran perbedaan budaya dalam suatu organisasi akan berdampak pada penyusunan rencana perubahan yang tepat.


13. Manajemen perubahan diawali dengan perubahan apa?

Jawaban:
Manajemen perubahan diawali dengan pendokumentasian usulan perubahan. Usulan tersebut kemudian dievaluasi untuk menjadi bahan pertimbangan keputusan pelaksanaan perubahan. Berdasarkan hasil evaluasi, dapat didefinsikan kebutuhan-kebutuhan perubahan yang ada.