Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

37 Soal (Essay) Minyak Bumi Beserta Jawaban

Kumpulan Soal (Uraian) Materi Minyak Bumi

1. Apa yg dimaksud dengan minyak bumi?

Jawaban:
Minyak Bumi adalah hasil proses alami berupa hidrokarbon yang dalam kondisi tekanan dan temperatur atmosfer berupa fasa cair atau padat, termasuk aspal, lilin mineral, atau ozokerit, dan bitumin yang diperoleh dari proses penambangan, tetapi tidak termasuk batu bara atau endapan hidrokarbon lain yang berbentuk padat


2. Minyak bumi berasal dari apa?

Jawaban:
Tiga faktor utama dalam pembentukan Minyak dan gas bumi yaitu, bebatuan asal (source rock), perpindahan hidrocarbon dari bebatuan asal menuju bebatuan reservoir dan ketiga adanya jebakan (entrapment) geologis.Komponen pendukung terbentuknya minyak bumi berasal dari organisme tumbuhan dan hewan berukuran sangat kecil 


3.  Minyak bumi di gunakan untuk apa?

Jawaban:
Sebagai bahan pembangkit listrik. Minyak bumi juga banyak dimanfaatkan sebagai gas cair, seperti gas LPG. Manfaat minyak bumi juga bisa mendukung industri petrokimia. Seperti pupuk urea, serat pakaian, kosmetik, cat, lilin, hingga karet nilon.


4. Minyak bumi akan habis kapan?

Jawaban:
Pada 2016 lalu, sejumlah ahli memperkirakan bahwa minyak bumi akan habis dalam kurun waktu 53 tahun lagi. Meski begitu, hal ini belum pasti lantaran ada berbagai faktor yang mempengaruhi ketersediaan minyak bumi. Salah satunya adalah perubahan iklim.


5. Apa ciri ciri minyak bumi?

Jawaban:
Minyak bumi (juga disebut minyak mentah atau petroleum), sering dijuluki sebagai "emas hitam", adalah cairan kental berwarna coklat pekat/gelap atau kehijauan yang mudah terbakar yang berada di lapisan atas dari beberapa area di kerak bumi.


6. Apa dampak penggunaan minyak bumi?

Jawaban:
Penggunaan minyak bumi untuk bahan bakar kendaraan ataupun dalam perindustrian yang mengeluarkan karbon dioksida dapat menyebabkan terjadinya pencemaran udara


7. Minyak bumi Indonesia dimana?

Jawaban:
Keempat wilayah penghasil minyak bumi itu adalah Sumatera, Laut Jawa, Kalimantan Timur dan Kepulauan Natuna. Sementara keempat wilayah utama penghasil gas alam terdiri dari Kalimantan Timur, Arun di Sumatera Utara, Sumatera Selatan dan Kepulauan Natuna.


8. Bagaimana bentuk minyak bumi?

Jawaban:
Minyak bumi yang berbentuk cair ternyata memiliki warna yang sangat gelap. 


9. Hasil pengolahan minyak bumi apa saja?

Jawaban:
6 Hasil Olahan Minyak Bumi dalam Kehidupan Sehari-hari
1. Gas Minyak Cair.
2. Bensin.
3. Minyak Tanah.
4. Avtur.
5. Solar.
6. Minyak Bakar


7. Siapa yang pertama kali menemukan minyak bumi?

Jawaban:
Migas pertama kali ditemukan oleh bangsa Cina pada tahun 347 setelah masehi. Hanya bermodalkan bambu, mereka mampu mengebor hingga kedalaman lebih dari 800 kaki dan mendapatkan migas untuk pertama kali


8. Apa yang terjadi jika tidak ada minyak bumi?

Jawaban:
Salah satunya adalah perubahan iklim. Jika minyak bumi habis maka manusia akan kesulitan melakukan aktivitas sehari-hari, seperti bepergian atau memasak.


9. Kenapa minyak bumi cepat habis?

Jawaban:
Minyak bumi merupakan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui, karena jumlahnya yang dapat habis jika digunakan terus menerus. Hal ini disebabkan karena minyak bumi terbentuk dari proses pengendapan fosil hewan dan tumbuhan yang berlangsung selama jutaan tahun.


10. Bagaimana proses pengolahan minyak bumi?

Jawaban:
Pengolahan minyak bumi dilakukan dengan kilang minyak yang melalui dua tahap. Pengolahan tahap pertama (primary processing) dilakukan dengan cara distilasi bertingkat dan pengolahan tahap kedua (secondary processing) dilakukan dengan berbagai cara.


11. Bagaimana cara mengatasi krisis minyak bumi?

Jawaban:
Beberapa cara untuk menghemat penggunaan minyak bumi diantaranya adalah:
1. Mengurangi penggunaan kendaraan pribadi.
2. Menggunakan transportasi umum.
3. Menggunakan bahan bakar alternatif seperti bioetanol, biosolar, dan lain-lainnya.
4. Meminimalisir penggunaan plastik.


12. Apakah minyak bumi merusak lingkungan?

Jawaban:
Meskipun produk minyak bumi membuat hidup menjadi lebih mudah – menemukan, memproduksi, memindahkan, dan menggunakan mereka dapat membahayakan lingkungan melalui polusi udara dan air.


13. Kenapa Indonesia tidak bisa mengolah minyak sendiri?

Jawaban:
Alasannya, kilang di Indonesia tak mampu menampung seluruh produksi minyak mentah Tanah Air