Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

40 Soal (Essay) Organisasi Beserta Jawaban

Kumpulan Soal (Uraian) Materi Organisasi 

1. Apa yang dimaksud dengan organisasi?

Jawaban:
Pengertian organisasi adalah sebuah wadah untuk sekumpulan orang yang bekerja sama secara rasional serta sistematis yang terpimpin atau terkendali untuk mencapai tujuan tertentu memanfaatkan sumber daya yang ada di dalamnya


2. Apa fungsi dari organisasi?

Jawaban:
Pertama, fungsi organisasi memberi arahan dan aturan. Serta pembagian kerja mengenai apa yang harus dan tidak boleh dilakukan oleh para anggota dalam organisasi. Fungsi organisasi selanjutnya ialah untuk meningkatkan skill dan kemampuan dari anggota organisasi.


3. Apa pentingnya sebuah organisasi?

Jawaban:
Organisasi dapat melatih kedisiplinan, keberanian dan mengembangkan kemampuan. Baik kemampuan yang sederhana maupun kemampuan yang baru dan berbeda dari kebanyakan orang. Dengan berorganisasi diharapkan bisa mencapai tujuan bersama yang efisien dan efektif.


4. Apa saja sifat sifat organisasi?

Jawaban:
Pada dasarnya, sikap dan sifat dasar yang dibutuhkan dalam organisasi sangatlah relatif
1. Kejujuran
2. Loyalitas
3. Komitmen dan tanggungjawab
4. Kekeluargaan dan rasa saling memiliki
5. Kemauan untuk berkembang
6. Cara berkomunikasi yang efektif dan efesien.


5. Jenis organisasi apa saja?

Jawaban:
1. Macam-Macam Organisasi
2. Organisasi Formal atau Legal
3. Organisasi Internasional
4. Hybrid Organization
5. Organisasi Informal atau Voluntary Association
6. Organisasi Rahasia atau Ilegal.


6. Apa saja bentuk bentuk organisasi?

Jawaban:
Ada tiga bentuk organisasi, yaitu: organisasi garis/lini/jalur, organisasi garis dan staf, dan bentuk organisasi fungsional.


7. Apa elemen organisasi?

Jawaban:
Elemen struktur organisasi ada enam, yakni spesialisasi pekerjaan, departementalisasi, rantai komando, rentang kendali, sentralisasi dan desentralisasi, serta formalisasi.


8. Apa motivasi mengikuti organisasi?

Jawaban:
Alasan masuk organisasi adalah menambah wawasan baru. baik itu wawasan belajar menjadi seorang pemimpin, belajar manajemen waktu, belajar mengelola emosi, belajar bersosialisasi dengan orang lain dan saya yakin, akan lebih banyak sekali wawasan yang akan kamu dapatkan.


9. Bagaimana proses terbentuknya suatu organisasi?

Jawaban:
Yang paling mendasar dalam mendirikan sebuah organisasi adalah melakukan perundingan rapat atau musyawarah dengan calon anggota organisai setelah calon anggota terkumpul dan menyetujui untuk pembentukan organisasi maka dibentuklah kepengurusan organisasi, yakni tidak lepas dari pemilihan ketua dan wakil ketua.


10. Hal apa yang paling penting dalam organisasi?

Jawaban:
Komunikasi merupakan elemen penting dalam organisasi. Karena tanpa adanya komunikasi segala sesuatunya pasti tidak akan berjalan baik. Kemungkinan besar akan terjadi Miss Komunikasi dengan rekan kerja atau atasan yang dampaknya cukup besar bagi individu maupun organisasi.


11. Apa saja karakter organisasi?

Jawaban:
Organisasi memiliki beberapa karakteristik, yaitu:
1. Koordinasi
2. Divisi pekerjaan. Organisasi berurusan dengan seluruh tugas.
3. Tujuan yang sama. ...
4. Hubungan Kooperatif. ...
5. Hubungan otoritas-tanggung jawab yang ditetapkan dengan baik.


12. Mengapa organisasi itu ada?

Jawaban:
Organisasi menjadi tempat yang baik untuk belajar agar bisa menghargai waktu dan juga mengatur jadwal dari kegiatan dalam organisasi tersebut. Di dalam organisasi, berbagai kesempatan dan peluang terbuka lebar untuk mengembangkan diri menjadi lebih baik lagi.


13. Struktur organisasi perusahaan ada berapa?

Jawaban:
Struktur organisasi perusahaan memiliki beberapa jenis yang disesuaikan dengan karakteristik hierarki dalam perusahaan tersebut. Yakni struktur fungsional, struktur divisional, struktur matriks, struktur komite, dan struktur tim kerja.


14. Apa manfaat organisasi bagi mahasiswa?

Jawaban:
Di antaranya sebagai agen perubahan, penerus bangsa, penjaga moral, serta pengontrol sosial. Bergabung dalam organisasi mahasiswa dapat meningkatkan keterampilan kepemimpinan, kemampuan bersosial dan mempelajari keahlian khusus sesuai dengan tujuan organisasi.