Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

48 Soal (Essay) Patologi Beserta Jawaban

Kumpulan Soal (Uraian) Materi Keperawatan Gerontik

1. Apa yang dimaksud dengan patologi?

Jawaban:
Patologi adalah ilmu yang mempelajari penyakit dan bagaimana suatu penyakit terjadi. Ilmu patologi berperan sebagai penghubung antara ilmu pengetahuan dan kedokteran.


2. Penyakit patologi apa saja?

Jawaban:
Jenis Penyakit yang Bisa Diidentifikasi oleh Patologi Anatomi
1. Kanker
2. Tumor
3. Penyakit Ginjal dan Hati
4. Gangguan Autoimun
5. Infeksi.


3. Pemeriksaan patologi untuk apa?

Jawaban:
Patologi Anatomi merupakan laboratorium khusus untuk mendiagnosis penyakit melalui materi biologi yang berasal dari organ jaringan, sel, atau cairan melalui proses sistematik tertentu.


4. Berapa lama pemeriksaan patologi?

Jawaban:
Pemeriksaan patologi anatomi memakan waktu agak lama yaitu 3-7 hari.


5. Apa fungsi patofisiologi?

Jawaban:
Patofisiologi adalah ilmu yang mempelajari tentang gangguan fungsi-fungsi mekanis, fisik dan biokimia, baik disebabkan oleh suatu penyakit, gejala atau kondisi abnormal yang tidak layak disebut sebagai suatu penyakit.


6. Apa bedanya patologi dan Patogenesis?

Jawaban:
Patologi mempelajari kejadian dan bagaimana terjadi suatu penyakit. Kejadiannya adalah lesi yang terjadi dan teramati. Sedangkan 'bagaimana terjadi' merupakan patogenesis atau perjalanan penyakit dari mulai masuk dalam tubuh dan perkembangannya sampai menimbulkan penyakit.


7. Daun apa yg bisa menghancurkan tumor?

Jawaban:
Selain itu, penelitian di Purdue University juga menemukan, daun sirsak memiliki kandungan zat anti-tumor. Zat yang terkandung dalam daun sirsak ini bahkan mampu menghancurkan tumor yang kebal terhadap perawatan kemoterapi. Tumor yang kebal tersebut ternyata dapat dihancurkan dengan kandungan zat dalam daun sirsak.


8. Apa bedanya tumor dan kanker?

Jawaban:
Kanker merupakan jenis tumor yang memiliki kemampuan menyerang jaringan dan menyebar ke organ lain. Sedangkan tumor merupakan pertumbuhan sel baru yang belum tentu menjadi kanker


9. Tumor jinak itu seperti apa?

Jawaban:
Tumor jinak adalah pertumbuhan non-kanker yang terjadi didalam tubuh. Tidak seperti tumor kanker, tumor jinak tidak menyebar ke bagian tubuh yang lain. Tumor jinak dapat terbentuk di bagian tubuh mana saja.


10. Apa yang dimaksud dengan patogenesis penyakit?

Jawaban:
Patogenesis merupakan keseluruhan proses perkembangan penyakit atau patogen, termasuk setiap tahap perkembangan, rantai kejadian yang menuju kepada terjadinya patogen tersebut dan serangkaian perubahan struktur dan fungsi setiap komponen yang terlibat di dalamnya, seperti sel, jaringan tubuh, organ, oleh stimulasi


11. Apa itu perubahan patologi?

Jawaban:
'Perubahan patologis', contohnya, memiliki arti perubahan yang disebabkan oleh suatu penyakit. Tentu saja, penyakit yang dimaksud bisa berupa penyakit fisik maupun penyakit mental. Ketika kamu sakit radang tenggorokan, kamu merasa tiba-tiba sulit menelan. Nah, perubahan itu adalah salah satu perubahan patologis. 


12. Pemeriksaan patologi anatomi apa saja?

Jawaban:
Patologi Anatomi ialah spesialis medis yang berurusan dengan diagnosis penyakit berdasarkan pada pemeriksaan makroskopik, mikroskopik, dan molekuler atas organ, jaringan, dan sel.


13. Kenapa memilih patologi anatomi?

Jawaban:
Tes patologi anatomi dilakukan untuk mendiagnosis secara paling pasti penyebab penyakit tertentu, jenis penyakit tertentu, serta efeknya ke tubuh dalam membantu pilihan perawatan yang akan diberikan. Tes ini juga bisa dilakukan untuk menentukan apa yang menjadi penyebab kematian seseorang.


14. Makanan apa yang tidak boleh dikonsumsi penderita kanker?

Jawaban:
Pantangan makanan bagi penderita kanker
1. Alkohol.
2. Makanan tinggi lemak.
3. Sayuran mentah.
4. Makanan yang diawetkan.
5. Daging merah atau olahan.
6. Minuman manis.
7. Karbohidrat olahan.


15. Apakah penderita kanker boleh makan bakso?

Jawaban:
Sebenarnya konsumsi bakso sesekali tidak masalah untuk penderita kanker.


16. Kanker Ganas apa saja?

Jawaban:
Berikut adalah beberapa kanker paling mematikan mengutip Live Science:
1. Kanker Pankreas
2. Mesothelioma
3. Kanker kantong empedu
4. Kanker Kerongkongan
5. Kanker hati
6. Kanker paru-paru
7. Kanker Pleura
8. Leukemia Monositik Akut.