Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

90 Soal (Essay) Sistem Periodik Unsur Beserta Jawaban

Kumpulan Soal (Uraian) Materi Sistem Periodik Unsur

1. Apa saja sifat sistem periodik unsur?

Jawaban:
Sifat periodik unsur adalah sifat-sifat yang mempunyai kecenderungan untuk berubah secara teratur sesuai dengan kenaikan nomor atom, yaitu dari kiri ke kanan dalam satu periode dan dari atas ke bawah dalam satu golongan.


2. Apa pengertian sistem periodik unsur?

Jawaban:
Sistem periodik unsur kimia adalah susunan unsur-unsur berdasarkan nomor atom dan kemiripan sifat-sifatnya.


3. Golongan 1A apa saja?

Jawaban:
Semua unsur yang tergolong dalam unsur Alkali ini termasuk ke dalam golongan 1A, golongan ini terletak pada posisi terkiri dalam struktur unsur berkala, jumlah unsur dalam golongan Alkali ini terdiri dari tujuh unsur, yaitu: Hidrogen, Litium, Natrium, Kalium, Rubidium, Sesium dan Fransium


4. Unsur periode 5 Apa Saja?

Jawaban:
Daftar isi
5.1 Indium.
5.2 Timah.
5.3 Antimon.
5.4 Telurium.
5.5 Iodin.
5.6 Xenon.


5. Apa tujuan dari sistem periodik unsur?

Jawaban:
Tujuan dibuatnya tabel periodik unsur adalah untuk mengenal nama unsur dari partikel kimia secara mudah melalui pengelompokan


6. Apa tujuan penyusunan sistem periodik unsur?

Jawaban:
Sistem periodik unsur kimia disebut tabel periodik, dan fungsinya adalah untuk mengetahui nomor atom, konfigurasi elektron, dan sifat setiap unsur. Sistem periodik unsur kimia adalah susunan unsur-unsur berdasarkan nomor atom dan kemiripan sifat-sifatnya.


7. Atom apa yang paling stabil?

Jawaban: 
Gas mulia merupakan unsur yang paling stabil di antara unsur-unsur pada tabel periodik, dikarenakan gas mulia memiliki elektron valensi sebanyak 8. Sesuai aturan atau kaidah oktet, gas mulia sudah mencapai kestabilan.


8. Bagaimana cara menyusun sistem periodik unsur?

Jawaban:
Unsur-unsur dalam tabel periodik disusun berdasarkan kenaikan nomor atom dan kemiripan sifat. Sistem periodik modern milik Moseley terdapat dua bagian yaitu lajur mendatar yang disebut periode dan lajur tegak yang disebut golongan. Cara menentukan letak unsur yaitu dari konfigurasi elektron suatu unsur.


9. Apa golongan 2 A?

Jawaban:
Unsur-unsur golongan IIA disebut logam alkali tanah. Logam alkali tanah juga tergolong logam aktif, tetapi kereaktifannya kurang dibandingkan dengan logam alkali seperiode, dan hanya akan terbakar di udara bila dipanaskan. Kecuali berilium, logam alkali tanah larut dalam air.


10. Golongan 3a apa saja?

Jawaban:
Unsur-unsur dari logam utama golongan III A adalah : boron ( B), aluminium (Al), galium (Ga), indium ( In), thalium (Tl).


11. Apa saja unsur 8a?

Jawaban:
Melansir dari buku Kimia Unsur Golongan Utama karya Zarlaida Fitri, unsur-unsur gas mulia dalam sistem periodik terletak pada golongan VIIIA. Gas mulia terdiri dari He (Helium), Ne (Neon), Ar (Argon), Kr (Kripton), Xe (Xenon), Rn (Radon)


12. Berapa unsur pada periode 7?

Jawaban:
Periode 7 mengandung 32 unsur, dimulai dari fransium dan diakhiri oleh oganeson, unsur paling berat yang sudah ditemukan saat ini.


13. Golongan 7a apa saja?

Jawaban:
Unsur-unsur golongan VIIa disebut halogen yang terdiri dari fluor (F), klorin (Cl), bromin (Br), Iodin (I), dan Astatin (At). Unsur tersebut memiliki 7 elektron valensi pada subkulit ns2 np5. Konfigurasi elektron tersebut yang akhirnya membuat unsur halogen bersifat sangat reaktif.


14. Golongan 6 A apa saja?

Jawaban:
Golongan VI A dalam sistem table periodic disebut juga dengan golongan oksigen, yang terdiri dari unsur oksigen, sulfur atau belerang, dan selenium yang termasuk kedalam non logam, telurium semilogam dan polonium sebagai logam dalam golongan ini leleh dan titik didih menunjukkan kecenderungan kenaikan yang khas 


15. Apa nama tabel kimia?

Jawaban:
Tabel periodik atau tabel unsur kimia adalah informasi kimia yang terorganisir. Tabel periodik standar di bawah ini menampilkan periode (horizontal) dan kelompok (vertikal).