Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

63 Soal (Essay) Al Qur'an Beserta Jawaban

Kumpulan Soal (Uraian) Materi Al-Qur'an

1. Apa yang dimaksud dengan Al-Quran?

Jawaban:
Al-Qur'an merupakan kitab suci umat Islam yang berfungsi sebagai petunjuk bagi manusia dalam mengarahkan kehidupannya.


2. Apa pengertian Al-Quran menurut ulama?

Jawaban:
Definisi Al-Qur'an juga dijelaskan oleh Syekh Muhammad Abduh. Ia mengatakan, Al-Qur'an adalah bacaan yang tertulis dalam mushaf-mushaf yang dipelihara dalam hafalan-hafalan kaum muslimin yang berminat untuk memeliharanya.


3. Apa pengertian Al-Quran menurut pakar ushul fikih?

Jawaban:
Menurut kesepakatan para ulama dan ahli ushul fiqh, Al-Qur‟an adalah kalam Allah yang mengandung mukjizat (sesuatu yang luar biasa yang melemahkan lawan) diturunkan kepada penghulu para nabi dan rasul (yaitu Nabi Muhammad SAW) melalui Malaikat Jibril yang tertulis pada mushhaf, yang diriwayatkan kepada kita 


4. Apa fungsi dari Alquran?

Jawaban:
Sebagai kitab suci terakhir, al-Qur'an juga membawa fungsi sebagai petunjuk bagi umat manusia hingga akhir zaman, penyempurna kitab-kitab suci sebelumnya, dan sumber pokok ajaran agama Islam yang dibawa oleh Nabi Muhammad Saw.


5. Apa saja unsur unsur Alquran?

Jawaban:
Unsur-unsur yang ditonjolka: 
1) Al Qur'an adalah Kalam Allah yang mengandung kemukjizatan. 
2) Diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW. 
3) Ditulis dalam mushaf-mushaf. 
4) Disampaikan dengan jalan mutawatir. 
5) Bernilai ibadah dalam membacanya.


6. Apa saja keistimewaan dari Alquran?

Jawaban:
Al Quran memiliki keistimewaan diantaranya adalah susunan bahasanya merupakan kelas sastra tinggi, apabila di baca akan memberikan nur atau cahaya dihati, tidak ada ceritanya Al Quran itu membosankan, berlaku hingga akhir zaman, penyempurna dari kitab-kitab lain, dan bersifat menyeluruh.


7. Apa isi kandungan Alquran?

Jawaban:
Menurut pendapat beberapa ulama isi kandungan Al-Qur'an itu antara lain : Petunjuk mengenai aqidah, yang mewajibkan beriman kepada Allah, Malaikat-malaikat, Kitab-kitab, Rasul-rasul, dan Hari Kiamat, serta Qadha dan Qadar.


8. Apa saja tiga komponen dasar hukum dalam Al-Quran?

Jawaban:
Alquran berisi tiga komponen dasar hukum yaitu i'tiqadiah, amaliah, dan khuluqiyah


9. Bagaimana kedudukan Al-Quran?

Jawaban:
Sebagaimana telah dimaklumi, bahwa Al Qur`an disamping sebagai kitab sucinya ummat Islam juga merupakan sumber hukum Islam yang pertama dan utama.


10. Berapa lama Al-Quran di turunkan?

Jawaban:
Alquran diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW secara bertahap selama 23 tahun.


11. Apa saja kewajiban kita terhadap Alquran?

Jawaban:
“Selain mengimani, membaca dan memahami isi kandungannya, kewajiban umat Islam terhadap kita suci Al-quran adalah mengamalkannya, mendakwahkannya, membelanya


12. Siapa yang pertama menyusun Alquran?

Jawaban:
Barulah pada masa Khalifah Utsman bin Affan, untuk pertama kali Al-Qur'an ditulis dalam satu mushaf. Mushaf ini kemudian dikenal dengan sebutan Mushaf Utsmani atau Al-Imam. Lalu, siapakah sosok yang pertama kali menulis Al-Qur'an? Beliau adalah Zaid bin Tsabit radhiyallahu 'anhu.


13. Apa saja sifat sifat Alquran?

Jawaban:
Alquran juga memiliki beberapa sifat yang mulia seperti, nur, hudan, rahmah, syifa, mau'izah, aziz, mubarak, basyir, nadzir, dan semacamnya. [44] (1-3)


14. Alquran pertama kali diturunkan pada tanggal berapa?

Jawaban:
Dalam proses ini, Wahyu yang pertama kali diturunkan kepada Rasulullah Saw yaitu ayat Al-Quran dalam surat Al-Alaq ayat 1-5 pada malam 17 Ramadan. Wahyu itu dibawa langsung oleh Malaikat Jibril ketika Muhammad sedang berkhalwat di Gua Hira, Jabal Nur, sekitar 6 kilometer dari Makkah.


15. Ajaran apa saja yang diajarkan dalam Alquran?

Jawaban:
Pokok-Pokok Ajaran Kitab Al-Quran sebagai Pedoman Hidup Umat Muslim
1. Akidah
2. Ibadah
3. Muamalah
4. Akhlak Mulia
5. Sejarah
6. Syariat


16. Mengapa Alquran di katakan sebagai mukjizat?

Jawaban:
Mukjizat Alquran adalah suatu hal atau peristiwa luar biasa pada Alquran yang terjadi melalui nabi Muhammad SAW, sebagai bukti kenabiannya yang ditantangkan kepada orang yang ragu, untuk melakukan atau mendatangkan hal yang serupa, namun mereka tidak mampu melayani tantangan tersebut


17. Alquran terdiri dari berapa?

Jawaban:
Al-Qur'an terdiri atas 114 bagian yang dikenal dengan nama surah (surat). Setiap surat akan terdiri atas beberapa ayat. Total jumlah ayat dalam Al-Qur'an mencapai 6236 ayat.


18. Bagaimana sejarah turunnya Alquran?

Jawaban:
Al-Qur'an diturunkan oleh Allah SWT melalui malaikat Jibril kepada Nabi Muhammad SAW. Ayat yang pertama kali diturunkan kepada Rasulullah adalah surat Al-Alaq ayat 1-5 saat berada di Gua Hira pada tahun 610 M. Turunnya Surat Al Alaq ayat 1-5 menjadikan awal kenabian Muhammad SAW.


19. Alquran diturunkan pada bulan apa?

Jawaban:
Ramadan merupakan bulan tilawah dan tadarus Al-Quran, karena di bulan suci ini pula kitab suci umat Islam ini diturunkan kepada Rasullah Muhammad SAW


20. Kenapa Alquran 30 Juz?

Jawaban:
Pada jaman para sahabat mereka umum mengkhatamkan Al Qur-an dalam sepekan (tujuh hari). Namun di kalangan awam hal ini sangat berat. Oleh karena itu muncul ide pembagian Al Qur-an menjadi 30 juz. Pembagian berdasarkan juz ini bertujuan agar para pembaca bisa mengukur waktu untuk dapat khatam al-Quran sekali per bulan.


21. Apa fungsi hadits terhadap Alquran?

Jawaban:
Fungsi hadits yang utama adalah untuk menjelaskan Al-Qur'an. Bila kita lihat dari fungsinya hubungan Hadits dengan Al-Qur'an sangatlah berkaitan. Karena pada dasarnya Hadits berfungsi menjelaskan hukum-hukum dalam Al-Qur'an dalam segala bentuknya sebagaimana disebutkan di atas.