Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

118 Soal (Essay) Asmaul Husna Beserta Jawaban

Kumpulan Soal (Uraian) Materi Asmaul Husna

1. Apa yang dimaksud dengan Asmaul Husna?

Jawaban:
Asmaul husna secara harfiah adalah nama-nama, sebutan, gelar Allah yang baik dan agung sesuai dengan sifat-sifat-Nya. Nama-nama Allah yang agung dan mulia itu merupakan suatu kesatuan yang menyatu dalam kebesaran dan kehebatan milik Allah.


2. Asmaul Husna Maha Penyembuh apa?

Jawaban:
Asy Syaafi, Yang Maha Penyembuh


3. Apa Asmaul Husna yang ke 4?

Jawaban:
As Samad (Yang Maha Dibutuhkan, Tempat Meminta)


4. Apa Asmaul Husna yang ke 70?

Jawaban:
Al Muqtadir artinya Maha Berkuasa dan Maha Menentukan. Maksudnya adalah Allah SWT memiliki sifat berkuasa dalam menentukan semua kehendak-Nya.


5. Apa Asmaul Husna yg ke 22?

Jawaban:
Al Khaafidh: Yang Maha Merendahkan (makhluk-Nya)


6. Apa Asmaul Husna yang ke 50?

Jawaban:
As-Syahiid: Maha Menyaksikan


7. Asmaul Husna yang ketiga apa?

Jawaban:
Al Malik merupakan Asmaul Husna Latin dan Artinya yang ketiga dan memiliki arti Yang Maha Memerintah atau Yang Maha Merajai. Al Malik memiliki arti bahwa Allah SWT memiliki kuasa atas semua hal yang baik dan hal yang buruk. Selain itu, Al Malik memiliki arti dalam memiliki sesuatu.


8. Apa arti dari As Salam?

Jawaban:
Asmaul Husna As Salam artinya Yag Maha Sejahtera atau Yang Maha Memberi Kesejahteraan atau Keselamatan. Makna yang terkandung dalam Asmaul Husna As Salam adalah Allah selamat dari segala aib maupun kekurangan karena kesempurnaan Zat, sifat dan perbuatan-Nya.


9. Apakah boleh mengamalkan Asmaul Husna?

Jawaban:
Selain sebagai contoh kebaikan, umat muslim juga bisa mengamalkan atau menyebut Asmaul Husna dalam setiap doa yang dipanjatkan. Asmaul Husna juga dapat dibaca sebagai bacaan dzikir atau wirid dalam keseharian.


10. Apa balasan bagi orang yang membaca Asmaul Husna?

Jawaban:
Allah menjanjikan setiap orang yang mengamalkan asmaul husna dalam perkataan dan juga kepribadian atau tingkah lakunya akan dimasukkan ke dalam surga di hari pembalasan kelak


11. Siapa pemilik Asmaul Husna itu?

Jawaban:
Asmaul Husna dan artinya adalah nama-nama terbaik yang hanya milik Allah SWT.


12. Apa keuntungan bagi orang yang menghafal 99 Asmaul Husna?

Jawaban:
Disebutkan dalam Alquran bahwa orang yang hafal Asmaul husna akan dijamin masuk surga. Selain itu, berdoa dengan asmaul husna akan diijabah. Dalam Alquran, Allah akan memberikan balasan yang baik bagi tiap hamba-Nya yang menyertakan asmaul husna dalam setiap doanya.


13. Apa manfaat membaca asmaul husna setiap hari?

Jawaban:
Manfaat dan keutamaan membaca Asmaul Husna:
Siapa yang senantiasa terus mengingat Allah maka akan hatinya akan merasa tenang dan tentram. Yakin jika Allah akan membantu dan melindungi hambanya yang senantiasa tawakal.


14. Menghafal asmaul husna apa keberuntungannya?

Jawaban:
Mendapatkan keberkahan dalam segala urusan dunia dan akhirat. Dipermudah segala kesulitannya. Memperoleh pertolongan dari Allah SWT. Dijauhkan dari kedzaliman.


15. Kapan waktu terbaik untuk membaca asmaul husna?

Jawaban:
Selain sebagai contoh kebaikan, umat muslim juga bisa mengamalkan atau menyebut Asmaul Husna dalam setiap doa yang dipanjatkan. Bukan hanya itu, menyebut Asmaul Husna ini juga bisa diterapkan dalam keseharian atau saat melakukan kegiatan apa saja sebagai sikap senantiasa mengingat Allah.


16. Apa tujuan kita mempelajari Asmaul Husna?

Jawaban:
Kita wajib mempelajari Asmaul Husna agar kita dapat lebih mengenal Allah SWT. Agar kita lebih mudah dalam berdoa meminta kepada-nya. Selain itu agar kita sedapat mungkin berbuat baik dalam hubungan antara manusia dengan cara menirukan sifat-sifat baik Allah SWT itu.


17. Bagaimana Cara Meneladani Asmaul Husna dalam Kehidupan Sehari-Hari?

Jawaban:
1. Senantiasa Berbuat Baik Terhadap Sesama
2. Teguh Pendirian dalam Beribadah
3. Selalu Tunduk, Patuh dan Bersyukur
4. Memiliki Sifat Sabar dan Ikhlas
5. Bersungguh Sungguh dalam Menuntut Ilmu


18. Asmaul Husna yang mana yang bisa mengabulkan doa?

Jawaban:
Al Mujib adalah Asmaul Husna yang ke 44, artinya: maha mengabulkan. Asma ini dapat diamalkan sebagai dzikir yang berhubungan dengan doa, agar hajat dan harapan dapat dikabulkan oleh Allah Swt.


19. Apa manfaat jika kita berdoa sambil menyebut Asmaul Husna?

Jawaban:
Jika doa kita dikabulkan oleh Allah SWT, maka bertambahlah keuntungan yang tidak ternilai harganya dengan kita mengagungkan nama Allah SWT. Dengan ayat ini dijelaskan manfaat pelafalan Asmaul Husna akan mendapatkan balasan dari doa-doa yang telah dipanjatkan dan membuka pintu rejeki.


20. Ya Allah ya karim artinya apa?

Jawaban:
Dijelaskan dalam buku Aqidah Akhlak susunan Syafiuddin & Machnunah Ani Zulfah, bahwa Al-Karim berarti Allah Yang Maha Mulia. Al-Karim juga bermakna Yang Maha Pemurah atau Yang Maha Dermawan.