Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

17 Soal (Essay) Berpakaian Sesuai Syariat Beserta Jawaban

Kumpulan Soal (Uraian) Materi Berpakaian Sesuai Syariat

1. Apa dalil tentang berpakaian menurut syariat Islam?

Jawaban:
Allah Swt. berfirman dalam QS. al-A'raf ayat 26 yang berbunyi: Hai anak Adam, sesungguhnya Kami telah menurunkan kepadamu pakaian untuk menutup auratmu dan pakaian indah untuk perhiasan. Dan pakaian takwa itulah yang paling baik.


2. Bagaimana tata cara berpakaian sesuai syariat Islam ?

Jawaban:
Pakaian yang digunakan tidak menyerupai lawan jenis. Pakaian yang digunakan hendaknya menutupi seluruh aurat. Pakaian yang digunakan tebal, tidak tipis dan menerawang. Pakaian yang digunakan tidak sempit ( longgar )


3. Apa makna sebenarnya dari tujuan berpakaian sesuai syariat?

Jawaban:
Berbusana muslim/muslimah selain menjadi sarana untuk menjaga pandangan dari nafsu syahwat, juga memberikan pengaruh dalam persepsi sosial dan tingkah laku seseorang untuk tetap berusaha berada dalam aturan Islam.


4. Apa hikmahnya berpakaian sesuai syariat?

Jawaban:
Pilihlah baju muslim yang sesuai dengan syariat Allah agar senantiasa diberikan perlindungan dan terhindar dari Azab Allah SWT. Hal ini karena menjaga dan menutup aurat dari seseorang yang bukan mahram merupakan salah satu hal yang bisa menjaga kehormatan sekaligus mentaati perintah Allah SWT


5. Seperti apakah ketentuan berpakaian yang sesuai syariat islam jelaskan?

Jawaban:
Dalam pandangan KH Ali Mustafa Yaqub, walaupun Islam tidak merekomendasikan satu model pakaian tertentu, tetapi Islam memiliki aturan umum berpakaian. Aturan umum ini diistilahkan oleh almarhum dengan 4T, yaitu tidak terbuka (tutup aurat), tidak transparan, tidak ketat, dan tidak menyerupai lawan jenis.


6. Bagaimana adab berpakaian yang sesuai dengan syariat islam?

Jawaban:
Baik orang Islam laki-laki maupun orang Islam perempuan wajib menutup aurat dalam berpakaian jika dapat dilihat oleh yang bukan mukhrim. Terutama bagi wanita jangan berpakaian yang ketat.