Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

30 Soal (Essay) Dakwah Nabi Muhammad SAW di Mekkah Beserta Jawaban

Kumpulan Soal (Uraian) Materi Dakwah Nabi Muhammad SAW di Mekkah

1. Bagaimana dakwah Nabi Muhammad Saw di Mekah?

Jawaban:
Secara umum, dakwah Nabi Muhammad SAW di periode Mekkah meliputi dakwah dalam bidang ketuhanan, pendidikan, dan pembinaan baik secara sembunyi-sembunyi maupun terang-terangan.


2. Dakwah Nabi Muhammad Saw di Mekkah dilakukan di?

Jawaban:
Nabi mengajak orang-orang yang terdekat dengannya. Tujuannya, agar mereka lebih dulu percaya kepada seruannya dan mengikutinya. Tempat yang beliau pilih untuk berdakwah adalah rumah al-Arqam bin Abil Arqam al Akhzumi


3. Dakwah Rasulullah SAW di kota Mekah dilakukan selama?

Jawaban:
Dakwah Nabi Muhammad Saw. di Makkah selama tiga belas tahun penuh dengan rintangan dan Allah Swt. dalam Q.S. An-Najm ayat 62 pernah memerintahkan Rasul agar hijrah ke Abasya pada tahun keempat kenabiannya. “Nabi Muhammad Saw. melakukan dakwah secara terang-terangan di Makkah selama sepuluh tahun.


4. Apa saja yang menjadi prioritas dakwah Nabi di Mekah?

Jawaban:
Islam mengajarkan dan meperingatkan kepada manusia, bahwa dunia dunia ini hanya sementara dan tempat yang abadi adalah akhirat. Nabi Muhammad memprioritaskan dakwahnya kepada ajakan untuk mempercayai adanya hari pembalasan.


5. Fase Makkah dibagi menjadi 3 tahapan dakwah yaitu?

Jawaban:
Pelaksanaan dakwah pada fase Mekkah dapat dibagi menjadi tiga tahapan yaitu tahapan dakwah secara rahasia, tahapan dakwah secara terang-terangan dan tahap dakwah di luar Mekkah yang berlangsung pada akhir tahun kesepuluh dari kenabian sampai hijrah ke Madinah.


6. Tempat dakwah Pertama Nabi Muhammad shallallahu salam kepada penduduk Mekah bernama?

Jawaban:
"Rumah Arqom menjadi Madrasah pertama bagi kaum muslimin saat itu," katanya. Rumah ini menjadi tempat berkumpulnya orang-orang pertama yang memeluk Islam. Di sinilah Rasulullah SAW mendidik mereka untuk menjadi jiwa yang tangguh dalam berdakwah dan membela Islam. Semakin lama, perkumpulan umat Islam ini semakin banyak.


7. Apa Penyebab Keberhasilan dakwah Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi wa Sallam di mekah?

Jawaban:
empat hal yang melatar belakangi keberhasilan dakwah Rasul tersebut diantaranya : pertama, stabilitas pribadi, kedua stabilitas keluarga, ketiga stabilitas ekonomi dan keempat stabilitas akhlak,


8. Strategi dakwah Nabi Muhammad di Mekkah dapat dibagi menjadi dua aspek yaitu?

Jawaban:
Ada dua strategi dakwah yang dilakukan yaitu strategi secara diam-diam atau sembunyi-sembunyi dan strategi secara terang-terangan


9. Materi dakwah nabi muhammad periode Mekah lebih fokus pada masalah?

Jawaban:
Di periode Makkah ini, dakwah Nabi Muhammad kepada masyarakat Makkah lebih terfokus pada peningkatan kualias aqidah atau ketauhidan, dan mengajak mereka untuk meninggalakan segala bentuk peribadatan yang menyembah selain Tuhan yang Maha Esa sahaja yaitu Allah.


10. Masyarakat Mekah menolak dakwah Nabi karena?

Jawaban:
Semua itu tidak lantas membuat dakwah Rasulullah SAW pada periode Mekah berjalan mulus. Beliau harus menemui berbagai bentuk penolakan ajaran Islam dari kaum quraisy. Salah satu sebab kaum Quraisy menolak ajaran Islam adalah perasaan sombong dan tinggi hati mengikuti kebesaran Allah SWT dan rasulNya.