Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

16 Soal (Essay) Dinasti Umayyah Beserta Jawaban

Kumpulan Soal (Uraian) Materi Dinasti Umayyah

1. Siapakah yang mendirikan Dinasti Umayyah?

Jawaban:
Dinasti Bani Umayah yang didirikan oleh Muawiyah berumur sekitar 90 tahun


2. Bagaimana sejarah berdirinya Dinasti Bani Umayyah?

Jawaban:
Dinasti Bani Umayyah berhasil didirikan bukan hanya karena kemenangan diplomasi Mu'awiyah bin Abu Sufyan atas peristiwa Perang Shiffin, bagian dari Perang Saudara Islam I akibat terbunuhnya Utsman bin Affan tadi.


3. Berapa tahun masa kekuasaan Dinasti Umayyah?

Jawaban:
Dinasti / Daulah Umayyah berkuasa hampir satu abad, yaitu selama 90 tahun, dengan 14 ( empat belas ) khalifah.


4. Mengapa diberi nama Dinasti Umayyah?

Jawaban:
Asal-usul nama dinasti Umayyah, berasal dari nama kakek khalifah pertama, yaitu: Muawiyah bin Abu Sufyan, atau disebut Muawiyah I. Dinasti Umayyah, mulai terbentuk sejak terjadinya peristiwa perang takhin pada perang Shiffin.


5. Apa saja kemajuan masa Bani Umayyah?

Jawaban:
Adapun beberapa kemajuan dalam bidang ilmu pengetahuan pada masa Daulah Umayyah di antaranya:
1. Pengembangan Bahasa Arab.
2. Berdirinya kota pusat kegiatan ilmu.
3. Berkembangnya ilmu qira'at (ilmu seni baca Al Quran)
4. Berkembangnya ilmu tafsir.
5. Berkembangnya ilmu hadis.
6. Berkembangnya ilmu fikih.
7. Berkembangnya ilmu nahwu.
8. Berkembangnya ilmu jughrafi (ilmu bumi) dan tarikh (sejarah) Gencarnya usaha penerjemahan buku-buku pengetahuan dari bahasa lain ke bahasa Arab


6. Apa yang menyebabkan runtuhnya Dinasti Umayyah?

Jawaban:
Penyebab langsung tergulingnya kekuasaan dinasti Bani Umayyah adalah munculnya kekuatan baru yang dipelopori oleh keturunan al-Abbas ibn Abd al-Muthalib. Gerakan ini mendapat dukungan penuh dari Bani Hasyim dan golongan Syi'ah, dan kaum mawali yang merasa dikelas duakan oleh pemerintahan Bani Umayyah


7. Siapa saja pemimpin yang terkenal di Daulah Umayyah?

Jawaban:
Nama-nama khalifah Bani Umayyah yang tergolong menonjol adalah Muawiyah bin Abi Sufyan (661-680), Abd al-Malik ibn Marwan(685-705 M), al-Walid ibn Abd al-Malik (705-715 M), Umar ibn Abd al-Aziz(717-720 M), dan Hisyam ibn Abd al-Maalik (724-743 M).


8. Siapa khalifah pertama dari Bani Umayyah?

Jawaban:
Muawiyah bin Abu Sufyan atau Muawiyah I adalah pendiri Kekhalifahan Bani Umayyah yang berkuasa antara tahun 661 sampai 680. Ia merupakan salah satu sahabat Nabi dan juga merupakan saudara tiri dari Ummu Habibah Ramlah, salah satu istri Nabi Muhammad


9. Kapan Dinasti Bani Umayyah runtuh?

Jawaban:
Keruntuhan Dinasti Umayyah benar-benar terjadi pada tahun 748 M. Pasukan Abbas bin Abdul Muáš­alib yang didukung oleh pasukan Abu Muslim al-Khurasani menang dalam pertempuran Zab Hulu melawan pasukan Khalifah Marwan.


10. Di mana tempat berdirinya Daulah Umayyah?

Jawaban:
Kekhalifahan Bani Umayyah berdiri pada tahun 661 dengan pusat pemerintahan di Damaskus, Suriah


11. Pada masa siapa Bani Umayyah mencapai puncak kejayaan?

Jawaban:
Dikutip dari buku Bangkit dan Runtuhnya Khilafah Bani Umayyah karya Prof. Dr. Abdussyafi Muhammad Abdul Lathif, masa kejayaan Bani Umayyah terjadi pada dua periode pemerintahan. Keduanya adalah saat Bani Umayyah dipimpin Al Walid bin Abdul Malik (89-96 H)/(705-715 M) dan Umar bin Abdul Aziz (99-101 H)/(717-720 M).


12. Apa bahasa resmi Daulah Umayyah?

Jawaban:
Pemerintah Bani Umayyah menjadikan Bahasa Arab sebagai bahasa resmi dalam administrasi pemerintahan di berbagai wilayah. Hal ini kemudian mendorong lahirnya ahli bahasa, yaitu Sibawaihi, yang menghasilkan karya berjudul Al-Kitab yang menjadi pedoman ilmu tata Bahasa Arab hingga saat ini.


13. Siapa khalifah Dinasti Umayyah yang terakhir?

Jawaban:
Marwan bin Muhammad bin Marwan, bergelar Marwan II (688 - 750), merupakan Khalifah Bani Umayyah yang berkuasa dari 744 sampai 750 saat ia terbunuh. Ia merupakan khalifah terakhir Bani Umayyah yang berkuasa dari Damaskus. Sebelum menjadi khalifah, Marwan telah menjabat sebagai Gubernur Azerbaijan.


14. Apakah bukti keberhasilan Bani Umayyah yang masih terlihat hingga sekarang?

Jawaban:
Bangunan masjid peninggalan Dinasti Umayyah lainnya yang masih bisa kita saksikan hingga hari ini adalah Masjid Al-Aqsa (saat renovasi) dan Masjid Agung Umayyah di Damaskus yang dibangun pada masa Khalifah Al-Walid I. Selain bangunan masjid, Dinasti Umayyah juga meninggalkan banyak istana dan benteng pertahanan.


15. Apa hikmah kita mempelajari Bani Umayyah?

Jawaban:
Adapun hikmah dari mempelajari sejarah bani Umayyah adalah kita dapat mengetahui sejarah ilmu pengetahuan yang ada pada masa daulah Bani Umayyah, Kita juga dapat menambah wawasan mengenai sejarah Islam pada masa kepemimpinan Bani umayyah, Kita juga dapat meniru atau meneladani bagaimana tokoh-tokoh pada masa tersebut 


16. Siapa pendiri Bani Umayyah ke 2?

Jawaban:
Pada periode kedua, adalah pembentukan daulah Umayyah di Spanyol, sebagai pendirinya adalah Abd. alRahman I (al-Dakhil). Dia adalah cucu khalifah Umayyah ke10, yaitu Hisyam. Dia termasuk salah seorang yang lolos dari pembalasan dan pembantaian dari khalifah pertama Daulah Abbasiyah, Al-Safah