Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

15 Soal (Essay) Jujur Beserta Jawaban

Kumpulan Soal (Uraian) Materi Jujur

1. Apa yang dimaksud dengan jujur dalam Islam?

Jawaban:
Pengertian jujur dalam Islam adalah upaya untuk selalu menyelaraskan perbuatan dan perkataan. Keinginan untuk jujur menyebabkan seorang muslim selalu dapat dipercaya dalam tindakan, ucapan, dan aksi nyata setiap hari.


2. Mengapa jujur diharuskan dalam Islam?

Jawaban:
“Wajib bagi kalian untuk jujur, karena sesungguhnya jujur itu membawa pada kebaikan dan kebaikan itu membawa ke surga. Dan seseorang senantiasa jujur dan memilih kejujuran sehingga dicatat di sisi Allah sebagai orang yang jujur.


3. Jujur dalam Islam ada berapa?

Jawaban:
Jujur hati (shidq al-qalb), jujur dalam perkataan (shidq al-hadits) dan jujur dalam perbuatan (shidq al-`amal).


4. Apa pentingnya bersikap jujur?

Jawaban:
Sikap jujur akan melahirkan kepercayaan antara satu orang dan lainnya. Sikap jujur juga menjauhkan rasa curiga hingga kekhawatiran akan rusaknya sebuah kepercayaan yang dibangun.


5. Apa hikmah dari sifat jujur?

Jawaban:
mendapatkan kepercayaan dari orang lain, mendapatkan banyak teman, dan. mendapatkan ketentraman hidup karena tidak memiliki kesalahan terhadap orang lain.


6. Apa dampak bila orang tidak jujur?

Jawaban:
Berikut beberapa akibat dari ketidakjujuran:
Dinilai buruk oleh orang lain. Akan dijauhi dan ditakuti orang-orang. Mudah dicurigai orang lain. Tidak disukai orang-orang karena tidak dapat dipercaya.


7. Apakah ciri-ciri orang yang jujur?

Jawaban:
Ciri-Ciri Orang Jujur
1. Tidak Suka Basa-basi
2. Memiliki Kepribadian yang Tenang
3. Nada Bicara Stabil
4. Tidak Merasa Harus Menyenangkan Orang Lain
5. Memiliki Keyakinan yang Kuat
6. Tidak Takut untuk Dikucilkan
7. Tidak Melebih-lebihkan
8. Tidak Suka Bergosip di Belakang Orang Lain
9. Tidak Suka Membuat Alasan
10. Open Minded


8. Apa saja contoh sikap jujur?

Jawaban:
Berikut ini adalah 5 contoh sikap jujur:
1. Tidak berbohong kepada seseorang.
2. Mengembalikan barang yang bukan miliknya.
3. Tidak mencontek saat ulangan.
4. Mengakui segala kesalahan yang telah diperbuat.
5. Berkata apa adanya sesuai kebenaran.


9. Apa hukumnya berlaku jujur?

Jawaban:
Jujur merupakan sifat -sifat dari para nabi dan para sahabat, barang siapa mengikuti nabi dan para sahabat maka wajib baginya berperilaku jujur dalam kehidupannya. Jujur yaitu berkata dengan sebenar-benarnya dan sesuai antara lisan dan apa yang ada dalam hatinya.


10. Apa hadits tentang jujur?

Jawaban:
Dari Ibnu Mas'ud ra. ia berkata: Rasulullah Saw bersabda: “Wajib atasmu berlaku jujur, karena sesungguhnya jujur itu membawa kepada kebaikan dan kebaikan itu membawa ke surga. 


11. Bagaimana agama mengatur tentang kejujuran?

Jawaban:
Tidak ada perbuatan dan ucapan baik kecuali kejujuranlah yang mendasarinya. Oleh sebab itu, Allah menyuruh orang-orang mukmin agar selalu berkata benar dan jujur. “Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kamu kepada Allah dan katakanlah perkataan yang jujur/benar” (al-Ahzab 33: 70).


12. Apa ciri ciri jujur kepada diri sendiri?

Jawaban:
Contoh jujur kepada diri sendiri lainnya adalah mampu mengakui kesalahan. Bertindak seolah-olah tidak melakukan kesalahan atas apa yang Anda perbuat akan menempatkan Anda pada posisi yang lebih buruk. Mengakui dan menerima perasaan dan emosi yang sedang Anda rasakan juga termasuk contoh jujur kepada diri sendiri.


13. Kepada siapa kita harus jujur?

Jawaban:
Nabi Muhammad saw. menyuruh kita selalu bersikap jujur. Jujur kepada Allah, kepada diri sendiri, kepada orang tua, guru, dan semua orang.


14. Apa Akibat Sering Berbohong dalam Islam?

Jawaban:
Orang-orang yang suka berbohong, lanjutnya, akan dilaknat Allah swt, yaitu dia akan tertolak dari rahmat-Nya. “Sifat bohong menyebabkan pelakunya menjadi fakir dan bodoh. Dia tidak akan memiliki pangkat kemuliaan, baik di dunia maupun di akhirat.


15. Apa imbalan orang yang selalu berkata jujur?

Jawaban:
Janji Allah kepada orang yang berkata jujur adalah ampunan atas segala dosa serta pahala yang besar berupa surga di akhirat.