Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

8 Soal (Essay) Menuntut Ilmu Beserta Jawaban

Kumpulan Soal (Uraian) Materi Menuntut Ilmu

1. Apa keutamaan dalam menuntut ilmu?

Jawaban:
Menuntut Ilmu Dapat Mengangkat Derajat:
Allah niscaya akan mengangkat orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat. Allah Mahateliti terhadap apa yang kamu kerjakan." (QS. Al-Mujadalah: 11).


2. Apa fungsi dan tujuan menuntut ilmu?

Jawaban:
Seseorang yang menuntut ilmu akan ditinggikan derajatnya. Pengetahuan menjadi lebih luas dan bisa berpikiran lebih terbuka. Ilmu yang dipelajari bisa bermanfaat untuk banyak orang. Bisa dijadikan bekal untuk hidup di dunia serta akhirat nanti


3. Apa itu menuntut ilmu dalam Islam?

Jawaban:
Islam mewajibkan kepada umatnya untuk menuntut ilmu. Bahkan ayat pertama yang turun kepada Rasulullah SAW saat menjadi nabi adalah salam surat Al-'Alaq yang memiliki arti 'Bacalah.' (QS Al'alaq: 1). Keutamaan ilmu, belajar dan mengajarkan ilmu sangat penting dalam Islam.


4. Kenapa kita harus menuntut ilmu dan keutamaan apa saja yang dimiliki oleh orang yang menuntut ilmu?

Jawaban:
Menuntut Ilmu Adalah Jalan Menuju Surga:
Bahkan, ia menjadi janji dari Allah SWT bagi banyak amalan shalih yang dilakukan oleh umat Islam. Oleh karena itu saat Allah SWT menjadikan ilmu sebagai jalan utama menuju surga, maka ini menunjukkan besarnya keutamaan menuntut ilmu.


5. Apa saja ciri ciri orang yang berilmu?

Jawaban:
Perilaku Orang Yang Berilmu
1. Tenang dalam berpikir, bersikap, dan berperilaku.
2. Suka kenyamanan, keamanan, dan ketertiban.
3. Selalu berwajah ceria dan lapang dada.
4. Berusaha mengembangkan ilmu yang dimiliki.
5. Beraktivitas yang bermanfaat untuk diri sendiri dan orang lain.


6. Apa akibat jika tidak menuntut ilmu?

Jawaban:
Ia tidak akan bisa membedakan mana yang baik dan mana yang buruk. Dalam beribadahpun ia tidak akan bisa menjalankan dengan benar apabila tidak berlimu. Selain itu, ia juga akan mudah terjerumus ke jalan yang salah.


7. Apa keutamaan orang berilmu?

Jawaban:
Nabi saw. bersabda, “Keutamaan orang yang berilmu (yang mengamalkan ilmunya) atas orang yang ahli ibadah adalah seperti utamanya bulan di malam purnama atas semua bintang-bintang lainnya.”


8. Apa saja adab dalam menuntut ilmu?

Jawaban:
Menaati perintah Allah SWT dan menjauhi laranganNya:
Terutama dalam hal melakukan pengembangan ilmunya. Artinya: "Kemudian, jika kamu berbeda pendapat tentang sesuatu, maka kembalikanlah kepada Allah (Al-Qur'an) dan Rasul (sunnahnya), jika kamu beriman kepada Allah dan hari kemudian.