Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

17 Soal (Essay) Perbuatan Zina Beserta Jawaban

Kumpulan Soal (Uraian) Materi Perbuatan Zina 

1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan perbuatan zina?

Jawaban:
Zina merupakan perbuatan hubungan intim yang dilakukan oleh dua pasang manusia yang tidak memiliki hubungan perkawinan sebelumnya. Zina termasuk salah satu perbuatan yang tidak boleh dilakukan oleh setiap manusia dengan alasan apa pun.


2. Apa saja penyebab perbuatan zina?

Jawaban:
Perkara yang menjadi penyebab seseorang melakukan zina adalah: memandang wanita yang tidak halal baginya, berkhalwat (berduaan) di tempat sepi.


3. Apakah sholat kita diterima setelah berzina?

Jawaban:
Dosa Zina Ada Jalan Keluarnya, Shalatnya Akan Diterima dan Diampuni Allah, Ini Kata Ustadz Khalid Basalamah


4. Apa dampak dari perbuatan zina?

Jawaban:
Pelaku dari perbuatan zina akan kehilangan kehormatan, martabat, dan harga dirinya di masyarakat. Bahkan pelaku zina dapat dianggap menjijikan dan menjadi sampah bagi masyarakat. Pelaku zina dapat membawa pelakunya pada kemiskinan.


5. Zina dibagi menjadi berapa?

Jawaban:
Jenis Zina
1. Zina Al-Laman
2. Zina Muhsan
3. Zina Ghairu Muhsan.


6. Apa bahaya dari perbuatan zina?

Jawaban:
Bahaya zina menimbulkan banyaknya penyakit yang sebelumnya belum muncul tetapi saat ini sudah marak terjadi seperti penyakit gonore atau raja singa. Dampak dari perbuatan zina terdapat dalam Q.S. An-Nur ayat 2,” papar Ustaz Budi


7. Berapa lama dosa zina?

Jawaban:
"Zina adalah dosa besar dan kehinaan. Zina adalah hina di diri dan keluarga, semua dosa bisa dengan mudah dihapus kecuali zina," kata Buya Yahya


8. Bagaimana cara menebus dosa zina?

Jawaban:
Taubat nasuha untuk zina harus dilaksanakan secara sungguh-sungguh karena zina merupakan dosa yang sangat besar. Selain itu, taubat nasuha juga harus diiringi dengan sholat taubat , yakni sholat sunnah dua rakaat yang dilakukan untuk memohon ampun kepada Allah.


9. 5 Langkah menghindari perbuatan zina?

Jawaban:
Cara Menghindari Zina
1. Menjaga Pandangan.
2. Menjaga Cara Berpakaian
3. Mengatur Cara Berkomunikasi
4. Membatasi Ikhtilath
5. Menikah


10. Apakah zina bisa menutup pintu rezeki?

Jawaban:
Berzina dikategorikan dalam dosa besar yang mana Allah SWT sangat membenci perbuatan ini. Allah SWT akan melaknat setiap langkah pelaku zina yang dengan sengaja melakukannya. Allah SWT akan pula menutup setiap pintu rezeki bagi mereka yang terus melakukan zina dan tidak bertaubat.


11. Apa hikmah bagi orang yang meninggalkan zina?

Jawaban:
Manfaat dan hikmah menjauhi zina antara lain: Terhindar dari azab Allah swt. Terhindar dari penyakit kelamin. Terhindar dari dosa besar.


12. Apa saja contoh zina mata?

Jawaban:
Zina mata, yaitu zina yang dilakukan dengan menggunakan indra mata. Yakni melihat hal-hal yang dilarang oleh agama. Misalnya aurat orang lain.


13. Pezina Seperti apa yang Allah murkai?

Jawaban:
Pasalnya, seseorang yang pernah melakukan zina seharusnya menyembunyikan atau merahasiakan perbuatannya itu karena merasa malu kepada Allah SWT. Jadi, jika ia justru merasa bangga melakukannya, maka Allah akan murka.


14. Apa hukumnya berzina sebelum menikah?

Jawaban:
Zina termasuk salah satu dosa besar dalam ajaran Islam. Oleh karenanya, dosa zina akan mendapatkan hukuman khusus di dunia. Hukum zina sebelum menikah haram


15. Apa doa taubat zina?

Jawaban:
ALLAHUMMA ANTA RABBII LAA ILAAHA ILLA ANTA. KHALAQTANII WA ANAA 'ABDUKA WA ANAA 'ALAA 'AHDIKA WAWA'DIKA MAS TATHA'TU A-'UUDZU BIKA MIN SYARRI MAA SHANA'TU ABUU-U LAKA BINI' MATIKA 'ALAYYA WA-ABUU U BIDZANBII FAGHFIRLB FAINNAHU LAA YAGHFIRUDZ DZUNUUBA ILLAA ANTA


16. Pelaku zina yang belum menikah di sebut?

Jawaban:
Pezina ghairu muhsan adalah pelaku yang belum pernah menikah dan tidak memiliki pasangan sah (fornikasi).


17. Apakah zina bisa merusak keturunan?

Jawaban:
Akibat perilaku zina identitas generasi suatu keluarga akan rusak, karena tidak diikat oleh pernikahan yang sah. Jika wanita yang berzina hamil dan untuk menu- tupi aibnya ia mengugurkan kandungannya, maka dia telah berzina dan juga telah membunuh jiwa yang tidak berdosa.