Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Soal (Essay) Perkembangan Islam Pada Masa Abad Pertengahan Beserta Jawaban

Kumpulan Soal (Uraian) Materi Perkembangan Islam Pada Masa Abad Pertengahan 

1. Mengapa Islam di Abad Pertengahan mengalami kemajuan?

Jawaban:
Faktor lain yang mendorong kemajuan peradaban Islam, yakni dengan didirikannya banyak perpustakaan sebagai pusat kajian ilmu pengetahuan dan penerjemahan. Perpustakaan yang sangat tenar di masa Bani Abbasiyah bernama Bayt Al-Hikmah


2. Dalam perkembangan agama Islam pada periode pertengahan ada yang dikenal dengan istilah masa masa Tiga Kerajaan Besar Kerajaan apakah yang dimaksud?

Jawaban:
Masa Pertengahan dalam Periodesasi Sejarah Islam merujuk pada masa eksistensi tiga kerajaan besar yakni Kerajaan Usmani di Turki, Kerajaan Safawi di Persia dan Kerajaan Mughal di India.


3. Bagaimana pola pendidikan Islam pada masa pertengahan?

Jawaban:
Pada Abad Pertengahan, metode pengajaran yang dilakukan umat Muslim di tingkat perguruan tinggi mengusung pendidikan kritis.


4. Mengapa Islam mengalami kemunduran pada abad pertengahan?

Jawaban:
Kemunduran Islam pada abad pertengahan, pada umumnya yang menjadi penyebab diantaranya adalah sebagai berikut: Tidak menjaga dengan baik Wilayah kekuasaan yang luas. Penduduknya sangat heteregin sehingga mengalami kendala dalam penyatuan. Para penguasanya lemah dalam kepemimpinannya.


5. Peradaban Islam pada abad pertengahan adalah sejarah di mana umat Islam mencapai puncak kejayaannya Hal ini telah terjadi pada kurun waktu?

Jawaban:
Zaman Kejayaan Islam (kira-kira antara tahun 692 dan 945) dengan rentang waktu dari Kekhalifahan Umayyah (661-750) dan khususnya, fase awal dari penggantinya, Kekhalifahan Abbasiyah (750–1258), dengan struktur politik yang stabil dan perdagangan yang berkembang.