Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

96 Soal (Essay) Shalat dan Jawaban

Kumpulan Soal (Uraian) Materi Shalat

1. Sholat itu apa ?

Jawaban:
Menurut bahasa shalat artinya adalah berdoa, sedangkan menurut istilah shalat adalah suatu perbuatan serta perkataan yang dimulai dengan takbir dan diakhiri dengan salam sesuai dengan persyaratkan yang ada


2. Apa tujuan kita mendirikan shalat?

Jawaban:
Memberikan ketenangan dalam diri baik lahir maupun batin. Mendapatkan kecintaan kepada Allah SWT. Mencegah perbuatan keji dan mungkar. Sholat akan menyucikan dan membersihkan jiwa.


3. Shalat ada berapa dan apa saja?

Jawaban:
Shalat wajib yang ada dalam Islam ada 5 yang di mana jika ditotal menjadi 17 rakaat. Subuh (2 rakaat), Dzuhur (4 rakaat), Ashar (4 rakaat), Maghrib (3 rakaat), dan Isya (4 rakaat).


4. Apa manfaat bagi orang yang rajin shalat?

Jawaban:
Dalam tauziyahnya Ma'mun juga menjelaskan secara rinci detil manfaat-manfaat shalat baik manfaat shalat sebagai simbol ketenangan, cahaya hidup manusia, obat dari setiap kelalaian hidup, sebagai solusi problematika hidup, pencegah dari perbuatan keji dan munkar, juga fungsi dan manfaat shalat menghapus dosa.


5. Apa hukum shalat?

Jawaban:
Hukum salat ini adalah Fardhu 'Ain, yakni wajib dilaksanakan oleh setiap Muslim atau muslimah yang telah menginjak usia dewasa (pubertas), kecuali berhalangan karena sebab tertentu.


6. Apa saja rukun shalat dan penjelasannya?

Jawaban:
Rukun Shalat Ada Berapa? ini yang Harus Diketahui Muslim
1. Berdiri  Saat menjalankan salat, rukun pertama yang harus kita penuhi yaitu berdiri. Di rukun ini ada pengecualian untuk orang-orang yang sudah tidak mampu berdiri, mereka dapat salat dengan duduk atau berbaring. 
2. Niat Niat dapat dibaca dengan lisan yang mencakup nama salat yang dikerjakan, jumlah rakaat, dan pelaksanaannya karena Allah SWT. Yang wajib ialah niat di dalam hati. Niat dalam hati dan lisan dianjurkan agar lebih kuat. Niat dapat dapat menggunakan bahasa Arab atau Indonesia.  
3. Takbiratul ihram Takbiratul ihram adalah bacaan takbir Allahu Akbar saat mengawali salat.  
4. Membaca surat Al-Fatihah Surat Al-Fatihah wajib dibaca pada setiap rakaat. 
5. Rukuk dan tumakninah Rukuk adalah gerakan membungkukkan badan dengan kedua tangan memegang lutut yang dilakukan dengan tidak tergesa-gesa. Badan dan kepala yang membungkuk dengan posisi datar sehingga membentuk sudut 90 derajat. Posisi ini harus diam sejenak.
6. Iktidal dan tumakninah Badan ditegakkan untuk beriktidal dengan tumakninah atau diam sejenak. 
7. Sujud dengan tumakninah Selanjutnya sujud dengan tumakninah. Sujud dilakukan dua kali yang dihubungkan dengan duduk di antara dua sujud.  
8. Duduk di antara dua sujud Setelah sujud pertama di setiap rakaat, duduk di antara dua sujud dengan tumakninah. Setelah itu lakukan sujud yang kedua dengan tumakninah. 
9. Duduk tasyahud akhir Di rakaat terakhir salat, setiap orang harus melakukan duduk tasyahud akhir sebelum salam. 
10. Membaca tasyahud akhir Wajib membaca bacaan tasyahud akhir, saat gerakan rakaat terakhir salat. 
11. Membaca salawat nabi Wajib membaca salawat yang dikirimkan kepada Nabi Muhammad dan Nabi Ibrahim serta keluarganya. 
12. Salam Baca salam dengan menggerakkan kepala ke kanan dan ke kiri. 
13. Tertib Rukun terakhir ini berarti melakukan salat atau semua rukun salat dengan beraturan.


7. Apa akibatnya bagi orang yang meninggalkan shalat?

Jawaban:
Orang yang meninggalkan sholat akan mendapat hukuman dan kemurkaan Allah SWT serta mendapatkan kehinaan di dunia dan di akhirat.


8. Sholat apa agar hidup tidak susah?

Jawaban:
keutamaan amalan ini juga menghindarkan seseorang dari hidup susah atau rezekinya seret. Amalan tersebut adalah, sholat dua rokaat sebelum melaksanakan sholat Subuh atau yang dinamakan sholat sunnah qobliyah subuh.


9. Shalat apa yang bisa mengabulkan doa?

Jawaban:
Sholat Hajat merupakan salah satu dari sekian Sholat Sunnah yang dilaksanakan untuk memohon kepada Allah Ta'ala agar mengabulkan hajat (Keinginan) seseorang.


10. Apa hikmah dari shalat?

Jawaban:
Dengan shalat, Allah akan mengampuni dosa-dosa yang ada di antara satu shalat dengan shalat berikutnya. Shalat juga dapat membersihkan diri dari kesalahan dan dosa yang dilakukan secara sengaja atau tidak. Orang yang shalat dengan khusyuk akan selalu berusaha untuk menjaga lahir dan batinnya selalu bersih.


11. Gimana caranya biar rajin shalat?

Jawaban:
Cara agar rajin sholat yang pertama adalah dengan menjadikan sholat fardhu sebagai prioritas. Jika menganggap sholat fardhu sebagai aktivitas yang paling penting, maka akan mensugesti pikiran dan tubuhmu untuk selalu menjalankannya. Hal ini sebagaimana yang terjadi dengan aktivitas makan 3 kali sehari.


12. Kenapa sholat itu tiang agama?

Jawaban:
Shalat adalah tiang agama. Hal ini disebutkan dalam hadist Rasulullah yang diriwayatkan oleh Baihaqi “Shalat itu adalah tiang agama (Islam), maka barangsiapa mendirikannya maka sungguh ia telah mendirikan agama; dan barangsiapa meninggalkannya, maka sungguh ia telah merubuhkan agama” Shalat adalah kunci surga


13. Anggota sujud ada berapa?

Jawaban:
Tidak hanya menempelkan dahi saat sujud, Rasulullah SAW juga menempelkan sejumlah anggota tubuh lainnya kala sujud. Para ulama sepakat, ada tujuh anggota tubuh yang dimaksud, yakni kedua telapak tangan, kedua lutut, dan kedua ujung kaki lantai seperti diriwayatkan dari Ibnu Abbas RA.


14. Kapan sebaiknya kamu salat?

Jawaban:
Sebagaimana sabda Rasulullah yang dicatat dalam Hadits Riwayat Bukhari-Muslim, yaitu: “Perbuatan yang paling mulia ialah shalat pada awal waktunya.” Sekalipun dianjurkan melaksanakan shalat fardhu di awal waktu, mengerjakan shalat fardhu diakhir waktu juga diperbolehkan


15. Apa rukun shalat yang paling pertama?

Jawaban:
Saat menjalankan salat, rukun pertama yang harus kita penuhi yaitu berdiri. Di rukun ini ada pengecualian untuk orang-orang yang sudah tidak mampu berdiri, mereka dapat salat dengan duduk atau berbaring.


16. Waktu dilarang sholat jam berapa?

Jawaban:
Saat matahari terbit hingga muncul seluruh bulatannya di ufuk, umat Islam dilarang untuk melakukan sholat sunnah mutlak.


17. Jika shalat tidak sah apakah dosa?

Jawaban:
Bahwa orang yang shalat tanpa bersuci secara sengaja atau lupa, maka shalatnya batal dan dia harus mengulanginya. Kalau dia sengaja, maka dia telah terjerumus dalam dosa dan kemaksiatan besar.


18. Sholat minta rezeki jam berapa?

Jawaban:
Sholat dhuha menjadi salah satu amalan sunnah ampuh untuk memperlancar rezeki seseorang. Sholat ini dilakukan di pagi hari mulai dari matahari naik hingga menjelang waktu dzuhur.


19. Apakah boleh shalat malam tanpa tidur?

Jawaban:
Bila melaksanakan sholat malam dengan memahaminya sebagai qiyamul lail maka dapat dikerjakan tanpa didahului tidur terlebih dahulu.


20. Sholat apa yg cepat dikabulkan?

Jawaban:
Sholat hajat merupakan ibadah yang dianjurkan untuk umat islam yang memiliki suatu hajat dan keinginan agar segera dikabulkan oleh Allah SWT


21. Sholat malam apa saja setelah tidur?

Jawaban:
Sholat sunnah tahajud sering juga disebut dengan sholat malam. Sholat ini memang dilaksanakan di malam hari setelah tidur. Waktu untuk menjalankan sholat sunnah tahajud cukup panjang yakni mulai dari setelah isya hingga sebelum masuk ke waktu sholat subuh.


22. Kepada siapa saja diwajibkan shalat jelaskan?

Jawaban:
Salat lima waktu hukumnya wajib bagi umat muslim. Syarat wajib salat ialah wanita dan pria yang dewasa atau sudah balig, berakal, bersuci, dan melaksanakan salat pada waktunya.


23. Mengapa shalat membuat hati menjadi tenang dan tentram?

Jawaban:
Shalat dapat menenangkan hati, pikiran, dan jiwa yang gundah juga fisik yang letih akibat tenaga terlalu banyak diforsir. Sebab, dalam shalat, seseorang sejatinya tengah menghadap Allah SWT, meninggalkan sejenak kesibukan duniawi untuk memberikan kesempatan bagi rohani atau jiwanya untuk berkomunikasi dengan-Nya.


24. Orang malas sholat Pertanda Apa?

Jawaban:
Penyebab utama seseorang malas dalam beribadah adalah karena orang tersebut bergelimang dengan perbuatan dosa dan maksiat. Terkhusus dosa kecil yang sering diremehkan dan dilupakan kebanyakan manusia. Padahal salah satu sebab lesu, malas, dan meremehkan ibadah dan ketaatan.


25. Apa hikmah shalat 5 waktu?

Jawaban:
Diantara beberapa hikmah sholat 5 waktu adalah sebagai berikut: 
1) Mendidik disiplin dan menghargai waktu. 
2) Menyadarkan manusia tentang hakekat dirinya yang merupakan hamba Allah SWT yang harus senantiasa menyembahnya. 
3) Menanamkan nilai tidak ada yang memberi kenikmatan dan pertolongan selain Allah SWT


26. Mengapa kita tidak boleh meninggalkan shalat lima waktu?

Jawaban:
Sebab sholat menjadi ibadah paling utama dihisab di hari kiamat. Namun bagi mereka yang tidak menjaga sholat, maka ada kerugian besar yang bisa mengintai di hari kiamat yakni tidak akan diselamatkan.


27. Laki-laki lebih baik sholat dimana?

Jawaban:
Tempat terbaik untuk shalat wajib bagi laki-laki yang sehat adalah masjid


28. Berapa pahala shalat sendiri?

Jawaban:
Melakukan sholat secara sendiri yang hanya mendapatkan 1 pahala kebaikan.


29. Apa yang dimaksud shalat secara khusyuk?

Jawaban:
Khusyu'adalah mereka yang melakukan shalat yang anggota tubuhnya tenang dan jiwanya menghadirkan hati kepada Allah. diri, menghambakan diri kepada Allah SWT seperti shalat dan berdoa memohon sesuatu dari Allah SWT


30. Mengapa kita harus tetap sholat walaupun dalam keadaan sakit?

Jawaban: 
Karena kita pun walau sakit juga harus melaksanakan sholat untuk memohon kesembuhan kepada Allah SWT


31. Apa hukumnya hidung menempel saat sujud?

Jawaban: 
Hadis ini menunjukkan, menempelkan hidung ketika sujud hukumnya wajib. Dan ini merupakan pendapat Imam Ahmad & Ibnu Habib (ulama Malikiyah). (al-Majmu' Syarh Muhadzab, 4/208).


32. Bolehkah sujud terhalang mukena?

Jawaban: 
Kalau bagian mukena atas (mukena yang menempel sekitar dahi) atau pecis ada yang menutupi dahi, tetapi masih ada bagian dahi yang terbuka lalu menempel pada tanah atau lantai, maka sujud dan shalat tetap sah.