Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

35 Soal (Essay) Zakat Beserta Jawaban

Kumpulan Soal (Uraian) Materi Zakat

1. Apa yang dimaksud dengan zakat?

Jawaban:
Zakat adalah bagian tertentu dari harta yang wajib dikeluarkan oleh setiap muslim apabila telah mencapai syarat yang ditetapkan. Sebagai salah satu rukun Islam, zakat ditunaikan untuk diberikan kepada golongan yang berhak menerimanya (asnaf).


2. Zakat apa saja dalam Islam?

Jawaban:
Mengenal jenis zakat: 
1. Zakat Fitrah.
2. Zakat Mal.
3. Zakat Penghasilan.


3. Siapa yang berhak menerima 2.5 persen zakat penghasilan? 

Jawaban:
Ialah mereka para amil zakat, fakir, miskin, budak, gharim, mualaf, ibnu sabil, dan fi sabilillah.


4. Apa tujuan dari zakat?

Jawaban:
Tujuannya yaitu membersihkan serta mencuci harta kita dari hal-hal yang buruk ataupun sejenisnya


5. Apa manfaat dari zakat?

Jawaban:
Secara terperinci bahwa hikmah zakat adalah: 
Menyucikan jiwa manusia dari sifat keji, kikir, pelit, rakus, dan tamak. Zakat bisa membersihkan dan menyucikan orang yang menunaikannya karena zakat membersihkan akhlaknya dan menyucikan serta membersihkan jiwanya dari rasa bakhil dan berbagai akhlak tercela.


6. Kapan harus mengeluarkan zakat mal?

Jawaban:
Waktu untuk mengeluarkan zakat mal ini adalah ketika harta tersebut sudah mencapai nishab dan haul. Tidak ada ketentuan khusus lagi terkait bulan apa dan hari harus dikeluarkannya zakat mal ini. Asalkan semua syarat terpenuhi, dan harta sudah dimiliki selama 1 tahun, maka zakat mal boleh dikeluarkan


7. Apa perbedaan zakat dan sedekah?

Jawaban:
Perbedaan zakat dan sedekah yang paling mencolok adalah dari segi hukumnya. Jika zakat hukumnya wajib, sedangkan sedekah hukumnya sunnah. Lalu, sedekah tidak hanya berupa harta atau materi saja, namun sedekah juga bisa mencakup berbagai amal perbuatan yang baik.


8. Apa boleh bayar zakat ke orang tua?

Jawaban:
Adapun memberikan zakat kepada orang tua, para ulama berbeda pendapat. Sebagian ulama melarang memberikan zakat kepada orang tua dan anak keturunan. Sedangkan memberikan zakat kepada kerabat, selain anak dan orang tua, para ulama membolehkan selama mereka memiliki kriteria sebagai penerima zakat (fakir miskin).


9. Apakah gaji 3 juta wajib zakat?

Jawaban:
"Jadi kalau total gaji bersihnya terkumpul hingga Rp60 juta, maka orang yang bersangkutan wajib mengeluarkan zakat," jelas Buya Yahya. "Tapi kalau gaji Rp3 juta / bulan misalnya, ini kalau dikali 12, hasil totalnya hanya 36 juta, maka yang bersangkutan belum wajib zakat," jelas Buya Yahya.


10. Gaji 5 juta apakah wajib zakat?

Jawaban:
Cara menghitung zakat penghasilan untuk gaji Rp 5 juta
Jika Sahabat memiliki gaji sebesar Rp 5 juta per bulan, maka Sahabat tidak wajib bayar zakat penghasilan. Mengingat nisab zakat penghasilan ialah sebesar Rp 73 juta 100 ribu.


11. Apa dasar hukum wajib zakat?

Jawaban:
Harta yang wajib dizakati haruslah harta yang baik dan halal, Allah SWT berfirman dalam surat al-Baqarah ayat 267 : "Hai orang-orang yang beriman, nafkahkanlah (di jalan Allah) sebagian dari hasil usahamu yang baik-baik dan sebagian dari apa yang kami keluarkan dari bumi untuk kamu.


12. Bagaimana hukumnya membayar zakat fitrah?

Jawaban:
Para ulama sepakat bahwa hukum membayar zakat fitrah adalah wajib bagi yang memenuhi syarat.