Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

17 Soal (Essay) Dinasti Abbasiyah Beserta Jawaban

Kumpulan Soal (Uraian) Materi Dinasti Abbasiyah

1. Kemajuan apa saja yang terjadi pada masa Dinasti Abbasiyah?

Jawaban:
Pada Dinasti Abbasiyah inilah kemajuan dan perkembangan dalam bidang ilmu pengetahuan yang begitu pesat, baik dalam ilmu pengetahuan umum seperti filsafat, astronomi, matematika, kedokteran, geografi, sejarah, fisika, kimia, sastra, arsitektur, seni rupa, dan musik.


2. Apa sejarah Dinasti Abbasiyah?

Jawaban:
Dinasti Abbasiyah resmi berdiri setelah memenangkan revolusi atas Kekhalifan Bani Umayyah pada tahun 750. Pendiri Dinasti Abbasiyah yang sekaligus menjadi khalifah pertamanya adalah Abdullah As-Saffah bin Ali bin Abdullah bin Al-Abbas, atau lebih dikenal dengan Abdul Abbas As-Saffah.


3. Berapa lama berdirinya Dinasti Abbasiyah?

Jawaban:
Kekuasaan dinasti ini berlangsung selama lima abad, yakni dari tahun 132 H (750 M) sampai 656 H (1258 M).


4. Dimana berdirinya Dinasti Abbasiyah?

Jawaban:
Pusat pemerintahan Daulah Abbasiyah berada di Kota Baghdad. Pada mulanya ibu kota negara adalah al-Hasyimiyah, dekat Kufah. Lalu, dalam rangka menjaga stabilitas negara baru, al-Mansur memindahkan ibukota negara ke kota Baghdad, dekat ibukota Persia. Pemindahan dilakukan pada tahun 762 M.


5. Apa yang menyebabkan runtuhnya Dinasti Abbasiyah?

Jawaban:
Penyebab runtuhnya Dinasti Abbasiyah adalah serangan bangsa Mongol yang berhasil menghancurkan Kota Baghdad. Pada 1258, tentara Mongol yang berkekuatan sekitar 200.000 orang menyerang Baghdad. Khalifah terakhir Daulah Abbasiyah, Al-Musta'shim, benar-benar tidak berdaya membendung tentara mongol sebanyak itu.


6. Apa saja yang menjadi penyebab runtuhnya Daulah Abbasiyah?

Jawaban:
Pertama, persaingan antar bangsa. Kedua, kemunduran di bidang ekonomi bersamaan dengan kemunduran di bidang politik. Ketiga, konflik keagamaan.


7. Mengapa di sebut Dinasti Abbasiyah?

Jawaban:
Daulah atau Dinasti ini dinamakan Abbasiyah karena para pendiri dan penguasa dinasi ini adalah keturunan al-Abbas paman dari nabi Muhammad saw. masyarakat Arab akan tetapi mengikutsertakan dalam kekuasaannya masyarakat non-Arab terutama masyarakat bangsa Turki dan Persia


8. Apa faktor penting yang menyebabkan berdirinya Dinasti Abbasiyah?

Jawaban:
Ada beberapa faktor yang mempengaruhi berdirinya daulah bani Abbasiyah yaitu: 
1. Terjadinya persaingan dalam merebutkan kursi kekhalifahan. Ketidakjelasan dalam pengangakatan khalifah, baik itu itu secara garis keturunan, senioritas mapun musyawarah mufakat. 
2. Adanya konflik politik di masa pemerintahan sebelumnya


9. Apa keistimewaan dari Dinasti Abbasiyah?

Jawaban:
Masa kekhalifahan Abbasiyah ini lah yang dikenal berkembang pesatnya pengetahuan. Pada masa ini banyak sekali bermunculan intelektual-intelektual muslim baik dalam bidang ilmu pengetahuan maupun ilmu agama. Dalam masa kekhalifahan Abbasiyah keadaaan sosial ekonomi pun berkembang dengan baik.


10. Kapan puncak kejayaan Dinasti Abbasiyah terjadi?

Jawaban:
Popularitas daulah Abbasiyah mencapai puncaknya pada zaman khalifah Harun Ar-Rasyid Rahimahullah (786-809 M) dan puteranya al-Ma'mun (813-833 M).


11. Mengapa pada masa Dinasti Abbasiyah disebut sebagai zaman keemasan?

Jawaban:
Kejayaan tersebut disebabkan karena Dinasti Abbasiyah lebih fokus pada pembinaan peradaban dan kebudayaan Islam daripada perluasan wilayah. Puncak kejayaannya terjadi pada masa Khalifah Harun Ar-Rasyid (786-809 M).


12. Siapakah khalifah yang terakhir dari Dinasti Abbasiyah?

Jawaban:
Khalifah Terakhir Bani Abbasiyah: Al-Musta'shim Billah
Ia sendiri secara resmi diangkat sebagai khalifah pada 10 Jumadil Akhir 640 H/6 Desember 1242 M menggantikan ayahnya yang meninggal dunia.


13. Pada masa siapa Bani Abbasiyah mengalami kemunduran?

Jawaban:
Periode Ketiga: Masa Pengaruh Dinasti Buwaihi:
Periode ketiga berlangsung sejak tahun 945-1055 Masehi. Pada periode ini Dinasti Bani Abbasiyah semakin mengalami kemunduran


14. Dari keturunan Siapakah Bani Abbasiyah?

Jawaban:
Para penguasa Dinasti Abbasiyah merupakan keturunan dari paman Nabi Muhammad SAW, al-Abbas. Pendiri dinasti ini adalah Abdullah al-Saffah pada 750 M. Sang pendiri memerintah hanya dalam waktu singkat, dari 750 sampai 751 M. Al-Saffah kemudian digantikan oleh Abu Ja'far al-Mansur (754-775 M).


15. Prestasi apa saja yang dicapai Kekhalifahan Abbasiyah?

Jawaban:
4 prestasi daulah bani abbasiyah dalam pemerintahannya selama berdiri hingga runtuhnya
1. Membangun kota Baghdad.
2. Membuat Baitul Mal.
3. Memperjemahkan buku buku ilmiah yunani yang berbahasa yunani menjadi bahasa arab.
4. Menghancurkan Dinasti Umayyah.


16. Siapa saja tokoh yang berperan dalam proses lahirnya Daulah Abbasiyah?

Jawaban:
Tokoh-tokoh yang berperan besar dalam proses berdirinya Bani Abbasiyah adalah Abdullah As-Saffah ibn Ali bin Abdullah bin al-Abbas atau Abul Abbas as-Saffah, Abu Ja'far al-Mansur, Ibrahim al-Imam, dan Abu Muslim al-Khurasani.


17. Apa yang dilakukan Dinasti Abbasiyah untuk memajukan pendidikan Islam?

Jawaban:
Pada masa dinasti Abbasiyah metode pendidikan dan pengajaran yang digunakan dapat dikelompokkan, yaitu: (Samsul Nizar, 2008: 114). Pertama, Metode Lisan, berupa dikte (imla'), ceramah (al-sama), qiraat, dan diskusi. Kedua, Metode Menghafal, merupakan ciri umum pendidikan masa ini.