Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

18 Soal (Essay) Doa Beserta Jawaban

Kumpulan Soal (Uraian) Materi Doa


1. Apa arti dari kata doa?

Jawaban:
Dalam KBBI, do'a hanya diartikan sebagai permohonan (harapan, permintaan, pujian) kepada Tuhan. Adapun berdo'a berarti mengucapkan (memanjatkan) do'a kepada Tuhan. Dari arti kata do'a tersebut tampak bahwa do'a merupakan bentuk komunikasi verbal yang terjadi antara manusia dan Tuhan melalui isyarat Bahasa.


2. Apa arti doa dari kedua orang tua?

Jawaban:
“Allahummaghfirlanaa dzunuubanaa wa liwaalidinaa warhamhumaa kamaa robbayaanaa shogiiroo”. Artinya : Ya Allah, ampunilah dosa kami dan kedua orang tua kami, Serta Sayangilah Mereka Sebagaimana Mereka Menyayangi Kami ketika kami anak kecil.


3. Apa arti doa dalam Al Quran?

Jawaban:
Doa dalam arti memanggil Allah dalam rangka mengajukan permohonan kepada-Nya, begitu penting bagi seorang muslim. Doa merupakan tanda bahwa seseorang membutuhkan Allah dalam kehidupannya. Selain itu, doa merupakan media untuk mendekatkan diri kepada-Nya.


4. Doa Minta Berkah selamat?

Jawaban:
Subhāna rabbika rabbil 'izzati 'an mā yashifūn, wa salāmun 'alal mursalīn, walhamdulillāhi rabbil 'ālamīn." Artinya: “Ya Allah, bukalah bagi kami pintu kebaikan, pintu keberkahan, pintu kenikmatan, pintu rezeki, pintu kekuatan, pintu kesehatan, pintu keselamatan, pintu afiyah, dan pintu surga.


5. Apa tujuan kita berdoa?

Jawaban: 
Berdoa adalah sarana bagi kita untuk memohon sepenuh hati kepada Allah swt, mengharap kebaikan-Nya, agar Ia mengabulkan sesuatu yang kita kehendaki. Doa juga merupakan tuntunan agama serta alat menjalin komunikasi langsung antara hamba dan Sang Pencipta.


6. Apa syarat doa?

Jawaban: 
1. Makanan yang dimakan merupakan makanan halal, bukan haram. 
2. Harus yakin doanya akan dikabulkan oleh Allah. 
3. Ketika berdoa hati harus tidak dalam kondisi lalai kepada Allah.


7. Doa Agar Rezeki Lancar dan berkah datang berlimpah?

Jawaban:
Arab-latin: "Allahumma yaa ghaniyyu yaa mughnii aghninii ghinan abadan wa yaa 'aziizu yaa mu'izzu a'izzanii bi i'zaazi 'izzati qudratika wa yaa muyassiral umuuri yassirlii umuuraddunyaa wad diini ya khaira manyurjaa yaa allahu.


8. Apa doa untuk anak?

Jawaban:
Artinya: “Ya Allah, isilah hati anak-anak kami dengan cahaya dan hikmah, dan jadikan mereka hamba-hamba-Mu yang layak untuk menerima nikmat-Mu, dan perbaikilah diri mereka dan perbaiki pula umat ini melalui mereka.”


9. Doa mempunyai nilai apa?

Jawaban:
Doa mempunyai nilai ibadah dimata Allah SWT. Sebab ibadah ditujukan kepada Allah SWT dan Allah SWT secara tegas memerintahkan untuk berdoa hanya kepada-Nya.


10. Apa itu doa mustajab?

Jawaban:
Doa mustajab sebetulnya tidak terbatas pada waktu atau redaksi yang dibaca. Artinya tidak ada tata cara khusus yang apabila dilakukan, doa yang Anda panjatkan pasti dikabulkan.


11. Apa saja adab dalam berdoa?

Jawaban:
7 Adab Berdoa agar Dikabulkan Allah SWT
1. Pilih Waktu Terbaik
2. Menghadap Kiblat
3. Berdoa dengan Rendah Hati
4. Berdoa dengan Rasa Harap
5. Yakin
6. Tidak Terburu-buru
7. Didahului Asmaul Husna


12. Doa Barokah Keluarga?

Jawaban:
Artinya: “Ya Allah, berkahilah aku di dalam keluargaku dan berkahilah mereka di dalam diriku. Berilah aku rezeki dari mereka dan berilah mereka rezeki dariku. Ya Allah, kumpulkan kami menuju kebaikan dan pisahkan kami bila Engkau pisahkan menuju kebaikan.”


13. Apa doa penutup acara?

Jawaban:
Subhaanakallaahumma wa bihamdika asyhadu allaa ilaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika. Rabbana atina fiddunya hasanah wa fil akhirati hasanah wa gina 'adzaban naar Alhamdulillahrabbil alamin “.


14. Kapan waktu yang baik untuk berdoa?

Jawaban:
waktu yang tepat untuk memanjatkan doa adalah sepertiga malam terakhir. Artinya, waktu malam hari mendekati waktu subuh atau di waktu sahur seperti firman Allah SWT dalam surat Az Zariyat ayat 18


15. Apa manfaat dalam rajin berdoa?

Jawaban:
Manfaat berdoa bagi orang beriman adalah mampu membuat hubungan manusia dan penciptaNya menjadi lebih dekat, sehingga dapat tercipta hubungan yang baik. Terkadang menceritakan masalah kepada orang lain tidak ada solusinya, sehingga bisa langsung curhat kepada Allah.


16. Apa itu doa?

Jawaban: 
Doa adalah permohonan atau pengharapan kepada Allah yang dilakukan oleh seorang hamba.


17. Mengapa doa penting dalam agama Islam?

Jawaban: 
Doa penting dalam agama Islam karena merupakan sarana berkomunikasi dengan Allah, memperkuat keimanan, dan menunjukkan ketergantungan kepada-Nya.


18. Sebutkan beberapa jenis doa yang diajarkan dalam Islam.

Jawaban: 
Doa harian, doa ibadah, doa perlindungan, doa keselamatan, doa syukur, dan doa permohonan.