Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

41 Soal (Essay) Jenazah Beserta Jawaban

Kumpulan Soal (Uraian) Materi Jenazah

1. Apa arti dari kata jenazah?

Jawaban:
Jenazah berasal dari bahasa Arab Janazah yang berati jasad orang yang telah meninggal dunia.


2. Apa hikmah penting mengurus jenazah?

Jawaban:
Hikmah yang dapat diambil dari tata cara pengurusan jenazah, antara lain: Memperoleh pahala yang besar. Menunjukkan rasa solidaritas yang tinggi diantara sesama manusia. Membantu meringankan beban keluarga jenazah dan sebagai ungkapan belasungkawa atas musibah yang dideritanya


3. Ada berapakah pengurusan jenazah?

Jawaban:
Fardhu kifayah artinya kewajiban yang apabila dilakukan oleh sebagian orang, maka gugurlah kewajiban bagi umat Islam lainnya. Fardhu kifayah dalam merawat jenazah adalah mulai dari memandikan, mengkafani, mensalatkan, dan menguburkan.


4. Apa perbedaan jenazah dengan mayat?

Jawaban:
Mayat adalah badan manusia yang mati yang belum dirawat. Contoh: – Polisi masih menyelidiki penemuan mayat di pinggir jalan itu. Jenazah adalah badan manusia yang sudah mati yang sudah dirawat.


5. Kenapa jenazah tidak boleh ditinggal sendiri?

Jawaban:
Pendapat selanjutnya supaya jenazah tidak boleh ditinggalakan sendirian agar tidak diganggu oleh setan. Bukan hanya ketika hidup saja, setan pun akan tetap menggoda jenazah. Oleh karena itu, jangan biarkan jenazah sendirian supaya tidak ada setan yang mengganggunya. Apalagi jenazah tersebut meninggal pada sore hari.


6. Mengapa tidak boleh menyiram air ke wajah mayat dengan kasar?

Jawaban:
Karena jika kita menyiramnya dengan kasar, berarti kita tidak ikhlas. Jika kita tidak ikhlas lebih baik tidak membantu, karena percuma saja hanya menimbulkan rasa capek dan menimbulkan dosa, dan jenazah pun akan sedih.


7. Kenapa orang meninggal harus cepat di kubur?

Jawaban:
"Segeralah mengurus jenazah. Karena jika jenazah itu adalah orang salih, berarti kalian telah mempercepat kebaikan untuknya. Dan jika jenazah tersebut selain orang shalih, berarti kalian telah meletakkan kejelekan di pundak kalian." (HR Bukhari Nomor 1315 dan Muslim Nomor 944).


8. Kenapa orang meninggal di ikat kepalanya?

Jawaban:
Rahangnya diikat melingkar dari sisi sebelah kanan ke bawah, mencakup rahangnya hingga sisi kepala bagian kiri, kemudian diikat di atas kepala. Mengikat rahang jenazah diperlukan karena jika tidak, mulut jenazah akan selalu terbuka. Hal ini untuk menghindari hewan-hewan kecil yang akan masuk.


9. Kenapa kain kafan perempuan 5 lapis?

Jawaban:
Menurut jumhur ulama, jenazah perempuan dikafani dengan 5 lapis kain. Para ulama berpendapat dibandingkan dengan laki-laki, wanita dikhususkan untuk selalu lebih menutup aurat dalam berpakaian. Begitu pula setelah ia meninggal dunia. Maka, kain yang digunakan lebih banyak dari laki-laki


10. Orang mati menghadap kemana?

Jawaban:
Posisi jenazah yakni miring ke kanan, menghadap kiblat dengan tubuh yang ditopang dengan batu pipih atau papan kayu.


11. Apa hukumnya mengkafani jenazah?

Jawaban:
Satu di antara kewajiban tersebut ialah mengafani. Hukum mengkafani jenazah atau mayat adalah fardlu kifayah. Mengafani jenazah adalah menutupi atau membungkus jenazah dengan sesuatu yang dapat menutupi tubuhnya, walau hanya sehelai kain dari ujung rambut sampai ujung kaki.


12. Siapa saja yang berhak mengkafani jenazah laki-laki?

Jawaban:
Orang yang paling utama memandikan dan mengafani jenazah laki-laki adalah orang yang diberi wasiat, kemudian bapaknya, kakeknya, keluarga kandungnya, keluarga terdekatnya yang laki-laki, dan istrinya.


13. Memandikan jenazah baca surat apa?

Jawaban:
Adapun bacaannya adalah sebagai berikut. "Nawaitul ghusla ada-an 'an hadzihil mayyitati lillahi ta'ala." Artinya: “Saya niat memandikan untuk memenuhi kewajiban dari jenazah (perempuan) ini karena Allah Ta'ala.” "Nawaitul ghusla ada-an 'an hadzal mayyiti lillahi ta'ala."


14. Apakah mayat disiksa karena tangisan keluarga?

Jawaban:
“Sesungguhnya mayit akan disiksa karena tangisan keluarganya padanya” (HR. Bukhari no. 1286 dan Muslim no. 927).