Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

30 Soal (Essay) Khotbah Beserta Jawaban

Kumpulan Soal (Uraian) Materi Khotbah

1. Apa saja macam macam khotbah dalam Islam?

Jawaban:
Sebagai misal, khutbah Jumat, khutbah Idul Fitri, Idul Adha, khutbah salat gerhana (Khusuf), khutbah nikah, dan lain sebagainya.


2. Apa saja syarat khutbah?

Jawaban:
Tidak sah apabila khutbah dilakukan oleh perempuan. “Disyaratkan khathib seorang laki-laki atau orang yang sah menjadi imam bagi jamaah


3. Apa pengertian khutbah dan apa makna khotbah?

Jawaban:
Khutbah bermakna memberi nasihat dalam kegiatan ibadah seperti; ṡalat (ṡalat Jumat, Idul Fitri, Idul Adha, Istisqo, Kusuf), wukuf, dan nikah. Menurut istilah, khutbah berarti kegiatan ceramah kepada sejumlah orang Islam dengan syarat dan rukun tertentu yang berkaitan langsung dengan keabsahan atau kesunahan ibadah.


4. Apakah tujuan khotbah jumat dalam Islam?

Jawaban:
Khotbah Jum'at dijadikan sebagai sarana untuk membangkitkan iman dan taqwa umat Islam khususnya kaum laki-laki, wajib baginya menjalankan shalat Jum'at.


5. Apa dalil khutbah?

Jawaban:
Artinya: Serulah (manusia) kepada jalan Tuhan-mu dengan hikmah dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang baik. Sesungguhnya Tuhanmu Dialah yang lebih mengetahui tentang siapa yang tersesat dari jalan-Nya dan Dialah yang lebih mengetahui orang-orang yang mendapat petunjuk. (QS. An Nahl: 125).


6. Apa saja larangan saat khatib sedang berkhotbah?

Jawaban:
Berikut larangan saat khatib sedang berkhutbah menurut syariat Islam :
1. Berbicara
2. Tidur
3. Duduk Sembari Memeluk Lutut
4. Melakukan Hal yang Sia-sia


7. Rukun khutbah apa saja?

Jawaban:
Rukun Khutbah Jumat Menurut Mahzab Syafi'i
1. Membaca Tahmid
2. Selawat kepada Nabi Muhammad SAW
3. Wasiat Takwa
4. Membaca Ayat Alquran
5. Berdoa.


8. Apa saja hikmah khutbah?

Jawaban: 
Khutbah dapat menjadi momentum tepat untuk memberikan pencerahan, pemahaman, dan peningkatan kualitas pengetahuan kepada jamaah 


9. Apakah khotbah itu wajib?

Jawaban: 
Imam Syafi'i berpendapat mendengarkan khutbah itu hukumnya sunnah, bukan wajib. Akan tetapi mereka memakruhkan adanya pembicaraan ketika khutbah sedang berlangsung.


10. Bagaimana pentingnya khutbah dalam suatu ibadah?

Jawaban: 
Khutbah masuk kepada aktivitas ibadah, maka Khutbah tidak mungkin bisa ditinggalkan karena akan membatalkan rangkaian aktivitas ibadah. Contoh, apabila salat jumat tidak ada khutbahnya, salat jumat tidak sah. apabila wukuf di Arafah tidak ada khutbahnya, maka wukufnya tidak sah.