Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

45 Soal (Essay) Kisah Nabi Ibrahim dan Ismail Beserta Jawaban

Kumpulan Soal (Uraian) Materi Kisah Nabi Ibrahim dan Ismail

1. Bagaimana kisah singkat Nabi Ibrahim?

Jawaban:
Nabi Ibrahim lahir pada zaman Raja Namrud. Nabi Ibrahim lahir di tengah hutan, karena ayahnya khawatir Raja Namrud akan terbunuh, sehingga Nabi Ibrahim tumbuh di tengah hutan. Nabi Ibrahim mencintai alam tadabbur, ia memandang dunia ini untuk mencari Tuhan.


2. Apa saja kisah keteladanan Nabi Ismail?

Jawaban:
Keteladanan Nabi Ismail a.s:
a. Nabi Ismail a.s. selalu patuh dan taat kepada Allah Swt. Ia melaksanakan semua perintah Allah. 
b. Nabi Ismail a.s. selalu patuh dan taat kepada orang tua. Kebaikan apa pun yang diperintahkan orang tuanya, akan dilaksanakan dengan senang hati.


3. Apa kisah keteladanan Nabi Ibrahim?

Jawaban:
Nabi Ibrahim dikenal sebagai sosok yang selalu menunaikan janji-janjinya. Salah satu kisah yang fenomenal adalah kesediaannya menunaikan janji untuk mengorbankan sesuatu yang paling ia sayangi, yaitu menyembelih putera kesayangannya, Ismail. Sifat itu pun diwarisi oleh putranya, Ismail, hingga kepada Nabi Muhammad.


4. Apakah mukjizat Nabi Ismail AS?

Jawaban:
Berikut Mukjizat Nabi Ismail AS, BuktInya Masih Ada
1. Diberi Keselamatan Saat Disembelih. 
2. Muncul Mata Air Zamzam. ...
3. Mendirikan Ka'bah.


5. Apa saja mukjizat dari Nabi Ibrahim?

Jawaban:
Selain mukjizat dalam hukum pembakaran hidup-hidup, Nabi Ibrahim AS juga melakukan mukjizat yaitu mengeluarkan madu dari jarinya. Saat Ia masih kecil, Ibunya sering meninggalkannya seorang diri di gua. Nabi Ibrahim AS pun mendapatkan mukjizat tersebut untuk bertahan hidup.


6. Kisah pengorbanan Nabi Ismail terdapat dalam kitab apa?

Jawaban:
Ibadah kurban tidak bisa terlepas dari kisah Nabi Ibrahim as. dan juga anaknya yaitu Nabi Ismail as. Yang tercantum dalam Q.S. Ash-Shaffat: 102-111


7. Kenapa nabi ibrahim merusak berhala?

Jawaban:
Alasan mengapa nabi ibrahim as menghancurkan patung-patung raja namrud adalah untuk menunjukkan kelemahan patung-patung tersebut yang tidak dapat membela dirinya sendiri. Patung-patung ini hanyalah benda mati dan tak punya kuasa apa-apa atas dirinya apalagi diri manusia.


8. Siapakah Nabi Ismail jelaskan sesuai pemahaman kalian?

Jawaban:
Ismail adalah anak Ibrahim dengan istrinya Siti Hajar. Saat Ismail lahir, atas perintah Allah, Ibrahim membawa anaknya bersama siti hajar keluar dari Palestina. Mereka melewati padang pasir nan gersang menuju lembah berbukit yang dikenal sebagai Lembah Bakkah. Lembah itu kini merupakan kota suci, Mekkah.


9. Mengapa Nabi Ibrahim AS di bakar?

Jawaban:
Nabi Ibrahim AS pernah dibakar hidup-hidup oleh tentara Raja Namrud karena membawa ajaran tauhid.


10. Apakah Nabi Ismail masih hidup?

Jawaban:
Nabi ismail dianggkap menjadi nabi pada tahun 1850 SM. Ia tinggal di Amaliq dan berdakwah untuk Qabilah Yaman, Mekkah. Nabi Ismail namanya disebutkan sebanyak 12 kali dalam Al-Quran. Ia meninggal pada tahun 1779 SM di Mekkah.


11. Apa saja Akhlak Nabi Ibrahim?

Jawaban:
Beliau memiliki akhlak yang baik dan begitu berlapang dada dan tidaklah marah ketika menghadapi orang-orang yang tidak tahu, beliau terus beribadah pada Allah di setiap waktu beliau, beliau kembali (bertaubat) pada Allah dengan mengenal dan mencintai-Nya, serta berpaling dari selain-Nya.


12. Nabi Ismail diutus untuk kaum apa?

Jawaban:
Isma'il dipandang sebagai nabi dan rasul. Ibnu Katsir menyebutkan bahwa Isma'il diutus untuk berdakwah pada penduduk Makkah dan sekitarnya, seperti kabilah Jurhum, Amaliq, dan penduduk Yaman.


13. Siapa yang Membangun Kabah?

Jawaban:
Saat Ka'bah dibangun oleh Nabi Ibrahim untuk melanjutkan proses renovasinya, Ibrahim melakukan pijakan pada batu pertama yang dibawanya. Pijakan batu tersebut adalah yang kini kita ketahui sebagai Maqam Ibrahim. Setelah selesai membangun Ka'bah pada masanya, Ibrahim dan anaknya Nabi Ismail memanjatkan doa


14. Apa jawaban Nabi Ismail saat diberitahu bahwa Allah agar nabi Ibrahim menyembelihnya?

Jawaban:
“Hai ayahku, kerjakan lah apa yang diperintahkan kepadamu; termasuk menyembelihku insya Allah kamu akan mendapatiku termasuk orang-orang yang sabar,”


15. Mengapa Nabi Ibrahim AS mendapat julukan Ulul Azmi?

Jawaban:
Nabi Ibrahim mendapat gelar Rasul Ulul Azmi karena sangat taat kepada Allah. Allah pernah mengujinya untuk mengurbankan anaknya, Nabi Ismail