Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

17 Soal (Essay) Kisah Nabi Muhammad Beserta Jawaban

Kumpulan Soal (Uraian) Materi Kisah Nabi Muhammad

1. Apa kisah Nabi Muhammad secara singkat?

Jawaban:
Nabi Muhammad merupakan seorang keturunan Bani Hasyim, salah satu klan suku Quraisy yang dihormati di Mekkah. Ayah Nabi Muhammad bernama Abdullah bin Abdul Muthalib, sedangkan sang ibu bernama Aminah binti Wahab. Nabi Muhammad tumbuh sebagai anak yatim, di mana sang ayah meninggal sebelum Rasulullah lahir ke dunia.


2. Apa saja mukjizat yang dimiliki Nabi Muhammad SAW?

Jawaban:
Keajaiban Mukjizat Nabi Muhammad SAW dari Allah
1. Kitab Suci Al-Qur’an
2. Peristiwa Isra’ Mi’raj
3. Air Susu Melimpah
4. Dada Dibelah
5. Membelah Bulan atas Izin Allah
6. Meramalkan Istri
7. Pelindung Tubuh dengan Petir
8. Air Mengalir dari Jari Nabi Muhammad SAW
9. Hanya Sedikit Makanan Namun Cukup untuk Banyak Orang
10. Mengenyangkan Banyak Orang dengan Satu Gelas Susu
11. Do’a Meminta Hujan
12. Mengobati Mata yang Sakit
13. Kerikil Hidup
14. Pelepah Kurma Menangis
15. Lolos Kepungan dari Gua Tsur
16. Selamat dari Racun
17. Memiliki Sifat Terpuji


3. Siapa nabi yang paling akhir?

Jawaban:
Nabi Muhammad adalah nabi dan rasul terakhir dan diutus untuk seluruh umat manusia.


4. Mengapa Nabi Muhammad membelah bulan?

Jawaban:
Kisah Nabi Muhammad SAW membelah bulan ini terjadi di Makkah. Berawal ketika Rasulullah diminta hadir keliling Ka'bah untuk melaksanakan tawaf. Pada saati itu, kaum musrik Quraisy meminta Rasulullah untuk membelah bulan sebagai bukti kebenarannya sebagai Rasul.


5. Kenapa Nabi Muhammad berpisah dengan ibunya?

Jawaban:
Saat lahir, Rasulullah harus terpisah dari sang ibu, Aminah,karena mengikuti tradisi Arab untuk tinggal di pedalaman. Dream - Sebagaimana tradisi suku Quraisy dan kabilah Arab pada umumnya, pada hari kedelapan selepas dilahirkan oleh Siti Aminah, Muhammad kecil harus diungsikan ke pedalaman.


6. Kenapa Nabi Muhammad menikahi banyak wanita?

Jawaban:
Allah Subhanahu wa Ta'ala memerintahkan beliau menikahi banyak wanita agar sunnah-sunnah yang tidak tampak kecuali di rumah, bisa diriwayatkan secara utuh. Istri-istri beliau berperan dalam meriwayatkan sunnah-sunnah beliau saat di rumah dan para sahabat meriwayatkan sunnah-sunnah beliau ketika di luar rumah.


7. Kenapa Nabi Muhammad tidak pernah adzan?

Jawaban:
Alasannya adalah Nabi khawatir jika Beliau mengumandangkan Adzan, sampai pada kalimat حَيَّ عَلَى الصَّلاَةِ "hayya 'alass sholah" (mari dirikan sholat), kemudian di saat itu tidak ada yang datang ke masjid, maka umatnya akan berdosa.


8. Siapa yang menyusui Nabi?

Jawaban:
Demikian pula Muhammad kecil, tidak hanya disusui oleh satu perempuan. Selama ini yang populer dikenal sebagai ibu susuan Muhammad saw ada dua orang, yaitu Tsuwaibah Al-Aslamiyah dan Halimah As-Sa'diyah.


9. Siapakah nama malaikat yang membelah dada Nabi Muhammad?

Jawaban:
Pada saat Muhammad sedang bermain bersama dengan teman-temannya di kampung tersebut, Malaikat Jibril mendatanginya. Saat itulah Malaikat Jibril membelah dada Rasulullah. Kemudian, Jibril meletakkan hati Nabi Muhammad SAW di atas bejana yang terbuat dari emas.


10. Kapan Rasulullah dibersihkan hatinya?

Jawaban:
Dada Nabi Muhammad dibelah oleh malaikat Jibril saat berusia 10 tahun. Dada Nabi Muhammad dibelah dan hatinya dibersihkan dengan air zamzam agar tidak bercampur dengan hal-hal buruk dan tercela, saat usianya mendekati usia taklif atau mukallaf (usia dimana seseorang mulai dibebankan dosa dan pahala).


11. Bagaimana kisah kelahiran Nabi Muhammad SAW?

Jawaban:
Setelah penyerangan yang dilakukan pasukan gajah, Nabi Muhammad SAW lahir dari rahim ibu bernama Aminah. Kelahiran Nabi Muhammad SAW tepat pada malam menjelang dinihari Senin, 12 Rabiul Awal Tahun Gajah yang bertepatan dengan 20 April 570 M. Nabi Muhammad SAW lahir dalam kondisi yatim.


12. Siapa perempuan yang pernah menolak Nabi Muhammad?

Jawaban:
Ternyata ada wanita yang menolak lamaran Nabi Muhammad SAW. Tak hanya sekali, perempuan itu menolak dua pinangan Nabi Muhammad SAW. Nama wanita itu adalah Fakhitah atau Ummu Hani. Fatikhah adalah putri Abu Thalib, paman Nabi, yang juga pengasuhnya, selepas kakek beliau, Abdul Muthalib meninggal dunia.


13. Siapa nama asli Nabi Muhammad SAW?

Jawaban:
BIODATA NABI MUHAMMAD S.A.W:
Nama : Muhammad Bin Abdullah Bin Abdul Muththalib Bin Hashim. Tempat lahir : Di Rumah Abu Thalib, Makkah Al-Mukarramah. Nama Bapak : Abdullah Bin Abdul Muththalib Bin Hashim. Nama Ibu : Aminah Binti Wahab Bin Abdu Manaf


14. Rasulullah hidup di tahun berapa?

Jawaban:
Muhammad Lahir pada tahun 570 M di Mekkah


15. Siapa yang paling lama merawat Nabi Muhammad?

Jawaban:
Ummu Aiman bahkan disebut sebagai ibu setelah ibunya oleh Nabi Muhammad. Setelah Aminah meninggal, ia yang membawa Nabi Muhammad ke Mekkah dan melanjutkan pengasuhannya selama beberapa waktu. Ketika Nabi Muhammad tumbuh dewasa dan menikah dengan Khadijah, Ummu Aiman dibebaskan oleh Nabi sebagai bentuk penghormatan


16. Apa pekerjaan Nabi Muhammad ketika sudah dewasa?

Jawaban:
Saat kanak-kanak, Nabi Muhammad membantu menggembala binatang ternak dan ketika sudah cukup dewasa, Nabi membantu pamannya berdagang


17. Apa gelar Nabi Muhammad sebelum diangkat menjadi rasul?

Jawaban:
Gelar Nabi Muhammad SAW yang paling banyak dikenal oleh umat Islam ialah Al-Amin.