Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

30 Soal (Essay) Mengenal Huruf Hijaiyah Beserta Jawaban

Kumpulan Soal (Uraian) Materi Mengenal Huruf Hijaiyah

1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan huruf hijaiyah?

Jawaban:
Huruf hijaiyah adalah abjad dalam bahasa Arab berjumlah 30 huruf bila ditambah dengan hamzah (ء) dan lam alif (لا). Bagi umat muslim, memahami bacaan Al Quran dengan baik dan benar memiliki kaitan yang erat dengan pemahaman huruf hijaiyah.


2. Berapa banyak huruf hijaiyyah yang kita ketahui?

Jawaban:
Adapun jumlah huruf hijaiyah diketahui sebanyak 28 huruf tunggal atau 30 huruf jika dimasukkan huruf rangkap lam alif dan hamzah sebagai huruf yang berdiri sendiri.


3. Mengapa kita harus mengenal huruf hijaiyah?

Jawaban:
Oleh karena itu, mempelajari, menghafal, dan memahami huruf hijaiyah merupakan tahap pertama untuk dapat membaca dan memahami Al Quran. Al Quran diturunkan dengan menggunakan Bahasa Arab


4. Macam macam harakat ada berapa?

Jawaban:
Setidaknya, terdapat 8 macam harakat yang perlu diingat, yakni fathah, kasrah, dhammah, fathatain (tanwin fathah), kasratain (tanwin kasrah), dhammatain (tanwin dhammah), sukun, dan tasydid.


5. Apa fungsi dari harakat?

Jawaban:
Harakat dipakai untuk mempermudah cara membaca huruf Arab bagi orang awam, pemula atau pelajar dan biasanya dituliskan pada buku-buku pendidikan, buku anak-anak, dan kitab suci al Quran.


6. Mengapa tidak ada huruf lam alif dan hamzah?

Jawaban:
Yang menyebutkan huruf hijaiyah hanya 28 yaitu “Lam-Alif ” dan “Hamzah ” tidak diikut sertakan karena “lam-Alif ” sudah terwakilkan oleh “Lam ” dan “Alif ” yang disatukan, sedangkan “Hamzah ” sudah terwakilkan oleh “Alif ”


7. Apa yang dimaksud dengan makhraj huruf?

Jawaban:
Secara bahasa makharijul huruf adalah tempat keluarnya huruf-huruf ketika huruf itu diucapkan. sedangkan secara istilah, makharijul huruf adalah tempat keluarnya huruf-huruf ketika huruf- huruf dibunyikan. Kerika membaca Al-Qur'an, setiap huruf harus dibunyikan sesuai makhraj hurufnya.


8. Apa yang harus diperhatikan dalam menulis huruf hijaiyah?

Jawaban:
Cara Menulis Huruf Hijaiyah


9. Penulisan huruf Arab dimulai dari kanan ke kiri.

Jawaban:
1. Jumlah huruf Arab (disebut dengan huruf Hijaiyah) jumlahnya ada 28 huruf.
2. Huruf-huruf itu ada yang dapat menyambung dan disambung, ada yang bisa disambung tetapi tidak bisa menyambung (di tengah). Masing-masing mempunyai bentuk huruf 3. sesuai posisinya (di depan, tengah, di belakang, dan terpisah).
4. Semua huruf Arab adalah konsonan, termasuk Alif, Wawu, dan Ya (Sering disebut huruf illat), maka mereka memerlukan tanda vokal (Syakal).


10. Siapa yang menciptakan huruf hijaiyah?

Jawaban:
Orang yang pertama kali menyusun huruf hijaiyah secara berurutan mulai dari alif sampai ya' adalah Nashr Bin „Ashim Al-Laitsi