Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

45 Soal (Essay) Penilaian Beserta Jawaban

Kumpulan Soal (Uraian) Materi Penilaian

1. Apa yang dimaksud dengan penilaian dalam pembelajaran?

Jawaban:
Kegiatan penilaian merupakan bagian dari proses untuk menentukan pencapaian kompetensi mahasiswa selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran. Penilaian dilakukan secara terpadu untuk mengungkapkan seluruh aspek kemampuan mahasiswa baik dalam aspek pengetahuan, keterampilan maupun sikap/nila.


2. Apa saja bentuk bentuk penilaian?

Jawaban:
Macam-macam Penilaian dalam Pembelajaran
1. Asesmen Diagnostik
2. Formatif dan Sumatif. ...
3. Penilaian Informal dan Formal. ...
4. Continuous Assesment dan Final Assesment. ...
5. Penilaian Proses dan Penilaian Produk. ...
6. Divergent Assesment dan Convergent Assesment.


3. Apa tujuan dari penilaian?

Jawaban:
Menurut Depdikbud dalam Jihad (2012:63) “tujuan penilaian adalah untuk mengetahui kemajuan belajar siswa, untuk perbaikan dan peningkatan kegiatan belajar siswa serta sekaligus memberi umpan balik bagi perbaikan pelaksanaan kegiatan belajar”.


4. Apa yang dimaksud dengan pelaksanaan penilaian?

Jawaban:
Pelaksanaan penilaian secara sistematis berarti penilaian dilakukan secara berencana dan bertahap dengan mengikuti langkah-langkah baku, yang direncanakan dalam RPP, karena langkah-langkah perencanaan pembelajaran turut mempengaruh efektifitas penilaian hasil belajar secara menyeluruh.


5. Apa saja penilaian peserta didik?

Jawaban:
Bentuk-bentuk penilaian hasil belajar siswa yang direkomendasikan mencakup: penilaian autentik, penilaian diri, penilaian berbasis portofolio, ulangan, ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan ahkir semester, ujian tingkat kompetensi, ujian mutu tingkat kompetensi, ujian nasional, dan ujian sekolah/madrasah.


6. Bagaimana sistem penilaian?

Jawaban:
Sistem Penilaian dalam proses pembelajaran adalah sebuah rangkaian kegiatan untuk untuk memperoleh, menganalisis, dan menafsirkan data tentang proses dan hasil belajar peserta didik yang dilakukan secara sistematis dan berkesinambungan, sehingga menjadi informasi yang bermakna dalam pengambilan keputusan.


7. Apa saja 3 aspek penilaian itu?

Jawaban:
Terdapat tiga aspek dalam evaluasi pembelajaran, yang oleh Benjamin S. Bloom dinamkan Taksonomi Bloom, yakni kognitif, afektif dan psikomotorik.


8. Berapa macam penilaian?

Jawaban:
Penilaian terdiri dari 3 jenis yaitu :
1. Penilaian Sikap, sikap peserta didik dapat dinilai melalui teknik observasi, penilaian diri, atu penilaian teman .
2.Penilaian Pengetahuan, pengetahuan peserta dapat dinilai dengan teknok tes tertulis, tes lisan, penugasan atau portofolio.
3.Penilaian Keterampilan, keterampian peserta didik dapat dinilai dengan teknik kinerja, proyek atau portofolio.


9. Apa peranan penilaian bagi seorang siswa?

Jawaban:
Penilaian dalam pendidikan juga bertujuan untuk mengetahui seberapa besar keberhasilan berdasarkan standar kompetensi yang kemudian diperluas menjadi kompetensi dasar, penilaian juga dilakukan secara terstruktur, mempunyai jangka waktu untuk mengamati keberhasilan dan pencapaian peserta didik


10. Apa manfaat penilaian di kelas?

Jawaban:
Secara khusus penilaian berbasis kelas bertujuan untuk mengetahui kemajuan dan hasil belajar siswa, mendiagnosis kesulitan belajar, memberikan umpan balik/perbaikan proses pembelajaran, penentuan kenaikan kelas, dan memotivasi belajar peserta didik dengan cara mengenal dan memahami diri serta merangsang


11.  langkah dalam penilaian kinerja?

Jawaban:
Dalam sebuah proses penilaian kinerja memang ada beberapa langkah yang perlu dilewati
Berikut adalah langkah-langkahnya.
1. Perencanaan
2. Persiapan Data
3. Pelaksanaan
4. Penilaian Kinerja
5. Laporan Hasil


12. Mengapa proses penilaian perlu dilakukan oleh guru?

Jawaban:
Dengan penilaian, guru dapat mengetahui keberhasilan pencapaian tujuan, penguasaan peserta didik terhadap pelajaran, serta ketepatan atau keefektifan metode mengajar.


13. Penilaian proses apa pengertian dan tujuannya?

Jawaban:
Penilaian proses adalah penilaian berdasarkan hasil pengamatan penilaian terhadap aktivitas siswa sebagaimana yang terjadi. Penilaian dilakukan terhadap unjuk kerja, tingkah laku, atau interaksi siswa. Penilain proses digunakan untuk menilai kemampuan siswa melalui penugasan.


14. Penilaian kognitif seperti apa?

Jawaban:
Penilaian ranah kognitif merupakan proses pengumpulan informasi tentang kemampuan berpikir peserta didik, yang terintegrasi dengan penguasaan pengetahuannya.


15. Apa saja penilaian formatif?

Jawaban:
Penilaian formatif adalah penilaian yang dilakukan dengan tujuan untuk memantau dan memperbaiki proses pembelajaran, serta mengevaluasi pencapaian tujuan pembelajaran.