Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

84 Soal (Essay) Perkembangan Islam di Indonesia Beserta Jawaban

Kumpulan Soal (Uraian) Materi Perkembangan Islam di Indonesia

1. Bagaimana perkembangan agama Islam di Indonesia?

Jawaban:
Secara umum, perkembangan Islam di Indonesia, baik dalam agama maupun tradisi, terjadi setelah bangsa Indonesia bergaul dengan berbagai bangsa yang ditandai dengan terjalinnya hubungan dagang antara kawasan Nusantara dan tetangganya, baik di Asia Tenggara, Asia Selatan, maupun negeri Arab.


2. Apa sajakah bukti bukti perkembangan Islam di Nusantara?

Jawaban:
bukti perkembangan Islam di Indonesia dapat dilihat dari berita Cina zaman Dinasti Tang, catatan perjalanan Marco Polo, nisan makam Raja Samudera Pasai, kompleks pemakaman Muslim di Troloyo, makam Walisongo, hingga masjid atau bangunan peninggalan kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia.


3. Faktor faktor apa saja yang menjadi strategi penyebaran Islam di Indonesia?

Jawaban:
5 Strategi Dakwah Islam pada Awal Masuknya di Indonesia
1. Strategi Perdagangan. 
2. Strategi Perkawinan. 
3. Strategi Tingkatan Sosial.
4. Strategi Pendidikan.
5. Strategi Kesenian dan Kebudayaan.


4. Kapan Islam berkembang pesat di Indonesia dan jelaskan faktor perkembangannya?

Jawaban:
Agama Islam diperkirakan masuk ke Indonesia sekitar abad VII. Pedagang Islam memiliki peran besar dalam penyebaran agama Islam di Indonesia. Sampai kemudian lahirlah tokoh-tokoh Islam dari Indonesia yang turut berjasa mengembangkan agama tersebut hingga kini.


5. Siapa saja tokoh penyebar agama Islam di Indonesia?

Jawaban:
Tokoh-Tokoh Penyebar Agama Islam di Indonesia
1. Sunan Gresik (Maulana Malik Ibrahim) 
2. Sunan Ampel (Raden Rahmat) 
3. Sunan Bonang (Maulana Makdum Ibrahim) 
4. Sunan Giri (Raden Paku)
5. Sultan Malik Al-Saleh.
6. Sultan Ahmad.
7. Sultan Alauddin Riyat Syah.
8. Sultan Iskandar Muda.


6. Apa saja pengaruh Islam yang masih terasa hingga sekarang?

Jawaban:
Dengan demikian, pengaruh Islam yang masih dirasakan hingga saat ini pada bidang politik yaitu dengan adanya Kiai. Pada bidang ekonomi, masih ada beberapa pelabuhan peninggalan Islam yang masih digunakan. Pada bidang sosial, terhapusnya sistem kasta dalam masyarakat.


7. Bagaimana perjuangan umat Islam dalam menegakkan negara di Indonesia?

Jawaban:
peran umat Islam dalam memperjuangkan kemerdekaan sangat besar seperti: secara fisik umat Islam dengan Laskar Hisbullah-Sabilillah, kemudian diteruskan Asykar Perang Sabil (APS) dan laskar Islam lainnya di daerah, gigih berjuang membantu TKR (TNI) untuk mempertahankan NKRI dengan perang gerilanya melawan sekutu-NICA


8. Apa keunggulan yang dimiliki oleh umat Islam di Indonesia?

Jawaban:
Dua hal yang menjadi kebanggaan bangsa Indonesia khususnya umat Islam, yaitu jumlah yang besar dan rasa toleransi yang tinggi.


9. Bagaimana corak dan Perkembangan Islam di Indonesia?

Jawaban:
Islamisasi yang berada di Indonesia terdiri beberapa corak pada masanya seperti sintesis mistik atau corak awal Islam di Nusantantara, Corak kedua yaitu Neo-Sufisme, corak ketiga yaitu putihan dan abangan dan yang keempat yaitu relasi Islam dengan budaya lokal nusantara


10. Apakah penyebaran Islam di Indonesia merata?

Jawaban:
Penyebaran Islam di Nusantara berlangsung tidak merata. Ajaran agama dari Jazirah Arab ini tidaklah masuk secara bersamaan ke seluruh penjuru Nusantara. Masuknya Islam ke Sulawesi Selatan, termasuk Kerajaan Gowa contohnya, bisa dikatakan terlambat dibandingkan dengan wilayah Sumatera dan Jawa.


11. Bagaimana pengaruh perkembangan agama Islam dalam bidang sosial di Indonesia?

Jawaban:
Salah satu contoh perubahan yang terjadi dalam bidang sosial sejak masuknya Islam setelah masa Hindu-Buddha adalah pudarnya penggolongan masyarakat berdasarkan kasta. Di bidang sosial, masuknya Islam ke Indonesia membuat sistem kasta yang ada di masyarakat tidak diterapkan lagi.


12. Apa yang melatar belakangi masuknya Islam ke Indonesia?

Jawaban:
Letak Indonesia yang sangat strategis di jalur perdagangan membuat Indonesia banyak di singgahi para pedagang dunia termasuk para pedagang muslim. Banyak dari mereka yang tinggal menetap dan membangun perkampungan muslim.


13. Bagaimana perkembangan Islam pasca kemerdekaan di Indonesia?

Jawaban:
Peradaban Islam di Indonesia pasca kemerdekaan telah mengalami keguncangan di mana perseteruan antara kelompok nasionalis dan kelompok Islam dan kelompok lainnya masing-masing berpegang teguh pada misi mereka untuk menjadikan negara Indonesia menjadi Negara Islam Negara Pancasila


14. Teori manakah yang paling kuat dalam menyebarkan agama Islam di Indonesia?

Jawaban:
Teori yang paling kuat adalah teori Mekkah, yaitu bahwa Islam datang ke Indonesia dari wilayah Arab Teori ini disampaikan oleh salah satu ulama besar Indonesia yaitu dia Buya Hamka. Teori ini juga dikuatkan oleh ahli lain yaitu Anthony H.Johns.