Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

11 Soal (Essay) Riba Beserta Jawaban

Kumpulan Soal (Uraian) Materi Riba

1. Apa yang dimaksud dengan riba?

Jawaban:
Ribā adalah bunga uang atau nilai lebih atas penukaran barang. Hal ini sering terjadi dalam pertukaran bahan makanan, perak, emas, dan pinjam-meminjam. Ribā, apa pun bentuknya, dalam syariat Islam hukumnya haram


2. Apa saja contoh riba?

Jawaban:
Jenis-Jenis Riba dan Contohnya
1. Riba Jahiliah. 
2. Riba Qardh.
3. Riba Fadhl.
4. Riba Nasi'ah.
5. Riba Yad.


3. Apa hukum riba dalam Islam?

Jawaban:
Allah SWT mengharamkan secara tegar praktik riba. Allah SWT berfirman: وَاَحَلَّ اللّٰهُ الۡبَيۡعَ وَحَرَّمَ الرِّبٰوا "Allah telah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba." (Al Baqarah: 275).


4. Ambil uang di bank apakah riba?

Jawaban:
Meminjam uang ke bank konvensional yang terdapat bunga di dalamnya, merupakan hal yang dilarang, karena bunga bank termasuk riba yang diharamkan (QS. al Baqarah: 275)


5. Beli mobil secara kredit apakah riba?

Jawaban:
Uang dengan barang, tidak riba," jelas Ustadz Abdul Somad. Dengan begitu transaksi jual beli kendaraan secara kredit tidak termasuk riba apabila tidak ada bunga di dalamnya.


6. Kenapa bunga bank itu riba?

Jawaban:
Karena di dalamnya terdapat unsur penambahan. Setiap kegiatan transaksi perbankan yang di dalamnya terdapat unsur tersebut, maka dapat dikatakan sebagai riba, baik penambahan itu sedikit maupun banyak.


7. Apakah dosa riba kekal di neraka?

Jawaban:
Dalam hal ini, Allah telah berfirman barang siapa yang kembali lagi kepada riba setelah dia menerima larangan Allah mengenai riba, maka mestilah dia masih dapat siksa dan ditegaskan hujjah kepadanya. Allah berfirman, “Maka mereka itulah penghuni neraka, sedangkan mereka kekal di dalamnya.”


8. Apa saja bahaya dari riba?

Jawaban:
1. Riba tidak akan menambah harta (Surat al-Rum ayat 39). 
2. Riba menjerumuskan orang kedalam azab yang pedih sebagaimana yang ditimpakan kepada orang-orang yahudi (Surat an-Nisa ayat 160-161). 
3. Riba berdampak pada kegagalan atau kejatuhan atau keruntuhan atau kesedihan dan atau kesusahan (Surat Ali 'Imran ayat 130).


9. Apakah Pinjol termasuk riba?

Jawaban:
Salah satunya fatwa mengenai pinjaman online. Ijtima Ulama menetapkan aktivitas pinjaman online haram dikarenakan terdapat unsur riba, memberikan ancaman, dan membuka rahasia atau aib seseorang kepada rekan orang yang berutang.


10. Siapa saja yang menanggung dosa riba?

Jawaban:
“Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam melaknat pemakan riba (rentenir), penyetor riba (nasabah yang meminjam), penulis transaksi riba (sekretaris) dan dua saksi yang menyaksikan transaksi riba.” Kata beliau, “Semuanya sama dalam dosa.” (HR. Muslim, no. 1598).


11. Apa solusi dari riba?

Jawaban:
Adapun cara menghindari riba adalah sebagai berikut: Memperkaya ilmu tentang bahaya dan akibat dari riba. Melakukan transaksi dengan cara-cara yang halal. Menyimpan uang di bank syariah dalam bentuk tabungan dengan akad wadiah (tanpa bonus).