Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

40 Soal (Essay) Sifilis Beserta Jawaban

Kumpulan Soal (Uraian) Materi Sifilis

1. Apa Itu penyakit sipilis dan penyebabnya?

Jawaban:
Penyebab sifilis adalah bakteri yang bernama Treponema pallidum. Cara paling umum penyebaran sifilis adalah melalui kontak dengan luka orang yang terinfeksi selama aktivitas s3ksual. Bakteri masuk ke dalam tubuh melalui luka kecil atau lecet pada kulit atau selaput lendir.


2. Apa ciri ciri wanita kena sipilis?

Jawaban:
Luka keras dan tidak nyeri di dekat v4gina, anus, rektum, atau mulut. Ruam atau bercak kasar, coklat kemerahan, dan tidak gatal di telapak tangan atau kaki. Demam dan pembengkakan kelenjar getah bening. Sakit tenggorokan.


3. Penyakit sipilis itu seperti apa?

Jawaban:
Raja singa atau sifilis adalah salah satu penyakit menular s3ksual atau IMS yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Umumnya, sifilis adalah penyakit yang diawali dengan luka di sekitar alat kel4min, dubur, ataupun mulut.


4. Apakah penyakit sipilis itu berbahaya?

Jawaban:
Penyakit sifilis bisa berbahaya jika tidak segera diobati sejak awal. Sebab, dapat merusak organ tubuh hingga menyebabkan kematian. Gejala penyakit sifilis bisa saja tidak muncul dan tidak dirasakan oleh penderitanya. Kebanyakan orang akan menyadari bahwa mereka menderita penyakit sifilis ketika infeksi telah terjadi


5. Apa tanda sipilis pada pria?

Jawaban:
Gejala sipilis pada pria yang paling pertama bisa dideteksi adalah luka kecil yang tidak menimbulkan rasa sakit. Ia bisa muncul di organ s3ksual, rektum, atau bahkan di dalam mulut. Sakit ini juga kerap disebut chancre dan banyak orang sering tidak langsung menyadarinya.


6. Berapa lama sifilis hilang?

Jawaban:
Luka dapat sembuh dengan sendirinya dalam waktu 1-2 bulan


7. Ciri ciri sipilis apakah gatal?

Jawaban:
Gatal sendiri sebenarnya bukan merupakan gejala yang khas ditemukan pada penyakit sifilis. Pada sifilis primer, gejala yang utama ditemukan adalah luka pada kem4luan yang tidak terasa nyeri.


8. Apakah cium4n bisa menularkan penyakit sifilis?

Jawaban:
Penyakit yang bisa ditularkan lewat cium4n selanjutnya adalah sifilis. Sifilis bisa menular melalui kontak dengan luka. Luka ini biasanya terbentuk di sekitar p3nis, v4gina, anus, rektum, dan mulut.


9. Apakah sipilis bisa menular ke istri?

Jawaban:
Sama seperti penyakit kel4min menular lainnya, sipilis dapat menyebar melalui berbagai jenis kontak s3ksual, seperti saat bercium4n.


10. Apakah sipilis sama dengan kutil kel4min?

Jawaban:
Sifilis memiliki gejala yang sangat berbeda dengan kutil kel4min. Sifilis merupakan penyakit menular s3ksual yang disebabkan oleh bakteri Treponema pallidum


11. Kapan sifilis terdeteksi?

Jawaban:
Ini adalah tahapan awal dan menyebabkan muncul gejala sifilis berupa lesi atau luka pada organ reproduksi, yaitu di sekitar mulut atau di dalam alat kel4min. Gejala awal umumnya muncul antara 10 hingga 90 hari setelah terpapar bakteri penyebab sifilis.


12. Dimana tes sifilis?

Jawaban:
Cek Skrining Sipilis/TPHA bisa dilakukan di rumah sakit maupun di laboratorium. Pemeriksaan sipilis ini dilakukan oleh dokter atau tenaga medis yang sudah berpengalaman.


13. Apa akibat jika sifilis tidak diobati?

Jawaban:
Tanpa penanganan yang cepat dan tepat, sifilis dapat merusak otak, jantung, dan organ lain. Pada ibu hamil, infeksi juga berbahaya karena dapat menyebabkan kondisi janin tidak normal, bahkan kematian pada bayi. Oleh karena itu, kondisi ini perlu didiagnosis dan diobati sedini mungkin.


14. Siapa yang rentan terkena sifilis?

Jawaban:
Penyakit ini sering menyerang orang dewasa, terutama yang sering ganti pasangan saat berhubungan int1m atau tidak menggunakan pelindung. Meski begitu, faktanya, penyakit menular s3ksual ini rentan menyerang anak, terutama bayi.