Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Soal (Essay) Surah Al Lahab dan Surah Al Kafirun Beserta Jawaban

Kumpulan Soal (Uraian) Materi Surah Al Lahab dan Surah Al Kafirun


1. surah Al Lahab bercerita tentang apa?

Jawaban:
Surat al-Lahab mengandung tema utama: kebinasaan bagi Abu Lahab dan tema pokok: balasan bagi Abu Lahab berupa kebinasaan, tidak bermanfaat baginya sesuatu yang dibanggakannya, dimasukkan kedalam neraka beserta istri dan kondisi istri Abu Lahab di Neraka.


2. Apa isi kandungan surah al kafirun?

Jawaban:
Isi kandungan dalam surat al-Kafirun merupakan sebuah pondasi toleransi dalam agama Islam. Seperti yang terdapat pada ayat terakhir, surat Al-Kafirun ini menjelaskan bahwa Islam menjunjung tinggi toleransi dan kebebasan dalam memeluk agama.


3. Apa manfaat membaca surat Al Lahab?

Jawaban:
Semakin takut untuk berbuat maksiat dan mendurhakai Allah SWT. Sebagai tanda kekuasaan Allah SWT yang pasti.\


4. Kapan surat Al Kafirun dibaca?

Jawaban:
“Tak terhitung aku mendengar Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam membaca surah Al Kafirun dan Al Ikhlas ketika shalat 2 rakaat setelah maghrib dan 2 rakaat sebelum subuh.” (HR. Turmudzi 431 dan dishahihkan al-Albani).


5. Kenapa Allah melaknat Abu Lahab?

Jawaban:
Saking menentang kebenaran yang dibawa oleh keponakannya tersebut, Abu Lahab menjadi musuh dan kerap menyakitkan nabi. Oleh sebab itu Allah melaknat dengan celaan yang sangat keras dan hina hingga hari kiamat tiba. Hal tersebut terdapat dalam surat Al Lahab di dalam Alqur'an.


6. Bagaimana lafadz QS Al Kafirun ayat 1?

Jawaban:
قُلْ يَا أَيُّهَا الْكَافِرُونَ " Katakanlah: "Hai orang-orang yang kafir,


7. Apakah tidak boleh membaca surat Al Lahab saat sholat?

Jawaban:
Buya Yahya menjelaskan, bahwa surat Al Lahab tidak boleh dibaca saat sholat wajib, adalah salah besar. Surat Al Lahab adalah ayat yang diturunkan untuk memperingatkan Abu Lahab beserta dengan istrinya. Makan setiap ayat dan surat Al-Quran yang turun dari firman Allah, maka boleh dibacakan untuk sholat wajib.


8. Apa isi kandungan surat Al Kafirun ayat ke 6?

Jawaban:
Tidak ada tukar-menukar dengan pengikut agama lain dalam hal peribadahan kepada tuhan. Wahai orang kafir, untukmu agamamu, yakni kemusyrikan yang kamu yakini, dan untukku agamaku yang telah Allah pilihkan untukku sehingga aku tidak akan berpaling ke agama lain.


9. Hikmah apa yang bisa diambil dari surat Al Lahab?

Jawaban:
Dengan membaca Surat Al Lahab tentang kejamnya siksaan neraka, sudah seharunya membuat semua umat muslim untuk lebih takut pada Allah SWT dan juga takut dalam mendurhakai Allah SWT khususnya dalam hal yang berhubungan dengan kemaksiatan dan melakukan zina dalam Islam.


10. Mengapa membaca surah Al Kafirun?

Jawaban:
Membangun pondasi iman yang lebih kuat menjadi keutamaan surah Al Kafirun yang pertama. Hal ini karena setiap ayat mengandung kepatuhan umat Muslim dalam menyembah akan keesaan Allah SWT. Dengan membaca dan mengamalkannya setiap hari, ini dapat memperkuat pondasi keimanan seorang muslim.