Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

57 Soal (Essay) Umrah Beserta Jawaban

Kumpulan Soal (Uraian) Materi Haji dan Umrah

1. Apa saja syarat wajib umrah?\

Jawaban:
4 Syarat Sah Haji dan Umrah
1. Islam
2. Taklif (Baligh dan Berakal)
3. Merdeka
4. Kesanggupan


2. Apa manfaat umroh?

Jawaban:
Beberapa keutamaan umroh bagi yang mampu menjalankannya antara lain menghapus dosa, memperoleh ketenangan hati, meningkatkan keimanan dan ketakwaan, doanya dikabulkan, dan deretan kebaikan lainnya.


3. Umroh umur berapa?

Jawaban:
Kementerian Haji dan Umrah Saudi memberikan syarat anak-anak dalam menunaikan umroh adalah dengan usia minimal 5 tahun.


4. Berapa lama waktu untuk umroh?

Jawaban:
Lamanya ibadah umroh sebenarnya bisa dilakukan bervariasi antara 9 hari dan juga 12 hari. Hal ini tergantung dengan travel perjalanan umroh yang Anda pilih dan juga menyesuaikan biaya yang dimiliki.


5. Apa saja pahala umroh?

Jawaban:
Di antara keutamaan yang Rasulullah SAW janjikan untuk mereka yang mengerjakan ibadah umroh adalah jika berdoa maka doanya mustajab atau dikabulkan, dan jika meminta ampunan akan diberikan ampunan oleh Allah SWT. Dasarnya adalah karena orang yang mengerjakan ibadah umroh tidak lain mereka menjadi tamu Allah SWT.


6. Apa Saja rukun umrah?

Jawaban:
Rukun dalam umrah, tidak ada rukun wukuf di Arafah. Empat rukun lain sama, yakni niat ihram, tawaf, sai, dan memotong rambut.


7. Bagaimanakah Tata Cara rukun umroh?

Jawaban:
11 Tata Cara Umrah Sesuai Sunnah
1. Persiapan Sebelum Ihram
2. Berihram
3. Kalimat Persyaratan
4. Kalimat Talbiah
5. Masuk Masjidil Haram
6. Menuju Hajar Aswad
7. Tawaf 7 Kali Putaran
8. Kembali ke Hajar Aswad
9. Menuju Bukit Safa
10. Menuju ke Marwah
11. Tahallul


8. Umroh itu apa sih?

Jawaban:
Umroh adalah ziarah ke Baitullah dengan thawaf atau mengelilingi ka'bah 7 kali, sa'i atau berlari-lari kecil di antara bukit Shafa dan Marwah, dan diakhiri dengan mencukur gundul ataupun memendekkan rambut di kepala. Umroh juga sering disebut sebagai haji kecil.


9. Apakah umrah harus botak?

Jawaban:
Tahallul umroh adalah proses rangkaian yang dilakukan ketika seseorang melaksanakan ibadah umroh. Apabila seorang jemahaan telah menyelesaikan seluruh proses rangkaian ibadah umroh, maka mereka wajib memotong atau mencukur rambutnya beberapa helai.


10. Apakah niat dari rukun umrah?

Jawaban:
Berikut adalah niat umroh: “Nawaitul 'umrata wa ahramtu bihi lillahi ta'ala labbaika Allahumma 'umratan.” Artinya: “Aku niat melaksanakan umrah dan berihram karena Allah SWT. Aku sambut panggilanMu, ya Allah untuk berumroh.”


11. Kapan niat umroh diucapkan?

Jawaban:
Bacaan niat umroh dilakukan pada saat jemaah sudah berada di kendaraan untuk menuju ke Makkah.


12. Apa yg tidak boleh dilakukan saat umroh?

Jawaban:
Larangan Umrah
1. Memakai pakaian yang berjahit bagi laki-laki.
2. Memotong atau mencabut rambut atau bulu-bulu.
3. Memotong kuku.
4. Memakai wangi-wangian.
5. Membunuh binatang buruan atau menyakitinya, kecuali binatang yang membahayakan.


13. Kapan waktunya mandi ihram?

Jawaban:
Mandi ihram ini dilakukan sebelum jamaah melangsungkan ihram yang diawali dengan niat ihram. Kesunnahan mandi ini berlaku untuk ihram haji dan ihram umrah. Jadi sebelum memasang niat ihram haji atau niat ihram umrah, jamaah dianjurkan untuk mandi ihram.


14. Kapan membaca talbiyah?

Jawaban:
Talbiyah merupakan bacaan khas dilafalkan saat seseorang telah berniat untuk beribadah haji atau umrah. Bukan sekedar bacaan, melainkan talbiyah merupakan pernyataan sakral dan penting bahwa seseorang telah bertauhid kepada Allah.


15. Sebelum umroh sholat apa?

Jawaban:
Dalam Islam, jika seseorang hendak berangkat bepergian, baik bepergian untuk melaksanakan ibadah haji, umrah atau lainnya, maka dia dianjurkan untuk melaksanakan shalat sunnah dua rakaat terlebih dahulu. Shalat sunnah dua rakaat ini oleh para ulama disebut sebagai shalat sunnah safar.


16. Umroh badal untuk siapa?

Jawaban:
Dalam Islam, orang-orang yang sakit dan meninggal pun tetap bisa melaksanakan ibadah umrah dengan badal umrah. Badal umrah adalah melaksanakan umrah menggantikan atau mewakilkan pelaksanaan umrah untuk orang lain.


17. Tahallul ada berapa?

Jawaban:
Dalam mazhab Syafi'i, dikenal ada dua jenis tahallul, yaitu tahallul ashghar (kecil) dan tahallul akbar (besar). Tahallul ashghar yaitu bila seseorang telah melakukan dua dari tiga hal yaitu, mencukur rambut, melempar jumrah aqabah dan tawaf ifadhah.


18. Ihram dilakukan dimana?

Jawaban:
Miqat adalah batas atau tempat dimulainya para jamaah umrah atau haji untuk berihram sekaligus memulai niat. Khusus bagi jemaah yang datang dari Madinah, mereka mengambil miqat di Bir Ali. “Tempat ini terletak 11 kilometer dari Masjid Nabawi.


19. Apakah boleh tahallul sendiri?

Jawaban:
Dibolehkan bagi jamaah haji atau umrah mencukur rambutnya sendiri untuk bertahallul dari haji atau umrahnya, baik dia seorang laki-laki maupun perempuan, sebagaimana juga dibolehkan meminta orang lain mencukur pada saat dia ingin melakukan tahallul.