Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

11 Soal (Essay) Zikir Beserta Jawaban

Kumpulan Soal (Uraian) Materi Zikir

1. Kalimat dzikir apa saja?

Jawaban:
Kalimat seperti Subhanallah, Alhamdulillah, Laa ilaaha illallah dan Allahu Akbar merupakan bacaan zikir yang paling dicintai Allah SWT.


2. Bacaan dzikir 33X apa saja?

Jawaban:
Subhanallah wal hamdulillah wallahu akbar (33 x)


3. Apa bacaan dzikir pendek?

Jawaban:
Ada beragam dzikir pendek untuk diamalkan muslim sehari-hari, yakni subhanallah, masyaallah, alhamdulillah, laa ilaaha illallah, allahu akbar. Laa haula walaa quwwata illaa billaahil'aliyyil'azhim.


4. Zikir apa yg disukai Allah?

Jawaban:
Beliau SAW lalu bersabda, 'Sesungguhnya ucapan yang paling disukai Allah adalah subhanallah wa bihamdih'.” (HR Muslim).


5. Apakah boleh berdzikir sambil tiduran?

Jawaban:
Artinya: "Apabila kamu telah menyelesaikan salat, berzikirlah kepada Allah (mengingat dan menyebutNya), baik ketika kamu berdiri, duduk, maupun berbaring.


6. Dzikir dulu Apa doa dulu?

Jawaban:
Jika ada pertanyaan, Dzikir dulu apa doa dulu, jawabannya adalah sebelum berdoa akan lebih baik jika diawali dengan bacaan dzikir terlebih dahulu. Mengapa demikian? Selain membuat hati menjadi tenang dan damai, Dzikir juga menjadi sarana bagi umat Islam untuk mengingat dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.


7. Apakah boleh berdzikir tidak dihitung?

Jawaban:
Pada hakikatnya ada anjuran jumlah yang harus dihitung ketika membaca dzikir, dan bahkan ada keutamaan yang bisa diambil dari jumlah yang telah ditentukan. Akan tetapi, juga diperbolehkan saat membaca dzikir tidak mengikuti ketentuan tersebut.


8. Bolehkah Berdzikir menggunakan HP?

Jawaban:
Berdzikir sembari bermain ponsel diperbolehkan.


9. Bolehkah istighfar tanpa wudhu?

Jawaban:
Dalam Surat Ali Imran ayat 190, terdapat anjuran bagi setiap umat muslim untuk berdzikir dalam situasi apapun, baik saat duduk, berdiri, maupun berbaring. Dengan dasar tersebut, para Ulama kemudian menjelaskan bahwa diperbolehkan membaca dzikir dalam keadaan hadast sekalipun


10. Apa hukumnya zikir?

Jawaban:
Berkumpul di suatu tempat untuk berdzikir bersama hukumnya adalah sunnah dan merupakan cara mendekatkan diri kepada Allah SWT.


11. Apa manfaat ber zikir?

Jawaban:
Manfaat dzikir sangat besar untuk setiap umat Muslim yang rutin mengerjakannya. Nggak hanya mendapatkan pahala, ibadah zikir juga bisa mendatangkan keberkahan hidup di dunia dan akhirat yang melimpah