Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

60 Soal Psikiatri Beserta Jawaban

Kumpulan Soal Pilihan Ganda Materi Psikiatri

1. Seorang laki-laki, 23 tahun, didiagnosis skizofrenia paranoid, telah menjalani terapi dosis rendah haloperidol dalam 3 tahun terakhir. Dalam beberapa bulan ini, gejala paranoia dan halusinasi auditoriknya menjadi lebih menonjol, dan psikiaternya memutuskan untuk meningkatkan dosis haloperidolnya. Ibu pasien kemudian memberitahu psikiater bahwa gerakan anaknya lebih lambat dari biasanya dan terdapat resting tremor halus pada ekstremitas atas. Pasien juga terlihat air liurnya berlebihan dan badannya kaku.
Pengobatan apa yang dapat diberikan untuk mengatasi efek samping yang terjadi pada pasien ini?
A. Risperidone
B. Chlorpromazine
C. Trihexyphenydil
D. Sertraline
E. Lithium

Jawaban:
C. Trihexyphenydil


2. Seorang pasien perempuan berusia 40 tahun dibawa suaminya untuk berkonsultasi. Pasien sering sekali di rumah merasa gelisah dan ketakutan. Sejak 5 bulan yang lalu, pasien sering mendengar suara-suara bisik yang berasal dari tetangga rumah sebelah, meski rumah sebelah itu tidak ada penghuninya. Sudah dilakukan pengecekan bersama istrinya ke rumah sebelah itu kalau di sana tidak ada orang, tapi istrinya masih merasa ada yang menghantuinya dan seperti mengguna-guna pasien. Sampai karena stress istrinya kemarin sempat marah-marah dan membanting vas yang ada di meja ruang tamu. Neurotransmitter apakah yang mengalami gangguan pada kasus di atas ?
A. GABA yang tinggi
B. Dopamin yang tinggi
C. Acetylcholine yang tinggi
D. Serotonin yang tinggi
E. Noradrenalin yang tinggi

Jawaban:
B. Dopamin yang tinggi


3. Seorang anak laki-laki berusia 4 tahun dibawa ibunya ke poli psikiatri dengan keluhan utama perilaku yang tidak seperti anak biasanya. Pasien jarang bermain dengan anak seusianya, pasien lebih memilih bermain dengan mainan kubusnya dan jarang berinteraksi dengan orang lain. Kalau sudah bermain, pasien tidak lagi memperhatikan orang sekitar. Namun menurut ibunya, pasien berbicara dengan baik dan mampu menggunakan bahasa dengan tepat. Tidak ditemukan kelainan motorik pada pasien.
Diagnosis yang tepat pada pasien adalah
A. Autisme masa kanak
B. Rett syndrome
C. Asperger syndrome
D. Attention-deficit hyperactivity disorder
E. Autisme tidak khas

Jawaban:
C. Asperger syndrome


4. Perempuan usia 20 tahun dikeluhkan selama 1 bulan terakhir sering merasa mudah lelah, sedih dan murung. Ia tidak bersemangat untuk kuliah dan lebih memilih untuk diam di rumah saja. Pasien juga kesulitan untuk tidur pada malam hari. Dua bulan yang lalu pasien juga mengalami keluhan yang sama. Ia sering merasa sedih dan murung seperti halnya sekarang. Pasien menyangkal pernah mendengar suara-suara atau melihat sesuatu yang tidak dilihat orang lain. Apa diagnosis pada pasien tersebut?
A. Gangguan Depresi Berulang
B. Gangguan Cemas Menyeluruh
C. Gangguan Bipolar Episode Kini Depresi tanpa Gejala Psikotik
D. Siklotimia
E. Distimia

Jawaban:
A. Gangguan Depresi Berulang


5. Seorang laki-laki berusia 25 tahun datang bersama keluarga ke Instalasi Gawat Darurat dalam keadaan diikat kedua tangannya. Pasien dikeluhkan oleh keluarganya sudah mulai berperilaku aneh dan tampak bingung sejak 6 bulan sebelum masuk rumah sakit dan memberat dalam 1 bulan ini. Dari pemeriksaan didapatkan bahwa sehari sebelum ke rumah sakit pasien marah-marah dan memecahkan kaca jendela tetangganya. Pasien juga berkata-kata kotor dan mencoba untuk menyerang tetangganya. Pasien melakukan hal itu karena mendengar bisikan-bisikan yang menyatakan bahwa tetangganya berniat jahat terhadap dirinya. Pasien merasa yakin bahwa tetangganya ingin menyakiti dirinya. Pasien merasa tetantgganya memanggil polisi untuk memata-matainya. Pasien merasa bahwa pikirannya telah dimasuki oleh kekuatan di luar dirinya sehingga apa yang dia pikirkan bukan lagi murni dari pikirannya. Pasien tidak merasa dirinya sakit dan terganggu. Karena gangguannya ini sudah sejak 6 bulan pasien tidak pernah bekerja dan selalu mengurung diri di dalam rumahnya.
Apakah istilah psikopatologi berikut yang terdapat pada pasien?
A. Thought echo
B. Delusion of control
C. Thought of insertion
D. Delusional perception
E. Thought of broadcasting

Jawaban:
C. Thought of insertion


6. An. M, 12 tahun, datang dibawa ibunya ke poli psikiatri dengan keluhan tidak bisa tenang. Selama belajar di sekolah, gurunya selalu menegur si anak karena selalu berkeliling kelas, mengganggu teman-temannya dan tidak memperhatikan guru. Pemeriksaan psikiatri ditemukan kurangnya fokus perhatian anak terhadap satu objek dan adanya hiperaktivitas motorik yang kadang tidak dapat dibendung. Oleh psikiater si anak diberikan obat metilfenidat.
Apakah patofisiologi yang mendasari penyakit tersebut?
A. Tingginya kadar GABA pada korteks prefrontal
B. Tingginya kadar dopamin pada sistem limbik
C. Rendahnya kadar dopamin pada sistem limbik
D. Tingginya kadar serotonin pada korteks prefrontal
E. Rendahnya kadar serotonin pada reticular activating system

Jawaban:
C. Rendahnya kadar dopamin pada sistem limbik


7. Tn. Mahmud 75 tahun datang ke rumah sakit diantar oleh anaknya. Anaknya mengatakan kalau ia sering lupa menaruh barang dan tidak ingat jadwal kegiatannya. Anaknya juga mengatakan bahwa kebiasaan lupa Ayahnya sudah beberapa tahun terakhir ini semakin memburuk. Ayahnya lebih mengingat kejadian-kejadian saat masih muda. Riwayat hipertensi (+). Pasien dulu adalah direktur perusahaan salah satu pabrik besar dan sudah pensiun sejak usia 63 tahun. Apakah diagnosis pada pasien ini?
A. Demensia Alzheimer
B. Demensia vaskular
C. Amnesia anterograd
D. Amnesia retrograd
E. Penyakit Parkinson

Jawaban:
Demensia vaskular


8. Seorang perempuan berusia 30 tahun dibawa ke RSJ karena bingung,mondar mandir,dan kadang kadang berbicara sendiri. Pasien juga merasa mendengar bisikan bisikan yang menyuruhnya berjalan. Bisikan tersebut berasal dari laki laki dan perempuan yang jumlahnya lebih dari satu orang. Pasien juga merasa takut karena melihat sosok yang tidak dapat dilihat oleh orang lain,sosok itu berwujud perempuan yang kadang kadang muncul dan mengikutinya. Gejala ini muncul sejak pasien berhutang kepada rentenir dan tidak dapat melunasinya. Pasien masih mau makan dan mandi sendiri. Sebelum sakit,pasien merupakan seorang penyendiri,dan tidak mempunyai banyak teman. Gejala yang tampak pada pasien adalah...
A. gangguan persepsi
B. gangguan bentuk pikir
C. gangguan isi pikir
D. gangguan arus pikir
E. gangguan daya ingat

Jawaban:
A. gangguan persepsi


9. Seorang laki-laki usia 34 tahun dibawa keluarganya ke RS karena sering tertawa sendiri.Keluhan juga disertai dengan perasaan yang selalu merasa dikejar-kejar dan bahagia berlebihan. Menurut keluarganya,akhir-akhir ini pasien tampak meningkat nafsu makannya. Kecanduan zat apakah pasien tersebut?
A. Phenilpropanolamin
B. Mariyuana
C. Sabu
D. Alkohol
E. Opioid

Jawaban:
B. Mariyuana


10. Kegawatdaruratan psikiatri membutuhkan intervensi yang berifat?
A. Biasa
B. Segera
C. Bisa di tunda
D. Darurat

Jawaban:
B. Segera